Comscore Tracker

Ngeri, 5 Gejala Serangan Jantung Ini Perlu Kamu Perhatikan!

Karena kalau tidak diperhatikan, akan berakibat fatal

Jantung merupakan organ yang amat penting karena fungsinya memompa darah ke seluruh tubuh. Ketika fungsi jantung terganggu tentunya jelas membahayakan tubuh kita karena sirkulasi darah dan asupan oksigen terancam.

Cegah sebelum terjadi, ini 6 gejala serangan jantung yang harus kamu waspadai karena akibatnya fatal!

1. Perut mual

Ngeri, 5 Gejala Serangan Jantung Ini Perlu Kamu Perhatikan!inhalemd.com

Saat gejala serangan jantung datang, biasanya perut terasa mual, muntah dan terjadinya gangguan pencernaan. Biasanya perasaan tak nyaman di perut akan semakin besar, namun gejala ini seringnya terjadi pada wanita bukan pria.

Saat merasa mual ada baiknya cepat-cepat periksa ke dokter karena bisa saja mual ini dikarenakan jantung sedang tidak berfungsi dengan baik.

2. Sakit punggung, perut, dan tangan

Ngeri, 5 Gejala Serangan Jantung Ini Perlu Kamu Perhatikan!rd.com

Biasanya saat serangan jantung datang, semua sel-sel saraf akan memberikan rasa sakit sebagai tanda bahwa kondisimu sedang tidak membaik. Sirkulasi darah akan terhambat dan asupan oksigen mulai terhenti ke seluruh tubuh dan bila terus dibiarkan bukan tak mungkin hal fatal seperti kematian hadir.

Namun sayangnya sebagian orang mengabaikan rasa sakit di daerah punggung, tangan, serta perut padahal hal ini merupakan gejala gangguan jantung yang terjadi padamu.

Baca Juga: 5 Alasan Kenapa Berjalan Kaki Sangat Penting untuk Kesehatan Jantung

3. Napas berubah menjadi pendek

Ngeri, 5 Gejala Serangan Jantung Ini Perlu Kamu Perhatikan!medicalnewstoday.com

Nah, saat aktivitas ringan yang sedang kamu kerjakan sudah membuatmu kehabisan napas dan tersengal-sengal bisa saja hal ini mengindikasikan kalau kamu sedang sakit jantung. Hal ini dikarenakan terhambatnya aliran darah dan kurangnya asupan oksigen ke seluruh tubuh sehingga akhirnya napasmu memendek. Kalau sudah begini kamu memerlukan alat EKG yang bisa membantumu bernapas dan membuang karbondioksida.

4. Kelelahan

Ngeri, 5 Gejala Serangan Jantung Ini Perlu Kamu Perhatikan!verywellmind.com

Gejala serangan jantung pun akan tampak saat kamu terus merasa lelah padahal tidak melakukan sesuatu hal yang berarti. Hal ini dikarenakan aliran darah yang menuju jantung menjadi berkurang yang akhirnya otot-otot tubuh pun akan merasa stres. Nah, stres yang dihasilkan ini menyebabkan kamu menjadi lelah meski tidak beraktivitas yang berat.

5. Sakit pada leher, rahang, serta tenggorokan

Ngeri, 5 Gejala Serangan Jantung Ini Perlu Kamu Perhatikan!webmd.com

Terakhir, ternyata gejala serangan jantung bisa ditandai dengan nyeri leher, rahang serta tenggorokan. Apalagi saat tenggorokanmu terasa sesak dan tak nyaman tentunya kamu harus cepat-cepat memeriksakan diri ke dokter karena kalau tidak kondisimu bisa fatal.

Nah gejala ini biasanya sering terjadi pada penderita diabetes yang sudah mengalami komplikasi ke daerah jantung.

Yuk waspadai sebelum terlambat!

Baca Juga: 5 Kebiasaan Sederhana Ini Bisa Menyehatkan Jantung, Lakukan Rutin Ya!

Indah Shaliha Photo Verified Writer Indah Shaliha

Student Postgraduate Pharmacochemistry from Institut Teknologi Bandung.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Just For You