Comscore Tracker

Jangan Dibiasakan, 5 Hal yang Akan Terjadi Bila Diet Karbo Berlebihan!

Jangan berlebihan ya!

Memiliki tubuh yang langsing dan proporsional tentunya keinginan setiap wanita. Tapi ada kalanya justru sebagian wanita malah diet karbo berlebihan karena menganggap sumber kegemukan adalah karbohidrat. Padahal karbohidrat tetap dibutuhkan oleh tubuh walau bagaimanapun dan akan memicu hal yang tak baik saat diet karbo berlebihan dan lima hal inilah yang akan terjadi!

1. Tubuh terasa lemas

Jangan Dibiasakan, 5 Hal yang Akan Terjadi Bila Diet Karbo Berlebihan!Pexels/Pixabay

Karbohidrat adalah salah satu sumber energi yang paling cepat yang bisa diolah tubuh. Proses pemecahan karbohidrat tidak begitu lama seperti pada lemak sehingga ketika kamu diet karbo secara berlebihan tubuh akan terasa lemas karena kurangnya asupan energi. Tentunya tubuh yang lemas akan mempengaruhi aktivitasmu yang lain dan bahkan akan menghambat aktivitas sehari-harimu.

2. Sulit berkonsentrasi

Jangan Dibiasakan, 5 Hal yang Akan Terjadi Bila Diet Karbo Berlebihan!Pexels/Kaboompics

Tidak hanya berdampak pada tubuh tetapi otak juga akan mengalami penurunan kinerja karena kurangnya asupan energi pada otak. Tentunya otak akan mengalami kesulitan untuk berkonsentrasi dan kamu pun akan merasa pusing akibat kurangnya asupan karbohidrat. Semua pekerjaan akan terhambat dan tidak akan selesai jika kamu terus melakukan hal ini.

Baca Juga: 9 Mitos Keliru Seputar Diet, Wajib Baca kalau Mau Turun Berat Badan!

3. Resiko osteoporosis kian besar

Jangan Dibiasakan, 5 Hal yang Akan Terjadi Bila Diet Karbo Berlebihan!medicalnewstoday.com/

Tak banyak yang sadar, kurangnya asupan karbohidrat pun akan membuatmu mudah mengalami osteoporosis. Bahkan puncaknya tak hanya osteoporosis, kamu bisa saja mengalami gangguan ginjal, jantung dan lainnya berkat kekurangan asupan karbohidrat. So, jangan menganggap karbohidrat adalah sumber kegemukan karena fungsinya sangat vital bagi kelangsungan hidup.

4. Mood swing yang mendadak

Jangan Dibiasakan, 5 Hal yang Akan Terjadi Bila Diet Karbo Berlebihan!Pexels/Meiji

Jangan dulu berasumsi kamu terkena penyakit mental saat kamu mengalami mood swing yang mendadak. Hal ini bisa saja karena kamu diet karbo secara berlebihan sehingga kamu mudah marah dan emosional. Mengurangi konsumsi karbohidrat akan berdampak pada kurangnya asupan hormon serotonin di otak, padahal hormon ini adalah salah satu hormon yang menciptakan kebahagiaan bagi seseorang. Ketika hormon ini berkurang alhasil kamu akan mudah emosi.

5. Sering kram otot

Jangan Dibiasakan, 5 Hal yang Akan Terjadi Bila Diet Karbo Berlebihan!nhsinform.scot/

Diet karbo berlebih akan menyebabkan kamu sering mengalami kram otot juga. Hal ini dikarenakan otot menjadi lemah karena kurangnya asupan karbohidrat tentunya otot yang lemah akan menyebabkan otot mudah kram. Karbohidrat amat penting bagi tubuhmu oleh sebab itu sebaiknya lakukan diet yang sewajarnya karena jika berlebihan akan merugikan dirimu sendiri tentunya!

Baca Juga: 7 Resep Salad Ini Bisa Jadi Inspirasi untuk Diet Sehat Lho!

Indah Shaliha Photo Verified Writer Indah Shaliha

Student Postgraduate Pharmacochemistry from Institut Teknologi Bandung.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Tania Stephanie

Just For You