Comscore Tracker

Jangan Begadang, Ini 5 Manfaat Kesehatan Saat Kamu Tidur Cukup!

Banyak manfaatnya!

Seperti yang kita tahu bila istirahat terbaik adalah tidur. Para ahli menganjurkan untuk tidur sebanyak 8 jam sehari agar tubuh kembali bugar serta siap beraktivitas. Namun tidur ternyata memiliki manfaat lain yang tidak banyak kamu sadari. Berikut lima manfaat tidur untuk kesehatan tubuhmu, apa saja ya kira-kira?

1. Tubuh jadi langsing

Jangan Begadang, Ini 5 Manfaat Kesehatan Saat Kamu Tidur Cukup!Pexels/sebastian voortman

Mendapatkan tubuh langsing pastinya keinginan yang dimiliki setiap orang. Ada banyak cara untuk membuat tubuh menjadi langsing yaitu dengan olahraga, menjaga asupan makanan dan tidur cukup. Faktanya tidur cukup memang bisa membuat tubuhmu langsing karena hormon tubuh tetap seimbang. Saat kamu kurang tidur justru risiko kegemukan pun akan kamu dapatkan.

2. Daya tahan tubuh membaik

Jangan Begadang, Ini 5 Manfaat Kesehatan Saat Kamu Tidur Cukup!Pixabay/Pexels

Di musim pancaroba seperti sekarang tentunya berbagai penyakit bisa datang. Salah satu cara menjaga tubuh tetap sehat adalah tidur yang cukup. Hal ini karena saat tidur cukup maka daya tahan tubuh semakin baik dan optimal kerjanya. Oleh sebab itu orang-orang yang tidur cukup akan terhindar dari berbagai macam penyakit. Nah jangan dibiasakan untuk begadang ya!

3. Umur semakin panjang

Jangan Begadang, Ini 5 Manfaat Kesehatan Saat Kamu Tidur Cukup!Pexels/Rawpixel

Nyatanya tidur yang cukup pun membuat umur semakin panjang. Hal ini karena saat tidur cukup biasanya risiko berbagai penyakit seperti tekanan darah tinggi dan kolesterol bisa menurun. Sebaliknya ketika kamu sering kurang tidur maka risiko kedua penyakit tersebut akan semakin besar dan serangan jantung pun bisa datang kapan saja.

4. Hindari stres

Jangan Begadang, Ini 5 Manfaat Kesehatan Saat Kamu Tidur Cukup!Pexels/Chinmay Singh

Faktanya tidur yang cukup pun akan membuat stres berkurang. Hal ini karena tidur akan memperbaiki mood yang berantakan. Selain itu ketika kamu kurang tidur, kadar hormon serotonin akan menurun. Sedangkan seperti yang kita tahu serotonin bertanggung jawab untuk mengatur mood. Ketika kurang tidur kadar hormon ini berkurang dan kamu bisa mudah mengalami depresi.

5. Kemampuan otak meningkat

Jangan Begadang, Ini 5 Manfaat Kesehatan Saat Kamu Tidur Cukup!sheknows.com/

Tidur yang cukup pun bisa meningkatkan kerja otak menjadi optimal. Nah saat kamu kesulitan untuk berkonsentrasi hal itu bisa jadi dikarenakan karena kamu kurang tidur. Selain itu tidur yang cukup pun bisa meningkatkan kemampuan kognitif dan meningkatkan daya ingat sehingga kamu gak mudah pikun.

Yuk terapkan!

Baca Juga: Waspada 7 Penyebab Kematian saat Tidur, Bisa Dialami Siapa Saja

Indah Shaliha Photo Verified Writer Indah Shaliha

Someone who loves writing and pottery

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Tania Stephanie

Berita Terkini Lainnya