Comscore Tracker

5 Jenis Sepatu Ini Berdampak Negatif Bila Sering Digunakan

Karena bisa berdampak pada kesehatan

Banyak orang yang bilang bahwa sepatu yang indah akan mengantarkanmu ke tempat yanf bagus. Oleh sebab itu setiap orang selalu memperhatikan sepatu yang dipakainya terutam wanita. Tentunya seorang wanita pasti memiliki berbagai macam sepatu, tetapi sayangnya banyak yang tak menyadari bila penggunaan 5 jenis sepatu ini akan berdampak pada kesehatan. Berikut 5 jenis sepatu yang sebaiknya tak dipakai dalam waktu yang lama dan sering!

1. Heels

5 Jenis Sepatu Ini Berdampak Negatif Bila Sering DigunakanPexels/Alexandra Maria

Tentunya banyak wanita yang suka mengenakan heels karena terlihat menawan dan membuat kaki terlihat jenjang. Tetapi menggunakan heels terlalu sering akan menyebabkan kelainan bentuk tulang, kuku yang tumbuh ke dalam bahkan kerusakan saraf. Hal ini dikarenakan heels yang tinggi akan memaksa tumit meninggi dan memaksa kaki pada situasi yang tidak wajar sehingga bisa mempengaruhi kesehatan. Alangkah lebih baik tak menggunakan heels dalam waktu yang lama dan sediakan sandal atau sepatu ketika kamu sudah tak mampu lagi mengenakan high heels.

2. Flat shoes

5 Jenis Sepatu Ini Berdampak Negatif Bila Sering DigunakanPexels/Daniel Reche

Banyak wanita yang menyangka bahwa flat shoes adalah sepatu terbaik padahal kenyataannya sepatu ini pun membawa dampak bagi kesehatan. Bila digunakan secara terus-menerus kaki akan mengalami bengkak atau inflamasi akibat tidak adanya tekanan pada tumit. Tentunya bengkak pada kaki akan menyebabkan tumit terasa nyeri. Oleh sebab itu sesekali ganti sepatumu jangan menggunakan 1 model saja.

3. Wedges

5 Jenis Sepatu Ini Berdampak Negatif Bila Sering DigunakanPexels/Porapak Apichodilok

Saat kamu tak mampu menggunakan high heels maka wedges bisa menjadi salah satu alternatif pilihan. Sayangnya wedges pun memiliki potensi merusak kesehatan kaki yaitu akan membuat cara berjalanmu menjadi tidak normal. Alas kaki yang tidak fleksibel inilah salah satu pemicu cara berjalan menjadi tidak normal. Sebaiknya jangan terlalu lama menggunakan wedges dan biasakan untuk mengganti dengan alas kaki yang lebih nyaman saat kamu mulai merasakan sakit atau pegal saat menggunakan wedges.

Baca Juga: Tampil Minimalis Bisa Tetap Stylish dengan 6 Sepatu Jenis Ini

4. Pointed shoes

5 Jenis Sepatu Ini Berdampak Negatif Bila Sering Digunakantopshop.com/

Banyak yang bilang pointed shoes minim resiko karena cenderung bersifat flat. Namun ruang yang sempit di daerah jari-jari kaki akan membuat kakimu mulai merasa tak nyaman bahkan nyeri saraf dan mungkin juga bisa terjadinya benjolan di kaki. Sebaiknya jangan dibiasakan juga menggunakan sepatu model ini meskipun memang terlihat modis dan bagus.

5. Running shoes

5 Jenis Sepatu Ini Berdampak Negatif Bila Sering DigunakanPexels/jeshoot

Diantara semua jenis sepatu banyak yang setuju bahwa running shoes adalah sepatu yang paling aman. Namun lagi-lagi sepatu ini pun memiliki potensi merusak kesehatan karena kamu akan sering mengalami gesekan dan kemungkinan kaki akan mudah lembab karena sifatnya yang tertutup. Kaki yang lembab akan mengundang bakteri patogen dan tentunya bisa menyebabkan masalah kesehatan.

Nah mulai sekarang lebih baik tidak menggunakan 1 jenis sepatu dalam waktu yang lama dan variasikan saja sesuai kebutuhan demi kesehatanmu!

Baca Juga: 5 Jenis Sepatu untuk Kamu si Kaki Lebar, Biar Selangkah Lebih Pede!

Indah Shaliha Photo Community Writer Indah Shaliha

Student Postgraduate Pharmacochemistry from Institut Teknologi Bandung. Email : shalihaindah@gmail.com. Follow my instagram: instagram.com/indahshaliha. Thanks for reading my articles

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Siantita Novaya

JADWAL SALAT & IMSAK

21
MEI
2019
16 Ramadan 1440 H
Imsak

04.25

Subuh

04.35

Zuhur

11.53

Asar

15.14

Magrib

17.47

Isya

19.00

#MILLENNIALSMEMILIH

Versi: 21 May 2019 10:15:03

Progress: 750.874 dari 813.350 TPS (92.31868%)

Just For You