Comscore Tracker

5 Mitos Tentang Kanker Payudara Ini Sebaiknya Tidak Kamu Percaya

Cari tahu dulu kebenarannya!

Kanker payudara memang banyak membunuh wanita dan kerap tak disadari saat gejalanya datang. Namun meski begitu bukan berarti kamu paranoid dan menyangka semua hal yang beredar di masyarakat itu benar.

Nah, ini 5 mitos tentang kanker payudara yang sebaiknya tidak kamu percaya, sudah tahu belum?

1. Radiasi smartphone bisa timbulkan kanker payudara

5 Mitos Tentang Kanker Payudara Ini Sebaiknya Tidak Kamu PercayaPexels/Mentat dgt

Banyak isu yang beredar di masyarakat bila radiasi ponsel bisa menimbulkan kanker payudara. Hal ini karena biasanya banyak perempuan yang menyimpan ponsel di dada sehingga banyak yang khawatir bila hal tersebut menimbulkan kanker.

Padahal hal itu belum terbukti benar karena radiasi ponsel sama dengan radiasi cahaya dan infra merah yang bersifat nonionik sehingga belum ada bukti bila ponsel menyebabkan kanker payudara.

2. Kanker payudara selalu diawali dengan adanya benjolan

5 Mitos Tentang Kanker Payudara Ini Sebaiknya Tidak Kamu Percayaleadership.com

Ini merupakan sesuatu yang salah karena kanker payudara tak selalu diawali dengan benjolan. Selain itu saat payudara memiliki benjolan bisa saja itu kista payudara dan tidak selalu berlalu kanker payudara. Oleh sebab itu, penting adanya untuk langsung memeriksakan hal ini pada dokter agar kamu bisa tahu apakah memang ini kanker atau bukan.

Baca Juga: 5 Mitos yang Beredar Seputar Diet Vegetarian, Gak Benar Lho!

3. Minum air panas dari botol plastik bisa timbulkan kanker

5 Mitos Tentang Kanker Payudara Ini Sebaiknya Tidak Kamu PercayaPixabay/Engin Akyurt

Banyak juga yang ketakutan dan mengaitkan air panas yang dimasukkan ke dalam botol plastik bisa menyebabkan kanker bila diminum. Hal ini karena botol plastik salah satunya terbuat dari bisphenol dan katanya bisa bereaksi dengan hormon tubuh hingga menimbulkan kanker payudara.

Padahal ini adalah hal yang belum benar adanya karena air hangat yang diminum dalam botol plastik tidak berbahaya karena komponen plastik yang tercampur dalam air sangat sedikit jumlahnya.

4. Kanker payudara merupakan faktor genetik

5 Mitos Tentang Kanker Payudara Ini Sebaiknya Tidak Kamu Percayamedicalnewstoday.com

Banyak orang percaya bila kanker payudara merupakan penyakit genetik dan diturunkan oleh ibu pada sang anak. Padahal hal ini tidak selalu benar karena jumlah penderita kanker payudara yang berasal dari keturunan hanya 5 persen saja.

Meski begitu kamu memang harus waspada namun bukan berarti bila ibumu memiliki kanker payudara maka kamu seketika itu juga sama-sama memiliki kanker. Karena faktor gaya hidup jauh lebih berpengaruh daripada faktor genetik semata.

5. Bra yang memiliki kawat bisa picu kanker

5 Mitos Tentang Kanker Payudara Ini Sebaiknya Tidak Kamu Percayamedicalnewstoday.com

Hal terakhir ini jelas merupakan mitos karena penggunaan bra berkawat tidak terbukti menyebabkan kanker payudara. Banyak orang beranggapan bila kawat pada bra bisa menghambat aliran getah bening sehingga banyak racun yang menumpuk di payudara.

Padahal itu tidaklah benar namun yang pasti penggunaan kawat pada bra memang bisa menyebabkan payudara terasa sakit, tidak nyaman dan bengkak.

Sudah tahu kan?

Baca Juga: 6 Cara Sederhana Cegah Kanker Payudara, Cewek Harus Tahu Nih!

Indah Shaliha Photo Verified Writer Indah Shaliha

Student Postgraduate Pharmacochemistry from Institut Teknologi Bandung.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Arifina Aswati

Just For You