Comscore Tracker

5 Warna Darah Haid Ini Berkaitan Erat dengan Kesehatanmu Lho!

Segera cari tahu!

Menstruasi merupakan hal yang wajar dan akan dialami oleh setiap perempuan dewasa. Namun banyak perempuan yang gak sadar bila warna darah menstruasi berkaitan erat dengan kesehatan dan kesuburan seorang perempuan.

Wajib diwaspadai, berikut 5 warna darah haid yang bisa menjadi indikator kesehatanmu. Yuk simak artikelnya!

1. Merah gelap beserta gumpalan

5 Warna Darah Haid Ini Berkaitan Erat dengan Kesehatanmu Lho!healthline.com

Darah yang menggumpal memang wajar terjadi dan sering dialami oleh setiap wanita. Namun ketika gumpalan yang keluar besar dan tidak wajar disertai rasa sakit pada perut bagian bawah bisa jadi hormon reproduksimu sedang tidak seimbang.

Biasanya hormon estrogen sedang tinggi dan progesteron sedang rendah sehingga darah menstruasi muncul gumpalan.

Nah bila gumpalannya besar, darah berwarna merah gelap disertai rasa sakit pada perut bisa jadi kamu tengah mengalami miom atau uterine fibroids.

2. Merah terang

5 Warna Darah Haid Ini Berkaitan Erat dengan Kesehatanmu Lho!socialnewsdaily.com

Kamu patut lega saat darah menstruasimu berwarna merah terang. Karena itu tandanya kamu tengah dalam kondisi normal. Organ reproduksimu juga sedang berada dalam masa subur dan sedang mempersiapkan diri manakala sel telur dibuahi oleh sperma. Oleh sebab itu kamu bisa bernapas lega karena tidak ada masalah dan kamu benar-benar dalam kondisi yang fit.

Baca Juga: 5 Hal yang Bisa Bikin Siklus Menstruasi Kamu Tidak Lancar

3. Cokelat

5 Warna Darah Haid Ini Berkaitan Erat dengan Kesehatanmu Lho!workingmother.com

Warna cokelat biasanya datang di awal menstruasi dan di akhir menstruasi. Darah ini merupakan darah lama dari rahim yang baru dikeluarkan oleh tubuh kita. Namun jangan khawatir ini adalah hal yang normal dan bukan masalah. Biasanya suhu tubuh mempengaruhi warna darah yang keluar dan bila suhu tubuh berada di 36 derajat, warna darah akan semakin cokelat.

Meski hal normal, bila suhu tubuh terlalu tinggi saat tahap awal atau akhir mens biasanya hal ini bisa mengganggu kesuburan. Oleh sebab itu penting untuk memperhatikan kondisi tubuh agar tetap sehat.

4. Merah muda

5 Warna Darah Haid Ini Berkaitan Erat dengan Kesehatanmu Lho!computerca.com

Saat darah haid berwarna pink atau merah muda, ada baiknya kamu harus aware dengan kondisi tubuhmu karena bisa jadi tubuh kekurangan zat besi sehingga akhirnya produksi sel darah merah menjadi sulit. Kondisi kekurangan zat besi bisa terjadi pada penderita anemia, hormon estrogen rendah, dan pola makan yang buruk.

Bila ini terus terjadi tentunya kesehatan sistem reproduksi kurang baik dan bisa mempengaruhi kesuburan.

5. Hitam

5 Warna Darah Haid Ini Berkaitan Erat dengan Kesehatanmu Lho!womenshealth.gov

Kamu patut waspada saat darah mens yang keluar adalah warna hitam. Hal ini bisa saja kamu tengah dalam kondisi memiliki penyakit endometriosis yang parah. Biasanya darah hitam yang keluar ini disertai rasa nyeri pada perut dan pendarahan.

Oleh sebab itu penting adanya untuk mengecek warna darah saat haid karena bisa saja kondisi tubuh sedang tidak sehat dan sangat perlu untuk segera konsul ke dokter.

So girls, yuk lebih aware lagi dalam mengetahui kondisi kesehatan tubuhmu!

Baca Juga: Ladies, Ini Nih 5 Tips Mudah Redakan Nyeri Saat Menstruasi

Indah Shaliha Photo Verified Writer Indah Shaliha

Student Postgraduate Pharmacochemistry from Institut Teknologi Bandung.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Just For You