Comscore Tracker

Makin Sehat, 5 Makanan Ini Bantu Seimbangkan Hormon Tubuh!

Yuk konsumsi!

Hormon amat penting untuk proses regulasi dan metabolisme dalam tubuh. Ketika kadar hormon di dalam tubuh tidak seimbang, tentunya kita akan mengalami berbagai masalah seperti mudah merasa lelah, munculnya jerawat, hingga menstruasi yang tidak teratur.

Salah satu cara yang bisa dilakukan untuk menyeimbangkan kadar hormon di dalam tubuh yaitu dengan mengonsumsi 5 makanan sehat berikut ini.

1. Pomegranate

Makin Sehat, 5 Makanan Ini Bantu Seimbangkan Hormon Tubuh!myjewishlearning.com

Buah pomegranat biasanya dikenal dengan buah delima. Nyatanya buah berwarna merah ini mempunyai andil dalam menyeimbangkan kadar hormon di dalam tubuh.

Salah satu manfaat yang bisa dirasakan dengan mengonsumsi buah ini adalah mampu mengurangi kadar hormon estrogen yang berlebih di dalam tubuh sehingga mengurangi berbagai masalah seperti siklus menstruasi yang kurang teratur misalnya.

Tak hanya itu, ternyata buah ini pun mampu mencegah munculnya sel kanker yang disebabkan karena kadar hormon yang tidak seimbang.

2. Salmon

Makin Sehat, 5 Makanan Ini Bantu Seimbangkan Hormon Tubuh!Pexels/isabella mendes

Ikan segar yang berasal dari laut ini memang nikmat. Tak hanya nikmat, ikan salmon pun bermanfaat menyeimbangkan kadar hormon di dalam tubuh.

Zat yang memiliki manfaat besar ini adalah omega 3. Berkat omega 3, kadar hormon kortisol yang berlebih di dalam tubuh bisa seimbang. Diketahui hormon kortisol yang berlebihan di dalam tubuh bisa memicu penyakit jantung dan diabetes sehingga mengonsumsi ikan salmon penting adanya.

Baca Juga: Anti Cenat-Cenut, Seimbangkan 4 Hormon Ini Agar Hidup Lebih Bahagia 

3. Kunyit

Makin Sehat, 5 Makanan Ini Bantu Seimbangkan Hormon Tubuh!Pexels/Pixabay

Selain berfungsi sebagai bumbu makanan, ternyata kunyit pun memiliki manfaat lain yang tak kalah penting yaitu mampu menyeimbangkan kadar hormon estrogen di dalam tubuh.

Berkat mengonsumsi kunyit, kadar hormon estrogen yang berlebih bisa dicegah. Konon hormon ini bila berlebihan di dalam tubuh bisa menyebabkan rasa sakit saat menstruasi. Tak hanya itu, kunyit pun memiliki andil dalam membantu hati atau lever agar tetap sehat.

4. Selada

Makin Sehat, 5 Makanan Ini Bantu Seimbangkan Hormon Tubuh!Pexels/Kaboompics

Ternyata selada juga dapat membantu menyeimbangkan kadar hormon dalam tubuh karena kandungan nutrisinya yang banyak. Selada mengandung vitamin A, B6, K serta mineral penting seperti kalsium dan tembaga. Adanya kombinasi serat dan antioksidan yang tinggi dalam selada mampu membantu seimbangkan hormon dan mengatur mood swing saat menstruasi.

5. Brokoli

Makin Sehat, 5 Makanan Ini Bantu Seimbangkan Hormon Tubuh!Pexels/Buonesia Carol

Seperti yang kita tahu bila brokoli memiliki manfaat yang banyak untuk kesehatan. Berbagai manfaat yang bisa kita rasakan adalah brokoli mampu melawan sel kanker, mencegah penyakit jantung, hingga stroke.

Tentunya brokoli pun bermanfaat untuk menyeimbangkan kadar hormon di dalam tubuh. Salah satunya yaitu menyeimbangkan kadar hormon estrogen.

Itulah beberapa makanan sehat yang bisa membantu mengatur sistem hormonal tubuhmu. Konsumsilah untuk mendukung kesehatan tubuh.

Baca Juga: 5 Cara Mudah Tingkatkan Kadar Hormon Testoteron, Cowok Harus Tahu Nih!

Indah Shaliha Photo Verified Writer Indah Shaliha

Student Postgraduate Pharmacochemistry from Institut Teknologi Bandung.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Just For You