Comscore Tracker

Bahaya, Hentikan Minum Kopi Saat 5 Gejala Ini Kamu Rasakan!

Hentikan dahulu!

Kopi memang merupakan salah satu minuman yang digemari oleh banyak orang. Hal ini karena kopi mampu memberikan efek simultan hingga memberi rasa tenang saat meminumnya. Namun kopi pun mempunyai efek samping yang tidak bisa disepelekan. Saat 5 gejala ini menyertaimu, segera hentikan konsumsi kopi ya!

1. Jantung berdebar

Bahaya, Hentikan Minum Kopi Saat 5 Gejala Ini Kamu Rasakan!healthxchange.sg

Meminum kopi memang bisa menyebabkan jantung berdebar dan terasa tak nyaman. Hal ini karena kopi bisa menstimulasi sistem saraf untuk meningkatkan tekanan darah dan detak jantung pun menjadi cepat. Mungkin memang kondisi ini gak terlalu bahaya namun jantung berdebear terus-menerus bisa menyebabkan kesehatan terganggu dan oleh sebab itu sebaiknya hentikan dulu konsumsi kopi.

2. Gelisah

Bahaya, Hentikan Minum Kopi Saat 5 Gejala Ini Kamu Rasakan!Pexels/Pixabay

Kopi pun bisa membuat sebagian orang merasa gelisah meski banyak juga yang merasa semangat. Karena kopi bisa mengaktifkan berbagai saraf seperti kelenjar pituitari misalnya. Hal ini menyebabkan keseimbangan tubuh menjadi terganggu. Ketika ada benda asing hormon adrenalin akan aktif dan menyebabkan detak jantung menjadi meningkat. Namun bila dibarengi dengan minum kopi kondisi stres pun akan menyebabkan detak jantungmu meningkat sehingga timbul gelisah karena tubuh tidak mampu mentolerir detak jantung yang cepat itu.

3. Saluran kemih terganggu

Bahaya, Hentikan Minum Kopi Saat 5 Gejala Ini Kamu Rasakan!Pexels/Pixabay

Konsumsi kopi pun bisa menyebabkan gangguan saluran kemih karena kopi merupakan zat diuretik yang bisa menyebabkan buang air kecil menjadi sering. Tentunya kamu pun akan mengalami kekurangan cairan bila ginjal terus mengeluarkan urin. Nah untuk mengatasinya hentikan sementara konsumsi kopi dan penuhi kebutuhan cairanmu segera agar terhindar dehidrasi.

Baca Juga: 5 Manfaat Kopi Bagi Ibu Hamil, Gak Selalu Berbahaya

4. Insomnia

Bahaya, Hentikan Minum Kopi Saat 5 Gejala Ini Kamu Rasakan!lifeextension.com/

Saat mengantuk orang-orang cenderung meminum kopi untuk mengurangi rasa kantuk tersebut. Namun konsumsi kopi yang banyak akan menyebabkan sulit tidur apalagi bila esoknya aktivitasmu padat. Hal ini karena kafein yang terdapat dalam kopi akan membuat otak bekerja lebih lama sehingga otak tak mudah mengantuk. Kalau sudah begini tentu kesehatanmu bisa terganggu apalagi bila insomnia terjadi setiap hari. Segera hentikan konsumsi kopi untuk sementara waktu agar kamu tidak mengalami insomnia.

5. Kepala sakit

Bahaya, Hentikan Minum Kopi Saat 5 Gejala Ini Kamu Rasakan!medicalnewstoday.com

Kopi memang mengandung kadar kafein yang tinggi. Meski bisa meredakan sakit kepala namun ternyata kopi pun bisa menyebabkan sakit kepala. Konsumsi kopi memang harusnya paling banyak 2 cangkir setiap harinya.

Lebih dari itu, kopi bisa sebabkan pembulu darah di otak mengalami penyempitan sehingga aliran darah menjadi lambat. Nah biasanya aliran darah yang lambat di otak ini bisa menyebabkan sakit kepala bahkan migrain. Oleh sebab itu lebih baik konsumsi kopi secukupnya saja atau lebih baik berhenti untuk sementara waktu.

Sudah tahu?

Baca Juga: 12 Fakta Ilmiah Kafein dalam Kopi yang Bikin Susah Tidur

Indah Shaliha Photo Verified Writer Indah Shaliha

Student Postgraduate Pharmacochemistry from Institut Teknologi Bandung.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Agustin Fatimah

Just For You