Comscore Tracker

Cegah Kolesterol, Lakukan 5 Cara Mudah Kurangi Lemak pada Makanan Ini

Yuk terapkan!

Lemak jenuh atau kolesterol memang berbahaya saat hinggap di dalam tubuh. Hal ini karena lemak jenuh bisa menyumbat pembuluh darah sehingga penyakit-penyakit yang berbahaya dan mematikan seperti stroke dan serangan jantung bisa datang.

Oleh sebab itu penting untuk menghindari kolesterol sejak dini agar berbagai penyakit berbahaya tidak datang.

Nah lakukan 5 cara berikut untuk kurangi asupan lemak di makanan, yuk coba!

1. Atur porsi makan sehari-hari

Cegah Kolesterol, Lakukan 5 Cara Mudah Kurangi Lemak pada Makanan IniPexels/Pixabay

Hal pertama yang harus kamu lakukan adalah atur porsi makanan supaya gak berlebihan. Karena jika kamu tidak mengatur pola makan, maka bisa saja tubuhmu malah mengalami obesitas. Sedangkan seperti yang kamu tahu bila obesitas tentu membahayakan tubuh dan salah satunya bisa menyebabkan gagal jantung.

Nah, mulai saat ini atur porsi makanmu dengan baik karena yang berlebihan memang tidak baik bagi tubuh.

2. Gunakan minyak goreng sesedikit mungkin

Cegah Kolesterol, Lakukan 5 Cara Mudah Kurangi Lemak pada Makanan Inibonappetit.com/

Saat memasak pastinya kita sering menggunakan minyak goreng. Namun kita lupa bila minyak goreng merupakan sumber lemak jenuh dan bahaya bila masuk ke dalam tubuh. Oleh sebab itu ada baiknya batasi jumlah minyak goreng dan kamu bisa menggunakan wajan anti lengket sebagai alternatif lain untuk mengurangi penggunaan minyak goreng.

Baca Juga: 5 Lalapan Ini Ampuh Halau Kolesterol, Cocok Dimakan Pakai Nasi

3. Batasi kuning telur

Cegah Kolesterol, Lakukan 5 Cara Mudah Kurangi Lemak pada Makanan IniPexels/Rawpixel

Tak banyak yang tahu bila kuning telur nyatanya mengandung kadar lemak yang tinggi. Jika kamu memakan kuning telur dengan porsi banyak, tentunya kandungan lemak jahatnya bisa masuk ke dalam tubuh. Oleh sebab itu sebaiknya batasi konsumsi kuning telur dan pilih putih telurnya saja untuk menghindari masuknya LDL ke dalam tubuhmu.

4. Gunakan alternatif memasak dengan dipanggang atau dikukus

Cegah Kolesterol, Lakukan 5 Cara Mudah Kurangi Lemak pada Makanan IniPexels/Francesco

Selain itu kamu bisa menggunakan cara lain dalam memasak misalnya dengan cara dipanggang atau dikukus. Hal ini bertujuan untuk menghindari penggunaan minyak goreng yang jelas mengandung lemak dan bisa berisiko untuk kesehatan.

Memang, mengkukus makanan merupakan alternatif terbaik untuk menjaga kesehatan tubuh karena tidak mengandung asap bahaya seperti pada memasak dengan cara dipanggang.

5. Hindari makanan yang mengandung lemak jenuh

Cegah Kolesterol, Lakukan 5 Cara Mudah Kurangi Lemak pada Makanan IniPexels/rajesh

Cara terakhir yang bisa kamu terapkan tentunya sebisa mungkin hindari makanan yang mengandung lemak terutama lemak jenuh. Hal ini karena lemak jenuh akan menaikkan kadar kolesterol yang ada dalam tubuh dan menyebabkan berbagai penyakit bahaya seperti darah tinggi, stroke, gagal jantung, dan lain sebagainya.

Yuk kembali ke gaya hidup sehat seperti contoh di atas agar kamu bisa terhindar dari kolesterol.

Baca Juga: 5 Makanan untuk Kurangi Kolesterol, Punya Kandungan Fitosterol Tinggi

Indah Shaliha Photo Community Writer Indah Shaliha

Student Postgraduate Pharmacochemistry from Institut Teknologi Bandung. Email : shalihaindah@gmail.com. Follow my instagram: instagram.com/indahshaliha. Thanks for reading my articles

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Just For You