Comscore Tracker

5 Manfaat Jahe Merah untuk Kesehatan, Khasiatnya Lebih Pol

Lebih berkhasiat!

Sebagaimana yang kita tahu bila jahe memang salah satu bumbu masakan yang sering ditambahkan untuk menghilangkan bau amis dan memberikan efek hangat. Namun jahe merupakan tumbuhan yang memiliki jenis yang berbeda-beda dan salah satu jenis jahe yang populer adalah jahe merah. Dilansir di situs healthline berikut 5 manfaat jahe merah yang bisa kamu rasakan untuk kesehatan!

1. Atasi reumatik

5 Manfaat Jahe Merah untuk Kesehatan, Khasiatnya Lebih Polmedicalnewstoday.com

Dalam jahe merah terdapat suatu senyawa fitokimia yaitu flavonoid. Zat ini bisa mengatasi peradangan termasuk mengatasi reumatik. Flavonoid merupakan senyawa yang memiliki banyak ikatan rangkap terkonjugasi sehingga kaya akan elektron. Berbagai penyakit seperti reumatik bisa disembuhkan yaitu dengan cara berikatan dengan flavonoid sehingga senyawa yang menyebabkan reumatik bisa distabilkan dan berkurang efek berbahayanya.

2. Jaga kondisi jantung

5 Manfaat Jahe Merah untuk Kesehatan, Khasiatnya Lebih Polhealthxchange.sg

Penyebab penyakit jantung sebenarnya berasal dari kadar trogliserida dan kolesterol yang tinggi sehingga kerja jantung menjadi terlalu keras. Ketika jantung memompa darah dengan keras maka penyakit gagal jantung bisa saja terjadi. Berkat konsumsi jahe merah maka kadar trigliserida dan kolesterol berbahaya bisa menurun sehingga penyakit gagal jantung pun bisa diminimalisir.

3. Turunkan kadar kolesterol

5 Manfaat Jahe Merah untuk Kesehatan, Khasiatnya Lebih Polmedicalnewstoday.com

Sudah disinggung sebelumnya jahe merah memang bisa menurunkan kadar LDL atau lemak berbahaya yang sering disebut dengan kolesterol. Dengan rutin mengonsumsi jahe merah maka lemak jenuh yang menempel dalam pembuluh darah pun bisa hilang sehingga berbagai penyakit yang disebabkan oleh kolesterol seperti hipertensi atau stroke bisa diatasi.

Baca Juga: 5 Manfaat Fenugreek Untuk Kesehatan, Si Rempah Penyedap Kari

4. Atasi masalah pencernaan

5 Manfaat Jahe Merah untuk Kesehatan, Khasiatnya Lebih Polmedicalnewstoday.com

Jahe juga bisa membantu atasi berbagai masalah pencernaan seperti asam lambung naik, kembung bahkan pencernaan tidak lancar atau konstipasi. Berkat konsumsi jahe merah maka kadar asam lambung bisa stabil sehingga kamu tidak akan merasa mual dan berbagai infeksi yang terjadi pada lambung bisa disembuhkan oleh jahe merah. Begitu juga bila sistem pencernaanmu kurang lancar maka konsumsi jahe merah merupakan hal yang tepat.

5. Cegah terjadinya radang usus

5 Manfaat Jahe Merah untuk Kesehatan, Khasiatnya Lebih Pollifehacks.io

Saat alami radang usus sebenarnya kamu tak perlu panik, cobalah konsumsi jahe merah karena jahe mengandung senyawa fitokimia aktif bernama gingeron yang berfungsi menghambat enzim penyebab peradangan pada usus. Dengan konsumsi rutin, secara alami usus bisa kembali sehat.

Banyak sekali kan manfaatnya untuk kesehatan?

Baca Juga: 7 Jenis Rempah Berdaun Hijau Kecil Ini Serupa Namun tak Sama Lho

Indah Shaliha Photo Verified Writer Indah Shaliha

Student Postgraduate Pharmacochemistry from Institut Teknologi Bandung.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Siantita Novaya

Just For You