Comscore Tracker

5 Manfaat Bunga Saffron, Bisa Bantu Lawan Sel Kanker

Sudah tahu belum?

Tak hanya cantik ternyata bunga safron pun memiliki banyak manfaat untuk kesehatan dan kecantikan. Bunga ini makin populer karena mampu melawan kanker berkat antioksidannya yang tinggi. Bunga ini berasal dari bahasa arab yaitu bunga zaffaran dan awalnya biasa ditambahkan pada makanan untuk pewarna. Namun kini bunga ini juga sering dipakai untuk pengobatan dan 5 manfaat ini yang bisa kamu rasakan!

1. Hambat sel kanker

5 Manfaat Bunga Saffron, Bisa Bantu Lawan Sel Kankerbbc.com

Ya seperti yang sudah disinggung sebelumnya, bunga safron mampu lawan sel kanker. Hal ini karena senyawa cocrin yang terdapat dalam bunga safron dapat menghambat sel kanker untuk berkembang dan memperbanyak diri. Bunga ini bisa mengatasi berbagai penyakit kanker yang berbahaya seperti kanker prostat, leukemia, bahkan kanker payudara. Namun meski begitu diperlukan penelitian lebih lanjut mengenai bagaimana bunga safron dapat dijadikan sebagai terapi sel kanker.

2. Tingkatkan daya ingat bagi penderita alzeimer

5 Manfaat Bunga Saffron, Bisa Bantu Lawan Sel Kankeruniversite-paris-saclay.fr

Bunga saffron juga bisa memperbaiki gangguan pada otak. Umumnya gangguan yang bisa diatasi oleh bunga saffron adalah gangguan memori otak seperti yang terjadi pada penderita alzeimer. Dengan konsumsi bunga saffron sebanyak 300 mg per hari, penderita alzeimer mendapatkan kemajuan yang signifikan dan gangguan memori pada otak pada alzeimer bisa dihambat berkat bunga ini. Dengan begitu daya ingat penderita alzeimer bisa kembali berkat bunga ini.

3. Cerahkan kulit

5 Manfaat Bunga Saffron, Bisa Bantu Lawan Sel Kankernaturalife.org/

Tak hanya itu, bunga saffron pun bisa mencerahkan kulit dan membuatnya tampak glowing. Hal ini karena bunga saffron memiliki antioksidan dan nutrisi yang dibutuhkan oleh kulit. Sehingga kulit bebas kusam karena radikal bebas dan terjaga kesehatannya. Nah cukup tambahkan 2 helai bunga saffron dengan 2 sendok susu dan pijat area mukamu selama 20 menit sampai mengering. Namun pastikan lakukan aktivitas ini secara rutin.

Baca Juga: 5 Manfaat Teh Bunga Sepatu, dari Turunkan Kolesterol Hingga Diet

4. Cegah kerontokan rambut

5 Manfaat Bunga Saffron, Bisa Bantu Lawan Sel Kankerreadersdigest.ca

Antioksidan yang terdapat dalam saffron tak hanya berguna bagi kulit tetapi berguna juga bagi rambut. Antioksidan ini bisa memperbaiki folikel rambut dan menjaga pertumbuhan rambut sehingga rambut pun tak akan rontok lagi. Caranya cukup tambahkan bunga saffron beberapa helai pada susu dan kayu manis sampai berbentuk masker. Oleskan masker ini sampai 15 menit pada rambut dan bilaslah dengan air.

5. Atasi jerawat

5 Manfaat Bunga Saffron, Bisa Bantu Lawan Sel Kankerfashiontrendsfit.com/

Terakhir, bunga saffron memiliki manfaat untuk mengatasi jerawat karena mengandung antibakteri dan antijamur. Sehingga bukan hanya jerawat tetapi komedo pun bisa diatasi dengan bunga saffron. Nah caranya cukup campurkan daun basil dan beberapa helai bunga saffron dan oleskan pada wajah yang berjerawat selama 15 menit saja.

Itulah manfaat bunga saffron, banyak kan manfaatnya?

Baca Juga: 7 Manfaat Daun Basil yang Harus Kamu Ketahui

Indah Shaliha Photo Verified Writer Indah Shaliha

Someone who loves writing and pottery

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Novaya

Berita Terkini Lainnya