Comscore Tracker

5 Tips Berolahraga yang Baik Bagi Penderita GERD, Jangan Asal!

Yuk terapkan!

Olahraga memang sangat diperlukan oleh tubuh agar tubuh selalu sehat dan kuat. Namun bagi penderita asam lambung atau GERD perlu berhati-hati saat berolahraga. Hal ini karena beberapa olahraga yang relatif berat bisa meningkatkan kadar asam lambung sehingga tentunya berbahaya.

Tetaplah berhati-hati dan terapkan 5 tips berikut saat berolahraga, ya!

1. Pilih olahraga yang ringan saja

5 Tips Berolahraga yang Baik Bagi Penderita GERD, Jangan Asal!popsugar.com

Ada baiknya saat kamu menderita gangguan asam lambung pilihlah olahraga yang ringan karena sebagaimana yang sudah disinggung sebelumnya olahraga berat malah akan menaikkan kadar asam lambung.

Pilih olahraga yang ringan seperti jogging, yoga, bersepeda atau berenang. Hindari olahraga yang berat seperti crossfit atau muaythai misalnya.

2. Jaga hidrasi jangan sampai tubuh kekurangan cairan

5 Tips Berolahraga yang Baik Bagi Penderita GERD, Jangan Asal!womenshealth.au

Entah kamu memiliki gangguan asam lambung atau tidak, minum memang suatu keharusan karena kekurangan cairan akan memberikan dampak yang fatal bagi tubuh.

Nah, untuk penderita asam lambung, meminum air putih bermanfaat untuk membersihkan esofagus dan mengurangi gejala-gejala asam lambung. Namun minumlah sedikit-sedikit agar perut tidak kembung dan perih ya!

Baca Juga: Sering Disamakan, Ini Beda Penyakit Asam Lambung GERD dan Maag

3. Atur pola makan seimbang

5 Tips Berolahraga yang Baik Bagi Penderita GERD, Jangan Asal!healthylifeinsider.com

Memiliki GERD berarti kamu harus selalu memperhatikan pola makan dan makanan apa saja yang perlu kamu konsumsi. Biasakan untuk selalu makan-makanan sehat dan makanlah 2 jam sebelum olahraga.

Tujuannya adalah untuk meminimalisir makanan yang belum dicerna naik lagi ke esofagus dan menyebabkan rasa mual. Kamu pun bisa berolahraga saat perut memang kosong dan jangan pula buru-buru makan sesudah olahraga sampai suhu tubuh normal kembali.

4. Konsul pada ahli medis

5 Tips Berolahraga yang Baik Bagi Penderita GERD, Jangan Asal!pennmedicine.com

GERD memang bisa membuat perut sangat sakit oleh sebab itu penting adanya berkonsultasi ke ahli medis obat apa yang bisa meminimalisir rasa sakit agar olahraga bisa kamu lakukan tanpa gangguan. Ketika perut terasa sakit jangan diabaikan karena gejala yang parah bisa menyerang jantung.

5. Perhatikan reaksi tubuh

5 Tips Berolahraga yang Baik Bagi Penderita GERD, Jangan Asal!piedmontlifestyle.com

Terkadang kita pasti bosan jika olahraga hanya satu latihan saja. Boleh-boleh saja mencoba jenis olahraga lain namun pastikan tubuh sudah menerimanya. Cobalah jenis olahraga lain pelan-pelan dan jika tubuh sudah menerima maka kamu bisa lanjut latihan.

Namun bila saat mencoba jenis olahraga lain perutmu terasa perih maka sebaiknya hentikan jangan dilanjutkan.

Itulah tips berolahraga yang baik dan aman buat penderita GERD. Semoga kondisimu lekas membaik, ya!

Baca Juga: 8 Makanan Penyebab Asam Lambung Naik, Hindari ya!

Indah Shaliha Photo Verified Writer Indah Shaliha

Student Postgraduate Pharmacochemistry from Institut Teknologi Bandung.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Arifina Aswati

Just For You