Comscore Tracker

Jangan Dipaksakan, 5 Tanda Kelelahan Otak Ini Harus Kamu Waspadai

Bisa bikin penyakit mental datang!

Otak merupakan organ manusia yang berharga karena berfungsi mengoordinasi tubuh.

Namun karena padatnya aktivitas banyak manusia yang tidak menyadari bila kelelahan otak telah terjadi. Padahal saat otak lelah dan terus dibiarkan bukan tak mungkin penyakit mental seperti depresi tidak hadir.

Atasi sebelum terlambat, berikut 5 ciri-ciri otak sedang mengalami lelah. Yuk cari tahu!

1. Tidak produktif

Jangan Dipaksakan, 5 Tanda Kelelahan Otak Ini Harus Kamu WaspadaiPexels/Kaboompics

Saat otak dalam kondisi yang fit pastinya kerja apapun pasti kamu lakukan dengan sungguh-sungguh dan produktif.

Namun saat kelelahan biasanya kerjamu menjadi tidak produktif dan kamu merasa lelah padahal tidak melakukan suatu aktivitas yang berat. Kamu harus waspadai karena bisa saja kelelahan otak sedang terjadi. Ada baiknya jangan dipaksakan dan sesekali beristirahat.

2. Kurang fokus

Jangan Dipaksakan, 5 Tanda Kelelahan Otak Ini Harus Kamu Waspadaibebrainfit.com/

Kelelahan otak pun akan mengakibatkan kamu kurang fokus dalam mengerjakan sesuatu. Hal ini karena memang otak sedang tidak dalam kondisi prima dan yang diperlukan sebenarnya hanyalah istirahat dan tidak overthinking.

Masalah seberat apapun jangan terus kamu pikirkan sampai berlarut-larut karena akan membuat otakmu kelelahan dan stres atau depresi pun bisa hadir.

Baca Juga: 6 Cara Mudah Meningkatkan Fungsi dan Kesehatan Otak, Yuk Terapkan!

3. Sakit kepala

Jangan Dipaksakan, 5 Tanda Kelelahan Otak Ini Harus Kamu Waspadaihealthline.com

Ini merupakan gejala psikosomatik yaitu gejala fisik karena adanya masalah psikis dan rasa sakit kepalanya pun akan kian besar bila masalah semakin membuatmu stres. Bila keadaan terus dibiarkan seperti ini bukan tak mungkin penyakit lain hadir entah itu penyakit secara fisik maupun mental. Bila kondisi ini sedang hadir padamu sebaiknya jangan terus dipaksakan untuk bekerja.

4. Emosional

Jangan Dipaksakan, 5 Tanda Kelelahan Otak Ini Harus Kamu Waspadaisomeecard.com

Jangan sangka bila kelelahan otak tidak akan memberikan efek emosional. Hal ini karena saat otak lelah biasanya saraf akan menegang dan tekanan darah akan naik. Bila kedua kondisi ini hadir biasanya seseorang akan mudah emosi dan sensitif yang akhirnya siapapun yang tidak bersalah akan menjadi pelampiasan emosinya.

5. Pesimistik

Jangan Dipaksakan, 5 Tanda Kelelahan Otak Ini Harus Kamu Waspadaiquora.com

Bahkan kondisi otak yang lelah akan membuat pengidapnya pesimis dalam menjalani kehidupan. Maka jangan heran bila depresi akut akan mengintai bila keadaan seperti ini terus dibiarkan tanpa solusi.

Ada baiknya cobalah sesekali bersantai dan menikmati hidup agar otak tidak terus merasa lelah. Meski cobaan berat jangan sampai kamu membiarkan penyakit mental hadir dan menguasai kehidupan warasmu.

Kesehatan ada hubungannya dengan pola pikir seseorang. Oleh sebab itu biarkan sesekali otak beristirahat dan bersantai karena manusia bukanlah robot yang harus bekerja tanpa henti.

Baca Juga: 5 Jenis Makanan Ini Dapat Meningkatkan Fungsi Otak, Bikin Cerdas

Indah Shaliha Photo Verified Writer Indah Shaliha

Student Postgraduate Pharmacochemistry from Institut Teknologi Bandung.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Just For You