Comscore Tracker

5 Risiko Kesehatan yang Akan Kamu Dapat Saat Sering Kerja Lembur!

Jangan dibiasakan!

Pekerjaan yang super padat dan menumpuk memang kerap membuat waktu kita terbuang hanya untuk pekerjaan. Bahkan pekerjaan yang banyak ini kerap memaksa kita untuk kerja lembur demi mencapai target. Namun justru sering kerja lembur akan membuat tubuh rentan terkena penyakit yang jelas mengancam kesehatan.

Berikut 5 risiko penyakit ketika kamu keseringan kerja lembur. Waspadai ya!

1. Serangan jantung

5 Risiko Kesehatan yang Akan Kamu Dapat Saat Sering Kerja Lembur!healthxchange.sg

Ternyata salah satu penyakit berbahaya yang akan menimpa pekerja lembur adalah serangan jantung dan stroke. Hal ini karena lembur menyebabkan tubuh kurang beristirahat sehingga asupan oksigen ke otak menjadi berkurang. Oksigen yang berkurang ini bisa menyebabkan pembuluh darah kian menyempit yang akhirnya risiko penyakit jantung dan stroke pun kian meningkat.

Belum lagi jika kamu iringi dengan konsumsi junkfood, tentunya risiko kedua penyakit itu bisa semakin besar.

2. Stres

5 Risiko Kesehatan yang Akan Kamu Dapat Saat Sering Kerja Lembur!Pixabay/Lukas Bieri

Kerja lembur tentu tidak ada yang menyenangkan. Alih-alih menyenangkan yang ada kamu malah stres berat. Padahal stres bisa memicu berbagai penyakit berbahaya seperti jantung, diabetes, bahkan hipertensi. Belum lagi bila kamu harus menghadapi amarah atasan tentunya tingkat stresmu makin meningkat.

Nah oleh sebab itu walau bagaimanapun padatnya pekerjaan usahakan kamu jangan kerja lembur karena hal ini bisa mempengaruhi kesehatan fisik juga mental.

Baca Juga: 5 Alasan Ini Mengharuskanmu untuk Pulang On Time, Jangan Lembur!

3. Pengelihatan buram

5 Risiko Kesehatan yang Akan Kamu Dapat Saat Sering Kerja Lembur!umizato.com

Pekerjaan yang menumpuk memang mengharuskanmu untuk terus melihat layar sampai kamu gak sadar bila pengelihatanmu makin buram. Hal ini karena mata pun akan lelah bila terus digunakan tanpa henti di depan layar komputer. Belum lagi kepalamu akan merasa pusing bahkan selaput mata pun terasa mengering.

Oleh sebab itu upayakan sesekali tidak melihat layar komputer selama 20 menit untuk merelaksasi mata serta tentunya jangan kerja lembur.

4. Obesitas dan diabetes

5 Risiko Kesehatan yang Akan Kamu Dapat Saat Sering Kerja Lembur!speciosa.org/

Ketika kamu kelamaan duduk seharian, pastinya kamu bisa berisiko mengalami obesitas dan diabetes. Hal ini disebabkan karena kamu tidak banyak bergerak tapi asupan makanan dari luar terus mengalir. Alhasil kedua penyakit ini bisa hadir kapan saja apalagi bila kamu merupakan orang yang malas berolahraga di akhir pekan.

Orang-orang yang berolahraga di akhir pekan saja masih berisiko terkena kedua penyakit ini, apalagi yang tidak berolahraga.

5. Demensia

5 Risiko Kesehatan yang Akan Kamu Dapat Saat Sering Kerja Lembur!universite-paris-saclay.fr

Mungkin kamu merasa kuat-kuat saja kerja lembur namun otakmu berkata lain. Saat terus-menerus kerja lembur tanpa henti tanpa sadar kamu bisa mengalami penurunan kerja otak dan risiko penyakit demensia pun tak terelakkan.

Hal ini disebabkan saat lembur tentu jam tidurmu jadi berkurang yang otomatis otak pun jadi kurang beristirahat. Saat otak kurang istirahat tentunya daya kerjanya pun bisa berkurang dan kamu mudah mengalami demensia.

Yuk hindari dari kerja lembur agar terhindar dari penyakit membahayakan di atas!

Baca Juga: 5 Tips Ini Bantu Kurangi Risiko Penyakit Jantung Pada Pria

Indah Shaliha Photo Verified Writer Indah Shaliha

Student Postgraduate Pharmacochemistry from Institut Teknologi Bandung.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Just For You