Comscore Tracker

5 Bahan Alami yang Bisa Digunakan untuk Sembuhkan Sunburn!

Atasi dengan yang alami saja!

Umumnya efek buruk sinar matahari pasti akan kita alami, terlebih kita tinggal di daerah tropis yang tentunya intensitas sinar matahari lebih sering daripada di negara subtropis. Salah satu efek buruk yang akan kita rasakan adalah kulit terbakar atau sun burn. Tak perlu menggunakan bahan-bahan yang mahal, lima bahan alami ini mampu menyembuhkan kulit terbakar akibat sinar matahari lho!

1. Teh

5 Bahan Alami yang Bisa Digunakan untuk Sembuhkan Sunburn!Pexels/freestock.org

Teh tentu saja mengandung tanin yang merupakan metabolit sekunder. Konon tanin memiliki beragam fungsi selain sebagai antiabakteri juga bisa menyeimbangkan pH kulit. Dengan begitu tanin mampu menenangkan kulit yang terkena iritasi termasuk yang disebabkan oleh sunburn.

Caranya pun amat mudah yaitu cukup dinginkan saja kantong teh di dalam freezer setelah itu aplikasikan pada bagian kulit yang terkena sunburn.

2. Oatmeal

5 Bahan Alami yang Bisa Digunakan untuk Sembuhkan Sunburn!Pexels/Foodie factor

Tak hanya sehat untuk dijadikan makanan ternyata oatmeal pun bisa mengatasi kulit yang kemerahan akibat terbakar sinar matahari. Caranya pun sangat mudah dan sederhana, yaitu campurkan oatmeal dengan air yang dingin lalu aplikasikan pada kulit yang terkena sunburn selama 15 menit sampai 20 menit. Lakukan hal ini secara rutin agar iritasi kulit sembuh kembali.

Baca Juga: 5 Bahan Alami yang Jadi Pewarna Produk Kecantikan, Aman untuk Kulit!

3. Lidah buaya

5 Bahan Alami yang Bisa Digunakan untuk Sembuhkan Sunburn!Pexels/Cintia

Lidah buaya memiliki manfaat yang sangat besar untuk kesehatan. Tak hanya bisa dimakan sebagai camilan, lidah buaya tentunya bisa dijadikan obat bagi berbagai macam penyakit. Tak berhenti sampai disitu, lidah buaya pun nyatanya bisa menyembuhkan iritasi kulit akibat sunburn karena kandungan glikoproteinnya ampuh untuk menyembuhkan kulit yang meradang.

Caranya cukup ambil gel lidah buaya dan campurkan dengan air setelah itu bekukan dalam lemari es. Aplikasikan pada kulit yang terbakar setelah lidah buaya sudah membeku. Namun jangan sampai getahnya terbawa karena akan menyebabkan kulit terasa gatal.

4. Madu

5 Bahan Alami yang Bisa Digunakan untuk Sembuhkan Sunburn!Pexels/Mareefe

Madu juga bisa digunakan sebagai penenang kulit yang iritasi. Apalagi bahan alami ini memang memiliki ribuan manfaat untuk kesehatan dan kecantikan kulit. Cukup dengan mengoles madu pada bagian kulit yang terbakar lalu tutup dengan kain kasa maka kulit yang terbakar akibat sinar matahari itu akan sembuh perlahan-lahan.

Madu memiliki fungsi untuk meningkatkan daya kerja sel dalam menyembuhkan luka. Oleh sebab itu madu bisa menyembuhkan sunburn.

5. Vinegar

5 Bahan Alami yang Bisa Digunakan untuk Sembuhkan Sunburn!consumerreports.org/

Seperti yang kita tahu bila vinegar atau cuka apel mengandung asam asetat yang berfungsi untuk mengurangi peradangan pada kulit. Oleh sebab itu dengan menggunakannya maka kulit yang terbakar pun bisa sembuh. Caranya pun sangat mudah yaitu cukup oleskan pada bagian yang terkena sunburn atau semprot dengan botol agar lebih praktis.

Yuk coba bahan-bahan alami tersebut!

Baca Juga: 7 Cara Mudah Mengatasi Kulit Leher yang Menjadi Hitam 

Indah Shaliha Photo Verified Writer Indah Shaliha

Someone who loves writing and pottery

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Tania Stephanie

Berita Terkini Lainnya