5 Zat Kimia dalam Sunscreen Ini Bahaya Bagi Kesehatan Kulit Lho!

Wajib tahu lho!

Sinar matahari memang memiliki dua kandungan utama yaitu sinar UVA dan UVB. Kedua substansi ini diketahui memang dapat merusak kulit yaitu menyebabkan kulit terbakar, kusam bahkan bisa juga menyebabkan kanker kulit. Salah satu solusi untuk masalah ini memang dengan menggunakan sunscreen.

Namun sayangnya sunscreen mengandung substansi kimia yang berbahaya bagi kulit dan tak jarang menimbulkan berbagai penyakit. Berikut 5 bahan kimia dalam sunscreen yang bisa mengancam kesehatan, yuk simak!

1. Oxtinocate

5 Zat Kimia dalam Sunscreen Ini Bahaya Bagi Kesehatan Kulit Lho!cheatsheet.com/

Banyak produk sunscreen yang menggunakan bahan kimia ini untuk mengurang efek bahaya dari sinar UVB. Namun sayangnya bahan kimia ini mengandung efek samping yaitu endocrine dissruptors yang biasanya bisa menyebabkan kanker dan gangguan bagi para ibu hamil. Dengan adanya potensi berbahaya ini biasanya sunscreen dengan kandungan zat oxtinocate dilarang penggunaannya bagi ibu hamil dan anak-anak.

2. Octocrylene

5 Zat Kimia dalam Sunscreen Ini Bahaya Bagi Kesehatan Kulit Lho!treehugger.com/

Memang sih substansi ini bisa melindungi kulit dari paparan sinar matahari namun sayangnya zat ini malah memproduksi oksigen radikal yang bisa menyerang sel sehat. Tak hanya bisa merusak sel, ternyata senyawa ini pun bisa menyebabkan mutasi gen dan racun bagi lingkungan sekitar. Ada baiknya penggunaan sunscreen dengan bahan aktif ini tidak terlalu sering karena potensi bahayanya.

Baca Juga: Di Dalam Ruangan Gak Pelu Pakai? Ini 5 Mitos Tentang Sunscreen 

3. Retynil palmitate

5 Zat Kimia dalam Sunscreen Ini Bahaya Bagi Kesehatan Kulit Lho!colorescience.com/

Senyawa ini sebenarnya turunan dari vitamin A. Nah biasanya retynil palmitate juga menjadi bahan aktif sunscreen karena bisa melindungi kulit dari paparan sinar matahari. Namun sayangnya senyawa ini banyak yang rusak dan pecah saat terpapar sinar matahari dan berubah menjadi radikal. Padahal seperti yang kita tahu bila radikal bebas bisa merusak sel, DNA bahkan menyebabkan kanker.

4. Homosalate

5 Zat Kimia dalam Sunscreen Ini Bahaya Bagi Kesehatan Kulit Lho!consumerreports.org

Berbeda dengan yang lain, zat ini ditambahkan ke dalam sunscreen dengan tujuan untuk membantu proses penyerapan sunscreen pada kulit. Sayangnya, zat ini bila terus digunakan akan tertimbun dalam tubuh dan berubah menjadi racun. Tentunya hal ini membahayakan tubuh, bahkan zat ini pun bisa menyebabkan kadar hormon jadi tidak seimbang dan mengacaukan metabolisme tubuh.

5. PABA

5 Zat Kimia dalam Sunscreen Ini Bahaya Bagi Kesehatan Kulit Lho!mnn.com

PABA sebenarnya merupakan singkatan dari para amino benzoic acid dan zat kimia ini banyak ditambahkan dalam kosmetik serta sunscreen tentunya. Namun bila digunakan terlalu banyak bukannya melindungi kulit dari sinar UV yang ada justru substansi ini menyerap sinar UV dengan konsentrasi yang banyak dan menyebabkan penggelapan pada kulit. Zat kimia ini memang dinilai paling aman dibandingkan zat yang lainnya yang sering ditambahkan pada sunscreen.

Itulah fakta zat kimia berbahaya yang ada di sunscreen. Sudah cek kandungan sunscreen yang kamu pake?

Baca Juga: 5 Penyebab Kulit Tetap Terbakar Matahari Meski Sudah Gunakan Sunscreen

Indah Shaliha Photo Community Writer Indah Shaliha

Student Postgraduate Pharmacochemistry from Institut Teknologi Bandung. Email : shalihaindah@gmail.com. Follow my instagram: instagram.com/indahshaliha. Thanks for reading my articles

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Tania Stephanie

Just For You