Comscore Tracker

5 Kesalahan Olahraga Ini Harus Ditinggalkan, Bikin Sendi Bahaya!

Penggemar olahraga, sudah tahu belum?

Salah satu cara untuk menjaga tubuh tetap bugar adalah dengan berolahraga tentunya. Namun tak semua latihan olahraga bisa membuat tubuh bugar dan sehat karena jika kita salah dalam berolahraga tetap akan membahayakan sendi. Sikapi dengan cermat, berikut 5 kesalahan dalam berolahraga yang akan membuat sendi menjadi bermasalah! Jangan sampai salah lagi ya!

1. Lewatkan pemanasan, streching dan pendinginan

5 Kesalahan Olahraga Ini Harus Ditinggalkan, Bikin Sendi Bahaya!healthline.com/

Sebagian orang seringnya menyepelekan pemanasan, streching bahkan pendinginan. Padahal bila hal ini dilewatkan hanya akan menyebabkan sendi menjadi cidera. Fungsi pemanasan sendiri adalah menyiapkan tubuh agar siap berolahraga serta melancarkan sirkulasi darah dari otot ke sendi. Untuk streching sendiri sebenarnya bertujuan untuk elastisitas sendi serta pendinginan bertujuan mengembalikan detak jantung. Nah saat kamu men-skip semuanya tentunya keseimbangan tubuh bisa saja terganggu.

2. Selalu melakukan latihan yang sama

5 Kesalahan Olahraga Ini Harus Ditinggalkan, Bikin Sendi Bahaya!Pexels/Wiliam

Biasanya kita akan puas saja melakukan satu latihan karena sudah menguasainya. Namun ternyata ini salah karena latihan yang sama terus-menerus akan membuat sendi cidera karena terus-menerus melakukan aktivitas dengan otot yang sama. Oleh sebab itu variasikan latihan agar semua otot tubuh bisa bergerak dengan intensitas yang berbeda.

Baca Juga: 7 Mitos Fitness Ini Pasti Telanjur Kamu Percaya dan Lakukan, Ngaku Aja

3. Terlalu keras pada permulaan

5 Kesalahan Olahraga Ini Harus Ditinggalkan, Bikin Sendi Bahaya!Pexels/Chevanon

Biasanya kita sering terlalu bersemangat saat permulaan. Sehingga tanpa sadar kita melakukan aktivitas olahraga yang keras saat mula-mula padahal ini salah. Harusnya saat permulaan lakukan secara pelan-pelan sampai tubuh mampu beradaptasi. Terlalu keras berolahraga di awal hanya akan membuat masalah pada persendian, tulang serta otot. Nah lakukan frekuensi latihan dari lambat sampai naik terus dan tingkatkan ritme kerja otot.

4. Teknik yang digunakan kurang tepat

5 Kesalahan Olahraga Ini Harus Ditinggalkan, Bikin Sendi Bahaya!Pexels/Johny Garcia

Jika kita tidak tahu mengenai teknik yang akan digunakan saat berolahraga, maka ada baiknya bertanya saja pada petugas atau instruktur gym. Karena salah teknik atau salah dalam menggunakan alat hanya akan membuat risiko sendi cedera semakin besar. Bukan hanya dari teknik semata, perhatikan juga penggunaan sepatu saat berolahraga. Karena bila kita tidak menggunakan sepatu yang tepat, tentu saja sendi pun tetap dapat bermasalah.

5. Selalu lakukan high impact

5 Kesalahan Olahraga Ini Harus Ditinggalkan, Bikin Sendi Bahaya!82sport.com

Sebenarnya latihan high impact atau loncat tali itu bagus untuk kekuatan tulang dan bantu cegah osteoporosis. Namun bila terlalu sering melakukannya bisa saja sendi menjadi cidera. Nah oleh sebab itu lakukan latihan ini secukupnya saja jangan berlebihan karena sendimu sedang dipertaruhkan. Sebaiknya lakukan latihan lain juga agar tubuh pun tetap terjaga keseimbangannya.

Yuk terapkan!

Baca Juga: Otot Pegal Karena Fitness? Begini 6 Cara Cepat untuk Meredakannya!

Indah Shaliha Photo Verified Writer Indah Shaliha

Someone who loves writing and pottery

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Indra Zakaria

Berita Terkini Lainnya