Comscore Tracker

5 Alasan Olahraga Lari Gak Mesti Dilakukan Tiap Hari, Demi Kesehatanmu

Bisa bikin bahaya lho!

Salah satu olahraga yang paling mudah, murah serta menyehatkan untuk dilakukan adalah lari. Jenis olahraga ini memiliki banyak manfaat dari mulai menurunkan berat badan bahkan mampu menjaga kesehatan jantung. Namun jenis olahraga ini sebaiknya tidak dilakukan tiap hari, berikut lima alasannya!

1. Cari tahu dulu apa tujuanmu

5 Alasan Olahraga Lari Gak Mesti Dilakukan Tiap Hari, Demi KesehatanmuPixabay/free photos

Tentukan dulu apa tujuanmu berolahraga lari karena ada yang gak mesti dilakukan setiap hari. Misalnya untuk aktivitas kardio, kamu hanya boleh olahraga lari sebanyak dua sampai 4 kali per minggu dan selama 20-30 menit saja per satu kali latihan. Lagipula olahraga lari tiap hari hanya akan membuat fisikmu mudah lelah kan?

2. Kekuatan antar individu berbeda-beda

5 Alasan Olahraga Lari Gak Mesti Dilakukan Tiap Hari, Demi KesehatanmuPixabay/Herman

Kemampuan orang itu berbeda-beda, ada yang mampu lari dalam waktu yang lama dan ada yang mampu dalam waktu yang pendek saja. Ketika kemampuanmu tergolong rendah lebih baik tak usah dipaksakan apalagi sampai memaksakan diri hanya karena ingin memiliki berat badan ideal. Lebih baik lakukan secara perlahan namun secara kontinu karena lambat laun kamu pun akan dapat hasilnya.

Baca Juga: 10 Macam Olahraga Para Artis, Bisa Bikin Semangat Hidup Sehat

3. Memforsir diri akan membuatmu lelah

5 Alasan Olahraga Lari Gak Mesti Dilakukan Tiap Hari, Demi KesehatanmuPixabay/composite

Berolahraga secara terus-terusan dan setiap hari hanya akan membuat tubuhmu lelah. Kelelahan akan membawa dampak yang serius dan bisa-bisa kesehatanmu terancam. Daripada harus setiap hari lebih baik lakukan olahraga lari selama 2 kali seminggu saja dan berikan waktu tubuh untuk beristirahat.

4. Cegah cedera pada kaki

5 Alasan Olahraga Lari Gak Mesti Dilakukan Tiap Hari, Demi KesehatanmuPixabay/Skeeze

Jika kamu olahraga lari setiap hari dikhawatirkan semua persendianmu akan cedera. Hal ini karena olahraga yang terus-menerus akan membebani tubuh yang akhirnya cedera pun tidak terhindarkan. Lebih baik lakukan olahraga lari secara berkala namun rutin. Jangan memaksakan diri karena tubuhmu memiliki batas kemampuannya sendiri.

5. Olahraga lari perlu dilakukan secara bertahap

5 Alasan Olahraga Lari Gak Mesti Dilakukan Tiap Hari, Demi KesehatanmuPixabay/Skeeze

Idealnya olahraga jenis apapun perlu dilakukan secara bertahap. Hal ini karena tubuh akan kaget bila kamu langsung berolahraga secara keras dan akhirnya tubuh pun kelelahan. Cobalah berolahraga yang ringan dulu lalu bila tubuhmu sudah terbiasa lanjutkan dengan olahraga yang lebih intens. Oleh sebab itu baiknya jangan berolahraga lari setiap hari apalagi bila kamu seorang pemula.

Nah sudah tahu kan?

Baca Juga: Duh, 7 Kesalahan Saat Berolahraga Ini Justru Bisa Membuatmu Lebih Tua

Indah Shaliha Photo Verified Writer Indah Shaliha

Student Postgraduate Pharmacochemistry from Institut Teknologi Bandung.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Tania Stephanie

Just For You