Comscore Tracker

Hati-hati, Ini 5 Tanda Penyakit Serius Saat Urin Berbau Menyengat

Tenang, jangan panik dulu!

Salah satu indikator penyakit serius biasanya dilihat dari urin. Jika warna urin cenderung gelap dan berbau menyengat boleh jadi kamu sedang mengidap penyakit serius dan tidak boleh diabaikan begitu saja. Berikut 5 kemungkinan penyakit yang diidap saat warna urinmu gelap dan baunya sangat menyengat!

1. ISK

Hati-hati, Ini 5 Tanda Penyakit Serius Saat Urin Berbau Menyengatwomenshealth.gov

Kemungkinan pertama tentunya kamu mengidap penyakit infeksi saluran kemih. Penyakit ini merupakan penyakit yang timbul karena pada saluran kemih ada bakteri patogen. Biasanya gejala yang ditimbulkan adalah urin berbau menyengat dan sakit perut bagian bawah. Jika gejala itu kamu rasakan sebaiknya segera konsultasikan ke dokter agar masalahmu bisa segera teratasi.

2. Diabetes

Hati-hati, Ini 5 Tanda Penyakit Serius Saat Urin Berbau Menyengatspeciosa.org/

Seperti yang kita tahu bila pengidap diabetes memang memiliki urin yang mengandung gula atau biasa disebut kencing manis. Hal ini karena gula darah yang tinggi tidak bisa diubah menjadi energi akibat tidak adanya insulin. Alhasil gula ini dibuang lewat urin dan biasanya berbau manis karena bercampur dengan gula.

Baca Juga: 6 Warna Urine Ini Bisa Tunjukkan Kondisi Kesehatan Tubuhmu

3. Fenilketonuria

Hati-hati, Ini 5 Tanda Penyakit Serius Saat Urin Berbau Menyengatallcarept.com/

Penyakit ini terjadi karena kelainan genetik di mana penderita tak mampu memproduksi enzim pengurai fenilalanin. Penyakit ini biasanya bisa dilihat pertama kali lewat urinnya yang berbau menyengat, kulit bahkan rambutnya pun berbau tidak sedap. Saat penyakit ini dibiarkan begitu saja kemungkinan si penderita akan mengalami kerusakan otak secara permanen.

4. Liver

Hati-hati, Ini 5 Tanda Penyakit Serius Saat Urin Berbau Menyengatmedicalnewstoday.com

Penderita penyakit liver atau hati pun menghasilkan urin yang berbeda yaitu cenderung berwarna gelap seperti warna cola atau oranye. Tak hanya dari urin, biasanya penderita liver sering mengalami sakit perut bagian kanan. Nah saat gejala ini terjadi, sebaiknya segera periksakan ke dokter karena liver pain merupakan penyakit yang serius mengingat hati memiliki banyak fungsi seperti mengeluarkan racun dalam tubuh.

5. Kencing sirup mapple

Hati-hati, Ini 5 Tanda Penyakit Serius Saat Urin Berbau Menyengatfimela.com

Penderita penyakit kencing sirup mapple cenderung menghasilkan urin yang berbau menyengat seperti sirup mapple. Hal ini karena tubuh kekurangan enzim yang berfungsi sebagai pemecah protein dan merupakan suatu penyakit genetik yang belum ada obatnya. Ketika penyakit ini tidak ditangani dengan baik sang penderita bisa saja mengalami kerusakan saraf bahkan kematian.

Yuk kenali tanda-tandanya!

Baca Juga: 8 Cara Mengobati dan Mencegah Infeksi Saluran Kencing, Mudah Dilakukan

Indah Shaliha Photo Community Writer Indah Shaliha

Student Postgraduate Pharmacochemistry from Institut Teknologi Bandung. Email : shalihaindah@gmail.com. Follow my instagram: instagram.com/indahshaliha. Thanks for reading my articles

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Tania Stephanie

Just For You