Comscore Tracker

Ini 5 Penyakit yang Hadir Saat Cuaca Tengah Labil, Yuk Waspada!

Duh waspada deh!

Terkadang cuaca ekstrem memang sering terjadi kapan saja dan keadaan ini sering membuat berbagai penyakit timbul. Cuaca yang yang tidak stabil ini tentunya perlu kamu waspadai karena penyakit yang ditimbulkannya bukanlah penyakit ringan. Berikut 5 penyakit yang biasanya datang saat cuaca tengah tak stabil, apa saja ya kira-kira?

1. DBD

Ini 5 Penyakit yang Hadir Saat Cuaca Tengah Labil, Yuk Waspada!thenewsminute.com

Demam berdarah dengue atau sering disingkat DBD biasanya memang sering muncul saat musim hujan. Namun nyatanya DBD pun sering muncul ketika kondisi cuaca sedang tak menentu. Apalagi bila di sekitar lingkunganmu banyak genangan air dan jentik-jentik nyamuk.

Tentunya kamu harus waspada karena biasanya nyamuk Aedes Aegepty sangat menyukai lingkungan yang penuh genangan air. Disinilah perlunya kamu menjaga lingkungan agar tetap bersih dan sehat.

2. Infeksi saluran pernafasan akut

Ini 5 Penyakit yang Hadir Saat Cuaca Tengah Labil, Yuk Waspada!health.trythis.co

Di tengah cuaca ekstrem biasanya penyakit ISPA atau infeksi saluran pernafasan akut pun muncul. Biasanya gejala yang ditimbulkan adalah nyeri otot, sakit kepala, pilek bahkan sinusitis. Saat tengah menghadapi gejala ini kamu harus atasi dengan minum banyak vitamin dan air agar gejalanya bisa reda.

3. Influenza

Ini 5 Penyakit yang Hadir Saat Cuaca Tengah Labil, Yuk Waspada!aarp.org/

Saat cuaca tengah tak stabil, biasanya sistem kekebalan tubuh melemah. Saat seperti inilah virus dan bakteri mudah masuk ke dalam tubuh dan menyebabkan penyakit influenza. Saat terserang penyakit ini, cukup konsumsi air putih yang banyak dan istirahat agar tubuh kembali sehat dan flu pun hilang.

Baca Juga: 6 Faktor Datangnya Bakteri Salmonella Penyebab Penyakit Diare 

4. Diare

Ini 5 Penyakit yang Hadir Saat Cuaca Tengah Labil, Yuk Waspada!fimela.com

Penyakit lainnya yang sering hadir saat cuaca tak stabil adalah diare. Meski terlihat remeh, diare terus-menerus bisa menyebabkan tubuh kehilangan banyak cairan dan dehidrasi. Tentunya kondisi ini membahayakan tubuh apalagi bila tidak segera diobati. Segera obati dengan konsumsi oralit dan barengi dengan minum air putih sebanyak mungkin untuk menggantikan cairan tubuh yang hilang akibat diare.

5. TBC

Ini 5 Penyakit yang Hadir Saat Cuaca Tengah Labil, Yuk Waspada!economictimes.indiatimes.com

Ketika kamu terus-menerus batuk tanpa henti bisa jadi kamu tengah mengidap tuberculosis atau TBC. Penyakit ini biasanya hadir saat cuaca tengah tak stabil dan kerap tak disadari. Nah untuk pencegahan tentunya biasakan selalu jalani gaya hidup sehat, jangan merokok, konsumsi makanan bergizi, serta jangan begadang.

Meski cuaca tengah berubah-ubah kamu tetap bisa sehat dan kuat asalkan selalu terapkan gaya hidup sehat ya!

Baca Juga: Tak Hanya Paru-paru, TBC Juga Bisa Menyerang 6 Organ Tubuh Ini  

Indah Shaliha Photo Verified Writer Indah Shaliha

Student Postgraduate Pharmacochemistry from Institut Teknologi Bandung.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Indra Zakaria

Just For You