Comscore Tracker

Ancam Kesehatan, 5 Makanan Lezat Ini Mengandung Kolesterol Tinggi!

Duh bahaya nih kalau terus dikonsumsi!

Seperti yang kita tahu bila makan bertujuan bukan hanya bertahan hidup namun juga untuk menyenangkan diri. Dengan makan makanan yang lezat, pastinya mood pun akan membaik.

Namun tidak semua makanan yang lezat itu baik untuk tubuh karena nyatanya banyak yang membahayakan. Salah satu makanan yang berbahaya itu mengandung kolesterol tinggi dan kolesterol itu bisa menyebabkan penyakit jantung bila kadarnya di dalam tubuh naik.

Berikut 5 makanan lezat yang perlu kamu waspadai karena kandungan kolesterolnya yang tinggi. Hati-hati karena lonjakan kolesterol yang ditimbulkannya.

1. Jeroan kambing

Ancam Kesehatan, 5 Makanan Lezat Ini Mengandung Kolesterol Tinggi!publicinsta.com

Jeroan kambing seperti usus, limpa, dan hati biasanya sering dibuat gulai atau soto. Namun jangan berlebihan dalam mengonsumsinya karena kadar kolesterolnya yang lumayan tinggi dan bisa membahayakan kesehatan bila sering dikonsumsi.

Kadar kolesterol usus kambing dan jeroan lainnya adalah sebesar 610 mg per 10 gram lho! Lumayan tinggi kan kadarnya?

2. Telur puyuh

Ancam Kesehatan, 5 Makanan Lezat Ini Mengandung Kolesterol Tinggi!Pexels/Nixon

Telur puyuh merupakan makanan yang sering ditemui dimana-mana dan sering dijadikan sate, campuran sambal, dan berbagai olahan lainnya.

Meski telur ini mudah ditemukan dalam berbagai olahan, namun belum tentu ramah bagi tubuh karena justru kadar kolesterolnya amat tinggi dan bisa membahayakan kesehatan.

Kadar kolesterol telur puyuh adalah sebesar 3640 mg per 10 gram telur puyuh dan kadarnya memang sangat tinggi dibandingkan yang lainnya. Penderita hipertensi sebaiknya tidak makan makanan ini dulu ya!

Baca Juga: Catat, 5 Jenis Kacang Ini Baik untuk Menurunkan Kolesterol Jahat

3. Otak sapi

Ancam Kesehatan, 5 Makanan Lezat Ini Mengandung Kolesterol Tinggi!id.pinterest.com

Banyak orang mengakui otak sapi memang lezat dan bisa dijadikan berbagai variasi masakan seperti digulai, pepes maupun digoreng. Namun dibalik kelezatannya, otak sapi mempunyai kadar kolesterol yang tinggi dan berbahaya bila dikonsumsi penderita hipertensi.

Kadar kolesterol dari otak sapi adalah sebesar 2300 mg per 10 gram lho!

4. Kuning telur

Ancam Kesehatan, 5 Makanan Lezat Ini Mengandung Kolesterol Tinggi!Pexels/Trang Doan

Banyak orang yang bilang bila telur merupakan salah satu makanan yang menyehatkan karena kandungan proteinnya yang tinggi dan merupakan sumber protein yang mudah didapat.

Namun sayangnya kadar kolesterol dari kuning telur tergolong tinggi sehingga ada baiknya penderita hipertensi tidak dulu mengkonsumsi kuning telur ayam.

Kadar kolesterol kuning telur ayam adalah sebesar 2000 mg per 10 gram. Wah tinggi juga ya!

5. Cumi-cumi

Ancam Kesehatan, 5 Makanan Lezat Ini Mengandung Kolesterol Tinggi!Pexels/ Naim

Sumber makanan laut memang banyak diincar saat ini karena lebih segar dan kandungan gizinya banyak. Namun meski begitu, nyatanya cumi-cumi mengandung kolesterol yang tinggi sehingga tidak dianjurkan untuk sering dikonsumsi.

Namun kadar kolesterolnya memang tidak sebanyak makanan berprotein lainnya yaitu sebesar 1170 mg per 10 gram saja.

Itulah beberapa daftar makanan yang mengandung kolesterol tinggi. Hati-hati dalam mengonsumsinya ya!

Baca Juga: 5 Cara Jaga Jumlah Kolesterol Tetap Stabil Buat Kamu yang Doyan Makan

Indah Shaliha Photo Verified Writer Indah Shaliha

Student Postgraduate Pharmacochemistry from Institut Teknologi Bandung.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Just For You