Comscore Tracker

5 Suplemen yang Aman Dikonsumsi Saat Puasa

Agar puasamu tetap kuat!

Saat berpuasa umumnya tubuh lebih sering kekurangan vitamin dan mineral karena saat berbuka kita cenderung hanya fokus untuk kenyang saja. Oleh sebab itu ada baiknya kita mengkonsumsi suplemen saat puasa agar tubuh tetap sehat dan seimbang. Nah berikut 5 suplemen makanan yang boleh dikonsumsi saat berpuasa dan aman, yuk penuhi asupan nutrisimu saat puasa!

1. Suplemen multivitamin

5 Suplemen yang Aman Dikonsumsi Saat Puasaeathealthyandthrive.com/

Berbagai multivitamin seperti vitamin B2, B6 dan B12 bermanfaat untuk menambah energi saat puasa. Oleh sebab itu ada baiknya kamu mengkonsumsi suplemen multivitamin untuk memenuhi kebutuhan vitamin tersebut. Karena seperti yang kita tahu makanan yang disantap saat sahur dan berbuka seringnya kurang memenuhi asupan vitamin yang dibutuhkan oleh tubuh. Sehingga tak ada salahnya kamu mengkonsumsi suplemen multivitamin tersebut. Minumlah saat sahur karena vitamin ini larut dalam air.

2. Suplemen mineral

5 Suplemen yang Aman Dikonsumsi Saat Puasafitbiz.in

Mineral pun tak kalah penting dan perlu dikonsumsi oleh tubuh. Berbagai mineral penting untuk metabolisme tubuh adalah zat besi, kalsium, fosfor dan magnesium. Saat kamu kekurangan mineral tersebut maka tubuh pun menjadi kurang seimbang yang ujung-ujungnya kamu jadi rentan sakit. Berbagai mineral tersebut seperti besi bermanfaat untuk mengatur sistem imunitas tubuh dan magnesium juga penting untuk relaksasi otot. Nah oleh sebab itu mengkonsumsi suplemen mineral saat berpuasa itu diperbolehkan.

3.Suplemen isotonik

5 Suplemen yang Aman Dikonsumsi Saat Puasadrweil.com

Saat ion tubuh tidak seimbang pastinya akan membahayakan karena kamu bisa mengalami dehidrasi. Oleh sebab itu kamu memerlukan suatu minuman isotonik selama berpuasa untuk menggantikan cairan tubuh yang hilang. Meski suplemen isotonik baik bagi tubuh namun sayangnya seringkali mengandung gula tambahan oleh sebab itu sebaiknya konsumsi suplemen isotonik alami saja seperti air kelapa misalnya.

Baca Juga: Tak Perlu Suplemen, Ini 8 Sumber Energi Biar Tahan Puasa

4. Suplemen probiotik dan prebiotik

5 Suplemen yang Aman Dikonsumsi Saat Puasahonestversion.com/

Nah saat berpuasa memang biasanya pencernaan sering tak lancar. Hal ini bisa diatasi dengan cara mengkonsumsi suplemen probiotik dan prebiotik. Prebiotik bisa menjaga kesehatan usus sehingga pencernaan pun tetap lancar selama puasa. Tak hanya itu, ternyata prebiotik pun amat baik untuk membantu proses penyerapan kalsium. Untuk supelemn probiotik tentunya dibutuhkan selama puasa karena bisa menjaga daya tahan tubuh.

5. Suplemen vitamin C

5 Suplemen yang Aman Dikonsumsi Saat Puasahealthline.com

Suplemen vitamin C pun dibutuhkan oleh tubuh karena vitamin C bisa melindungi tubuh dari sakit. Hal ini dikarenakan vitamin C memiliki antioksidan yang tinggi dan bisa melindungi sel dari kerusakan dan radikal bebas. Namun sebaiknya konsumsi suplemen vitamin C sebesar 500 mg per hari saja dan tambahan lainnya terdapat dalam buah dan sayur.

Nah selama puasa tubuh harus tetap sehat agar puasa pun bisa dijalani dengan sempurna!

Baca Juga: Tidak Hanya Skin Care, 6 Suplemen Ini Juga Bisa Bantu Atasi Jerawat

Indah Shaliha Photo Verified Writer Indah Shaliha

Student Postgraduate Pharmacochemistry from Institut Teknologi Bandung.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Siantita Novaya

Just For You