Jangan Khawatir, Terapkan 5 Tips Saat Tubuh Sakit Usai Olahraga!

Sudah tahu belum?

Memang bukanlah hal yang aneh bila tubuh terasa sakit usai olahraga. Apalagi bila kamu jarang berolahraga, tentunya tubuh perlu penyesuaian lagi agar terbiasa. Rasa sakit biasanya di daerah persendian dan terasa ngilu bila digerakkan.

Tak perlu khawatir, terapkan  tips berikut ini saat tubuh terasa sakit pasca olahraga!

1. Konsumsi protein

Jangan Khawatir, Terapkan 5 Tips Saat Tubuh Sakit Usai Olahraga!nypost.com

Protein merupakan nutrisi yang penting untuk pembentukan otot. Biasanya saat otot terasa sakit usai olahraga, bisa saja asupan proteinmu kurang. Maka, tidak ada salahnya mengecek apakah memang kamu sudah cukup mengonsumsi protein atau belum. Jika belum, penuhi kebutuhan protein untuk mencegah rasa sakit usai olahraga.

2. Kompres bagian tubuh yang sakit dengan air hangat

Jangan Khawatir, Terapkan 5 Tips Saat Tubuh Sakit Usai Olahraga!depositphotos.com

Entah kompres panas atau dingin, keduanya sama-sama bermanfaat bagi otot dan persendian yang sakit. Kompres dingin bisa bantu meringankan bengkak pada otot usai berolahraga dan kompres panas bisa bantu otot relaksasi sehingga rasa sakitnya akan berkurang. Namun metode ini sifatnya hanya sementara saja dan ketika dihentikan boleh jadi nyeri otot kambuh lagi.

Baca Juga: 5 Manfaat Kesehatan Olahraga sebelum Tidur, Yuk Jadikan Rutinitas!

3. Berolahraga yang ringan saja

Jangan Khawatir, Terapkan 5 Tips Saat Tubuh Sakit Usai Olahraga!piedmontlifestyle.com

Saat terasa sakit pasca olahraga adalah hal yang salah jika kamu malah menghabiskan waktu hanya tiduran saja. Justru harusnya saat persendian terasa sakit kamu harus mengatasinya dengan berolahraga lagi. Namun pastikan olahraga yang kamu lakukan yang ringan-ringan saja seperti bersepeda dan jogging misalnya. Hal ini akan membantu proses penyembuhan sendi yang sakit jadi lebih cepat lho!

4. Konsumsi air putih

Jangan Khawatir, Terapkan 5 Tips Saat Tubuh Sakit Usai Olahraga!womenshealth.au

Banyak penelitian yang mengungkapkan ada hubungan antara rasa sakit persendian dengan dehidrasi. Saat kebutuhan air dalam tubuh tercukupi, maka otot-otot serta persendianmu tidak akan merasa sakit. Pasalnya saat olahraga, otot-otot akan mengeluarkan racun dan menyebabkan rasa sakit. Maka dengan konsumsi air putih racun-racun dalam otot akan keluar dengan lebih mudah melalui keringat atau urine.

5. Lakukan pemanasan

Jangan Khawatir, Terapkan 5 Tips Saat Tubuh Sakit Usai Olahraga!popsugar.com

Rasa sakit pada sendi dan otot usai olahraga bisa saja terjadi karena kamu tidak melakukan pemanasan. Oleh sebab itu penting sekali melakukan pemanasan sebelum olahraga untuk menghindari otot-otot yang kaku.

Olahraga akan membuat otot berkontraksi sehingga memendek dan inilah yang menyebabkan rasa sakit tersebut. Ketika kamu melakukan pemanasan, maka otot dan sendi akan sedikit lebih rileks dan tidak akan terlalu terasa sakit sesudahnya.

Tubuhmu sedang kesakitan pasca berolahraga? Yuk ikuti tips di atas untuk meredakannya.

Baca Juga: Ini 7 Olahraga Ringan yang Paling Cocok untuk Orang Sibuk, Gak Ribet!

Indah Shaliha Photo Community Writer Indah Shaliha

Student Postgraduate Pharmacochemistry from Institut Teknologi Bandung. Email : shalihaindah@gmail.com. Jasa makeup artist murah hubungi my instagram: instagram.com/indahshaliha. Thanks for reading my articles

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Just For You