Comscore Tracker

Banyak Serang Wanita, 5 Hal Tentang Lupus Ini Perlu Kamu Ketahui!

Yuk ketahui gejalanya!

Lupus merupakan salah satu penyakit autoimun. Umumnya sel imun penderita lupus sendiri menyerang sel atau jaringan tubuh yang sehat. Bahkan sistem imun penderita lupus bisa menyerang jantung, paru-paru dan berbagai organ penting lainnya. Meskipun penderita lupus sendiri memang tak banyak, berikut lima hal yang harus kamu tahu tentang penyakit ini!

1. Diagnosanya cukup sulit

Banyak Serang Wanita, 5 Hal Tentang Lupus Ini Perlu Kamu Ketahui!skylineendocenter.com

Diagnosa penyakit lupus sendiri memang agak sulit. Hal ini karena umumnya gejala penderita lupus bisa sama dengan gejala penyakit lainnya. Misalnya penderita terlihat seperti memiliki penyakit rematik sehingga hal ini menyebabkan diagnosisnya susah karena miripnya dengan penyakit umum.

2. Ruam antara pipi dan hidung

Banyak Serang Wanita, 5 Hal Tentang Lupus Ini Perlu Kamu Ketahui!parahitanews.com

Untuk penderita lupus sendiri, gejala yang dirasakan biasanya terdapat ruam seperti kupu-kupu di antara hidung dan mulut, anemia, gangguan ginjal, sensitif terhadap cahaya, bersisik dan nyeri pada sendi. Selain itu penderita lupus sendiri sistem imunnya tidak berfungsi. Saat gejala-gejala ini datang sebaiknya cepat-cepat berkonsultasi ke dokter agar tidak terjadi masalah serius.

Baca Juga: 5 Kebiasaan Saat Kerja Ini Bisa Bikin Kamu Berisiko Kena Penyakit Akut

3. Merupakan penyakit autoimun

Banyak Serang Wanita, 5 Hal Tentang Lupus Ini Perlu Kamu Ketahui!inhalemd.com

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, penyakit lupus merupakan penyakit autoimun atau sistem kekebalan tubuh malah menyerang tubuh sendiri dan menyebabkan berbagai masalah serius. Oleh sebab itu penanganan biasanya dilakukan dengan cara menginaktivasi sistem kekebalan tubuh agar tidak menyerang tubuh sendiri lagi. Namun inaktivasi ini menyebabkan penderita lupus rentan terhadap penyakit dari luar.

4. Kebanyakan terjadi pada wanita

Banyak Serang Wanita, 5 Hal Tentang Lupus Ini Perlu Kamu Ketahui!lifeextension.com/

Umumnya lupus terjadi pada kaum wanita yang berusia 18-45 tahun meskipun beberapa kasus terdapat laki-laki yang menderita penyakit ini namun perempuan 10 kali lebih beresiko daripada laki-laki. Selain itu lupus biasanya terjadi pada ras-ras kulit berwarna seperti ras Asia, Hispanik, Afrika-Amerika dan ras asli Amerika sendiri. Selain itu lupus bisa juga terjadi pada anak-anak namun kasusnya tidak sebanyak orang dewasa.

5. Dengan perawatan intensif banyak penderita lupus bisa menjalani hidup normal

Banyak Serang Wanita, 5 Hal Tentang Lupus Ini Perlu Kamu Ketahui!parenting.firstcry.com/

Meski penyakit ini akan selalu ada sepanjang hidup namun penderita bisa hidup normal asalkan pola hidupnya terjaga, selalu bersemangat dan penanganan yang baik. Karena bila tidak menjalani hidup dengan positif dan semangat biasanya penderita lupus bisa mengalami depresi yang berbahaya bagi kelangsungan hidupnya.

Sudah tahu?

Baca Juga: Sering Mengantuk? Waspada 5 Penyakit yang Siap Mengancam Ini!

Indah Shaliha Photo Verified Writer Indah Shaliha

Student Postgraduate Pharmacochemistry from Institut Teknologi Bandung.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Tania Stephanie

Just For You