Comscore Tracker

Tak Cuma Enak, Ini 5 Manfaat Ajaib Ketan Hitam untuk Kesehatanmu!

Sudah tahu belum?

Biasanya kita sering menemukan ketan hitam untuk dijadikan sebagai bubur ketan yang memang rasanya enak. Namun tak hanya enak, ternyata ketan hitam pun memiliki manfaat untuk kesehatan. Hal ini disebabkan ketan hitam mengandung banyak nutrisi dan gizi yang amat dibutuhkan oleh tubuh. Nah berikut 5 manfaat yang akan kamu dapat dengan mengkonsumsi ketan hitam, apa saja ya?

1. Mempercepat proses pembentukan sel

Tak Cuma Enak, Ini 5 Manfaat Ajaib Ketan Hitam untuk Kesehatanmu!researchgate.com

Protein amat dibutuhkan oleh tubuh karena memiliki manfaat yang salah satunya yaitu bantu meregenerasi sel dan jaringan yang rusak. Ketan hitam memiliki kandungan protein yang tinggi sehingga ketan hitam bisa membentuk sel serta jaringan tubuh. Tak hanya itu, ketan hitam pun mengandung antosianin yang bisa mengatasi inflamasi yang dialami oleh tubuh.

2. Atasi anemia

Tak Cuma Enak, Ini 5 Manfaat Ajaib Ketan Hitam untuk Kesehatanmu!westchesterhealth.com

Anemia terjadi karena kita kekurangan zat besi dalam tubuh sehingga jumlah sel darah merah pun menurun. Nah selain bayam ternyata ketan hitam pun mengandung zat besi yang tinggi sehingga konsumsi ketan hitam akan mengatasi anemia. Tentunya masalah anemia seperti lesu, lemah dan mudah lelah bisa teratasi dengan mudah bukan?

3. Lancarkan pencernaan

Tak Cuma Enak, Ini 5 Manfaat Ajaib Ketan Hitam untuk Kesehatanmu!fimela.com

Tak banyak yang tahu bila ketan hitam memiliki kandunga serat yang tinggi. Hal ini menjadikan ketan hitam bisa membantu seputar masalah pencernaan. Tak hanya itu ketan hitam pun mengandung probiotik yang bisa menjaga kesehatan usus. Sehingga berbagai masalah pencernaan seperti sembelit dan diare bisa disembuhkan dengan rajin konsumsi ketan hitam.

Baca Juga: Terfavorit, 6 Olahan Ketan Hitam yang Tak Pernah Lekang oleh Waktu

4. Bantu proses diet

Tak Cuma Enak, Ini 5 Manfaat Ajaib Ketan Hitam untuk Kesehatanmu!Pexels/Public Domain Pictures

Seperti sudah disinggung bila ketan hitam mengandung serat yang tinggi sehingga bisa menjaga sistem pencernaan. Namun tak hanya itu, serat yang dikandung ketan hitam pun amat baik untuk menjaga berat badan agar tetap stabil dan ideal. Konsumsi makanan yang mengandung serat tinggi akan membuat kita tetap kenyang dan tak mudah lapar. Kondisi ini tentu membuat berat badan kita tetap stabil dan program diet kita pun bisa tetap berjalan baik.

5. Tingkatkan sistem imun

Tak Cuma Enak, Ini 5 Manfaat Ajaib Ketan Hitam untuk Kesehatanmu!Pexels/Lucas

Ketan hitam mengandung antosianin yang fungsinya sebagai antioksidan. Seperti yang kita tahu bila kita rajin mengkonsumsi makanan yang mengandung antioksidan yang tinggi tentunya daya tahan tubuh tetap terjaga karena antioksidan berperan menjaga tubuh dari serangan radikal bebas, racun bahkan melawan kanker. Selain itu ketan hitam pun mengandung vitamin E yang bisa menjaga kulit tetap sehat dan jauh dari keriput.

Wah banyak sekali ya manfaatnya!

Baca Juga: 6 Langkah Mengukus Beras Ketan, Pulen dan Legit Menggigit

Indah Shaliha Photo Community Writer Indah Shaliha

Student Postgraduate Pharmacochemistry from Institut Teknologi Bandung. Email : shalihaindah@gmail.com. Follow my instagram: instagram.com/indahshaliha. Thanks for reading my articles

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Agustin Fatimah

Just For You