Comscore Tracker

Hati-hati! 6 Bahaya Ini Mengintai Jika Tubuh Kekurangan Kalsium

Jaga asupan kalsium harianmu, ya!

Kalsium sering kali dikaitkan dengan kesehatan tulang dan gigi. Terlepas dari hal tersebut, kalsium memegang banyak peran penting dalam mempertahankan fungsi organ tubuh.

Normalnya, orang dewasa memerlukan asupan kalsium sebanyak 1.000 mg tiap harinya. Kurangnya kadar mineral kalsium dalam tubuh tentunya dapat menyebabkan gangguan kesehatan.

Ingin tahu lebih banyak tentang dampak buruk tubuh kekurangan kalsium terhadap kesehatan? Simak penjelasannya di bawah ini.

1. Osteoporosis

Hati-hati! 6 Bahaya Ini Mengintai Jika Tubuh Kekurangan Kalsiumfreepik.com/eranicle

Bahaya pertama yang timbul akibat kekurangan kalsium adalah meningkatnya risiko osteoporosis.

Melansir laman Pusat Data dan Informasi (Infodatin) Kementerian Kesehatan RI, osteoporosis adalah penurunan massa atau kepadatan tulang secara keseluruhan.

Kurangnya asupan kalsium menurunkan kadar kalsium dalam darah, menyebabkan tulang mengeluarkan kandungan kalsiumnya untuk mempertahankan keseimbangan kalsium tubuh. Apabila kondisi ini terjadi dalam waktu lama, maka timbul kerusakan arsitektur tulang, yang akan mengakibatkan penurunan kekuatan serta kepadatan tulang, membuat tulang keropos.

Yang membuat osteoporosis berbahaya adalah kondisi tersebut tidak menimbulkan gejala apa pun hingga akhirnya penderita mengalami patah tulang. Meski penyakit ini lebih sering menyerang lansia, tetapi faktanya osteoporosis bisa menyerang kelompok usia berapa pun jika kadar kalsium terus menurun tanpa perbaikan.

2. Kelelahan 

Hati-hati! 6 Bahaya Ini Mengintai Jika Tubuh Kekurangan Kalsiumpexels.com/Andrea Piacquadio

Berdasarkan studi yang diterbitkan dalam North American Journal of Medical Sciences,  rendahnya kadar kalsium terionisasi mengganggu keseimbangan mineral dalam darah. Hal ini mengakibatkan peningkatan kadar hormon PTH, menurunan kepadatan tulang, penurunan ekskresi kalsium urine, peningkatan ekskresi fosfat urine, dan penurunan kadar fosfat serum.

Beberapa kondisi tersebut menyebabkan tulang mengalami demineralisasi dan kelemahan otot. Kelelahan pada dasarnya adalah hasil akhir dari kelelahan otot. Oleh karena itu, jika mulai merasa lelah, istirahat sejenak untuk mengembalikan tenaga dan jangan lupa mengonsumsi makanan tinggi kalsium, ya!

Baca Juga: Mau Tulangmu Sehat? Selain Kalsium, Penuhi Juga 6 Nutrisi Ini

3. Gangguan pada kuku, rambut, dan kulit

Hati-hati! 6 Bahaya Ini Mengintai Jika Tubuh Kekurangan Kalsiumpexels.com/Skitterphoto

Meskipun terkenal sebagai mineral penyusun tulang, ternyata kalsium memiliki peran penting dalam mempertahankan kesehatan kulit, rambut, dan kuku.

Melansir Medical News Today, kekurangan kalsium yang berlangsung lama dapat menyebabkan kulit kering, kulit meradang, sehingga menimbulkan gatal atau bercak kering, dan eksem.

Selain itu, kuku menjadi kering, patah, dan rapuh bila kadar kalsium dalam tubuh rendah. Tidak hanya itu, rambut terasa kasar, mudah rontok, dan tak jarang menimbulkan kebotakan.

4. Gejala PMS yang parah

Hati-hati! 6 Bahaya Ini Mengintai Jika Tubuh Kekurangan Kalsiumpexels.com/Andrea Piacquadio

Apakah kamu sering mengalami gejala sindrom pramenstruasi (PMS) yang tergolong berat dan menyiksa? Bila ya, bisa jadi itu karena tubuhmu kekurangan kalsium.

Beberapa penelitian dalam jurnal Obstetrics and Gynecology Sciences menunjukkan bahwa kadar kalsium dalam darah lebih rendah selama 14 hari sebelum menstruasi.

Kekurangan kalsium dari siklus menstruasi dapat memperburuk gejala PMS karena bisa menimbulkan depresi, halusinasi, dan kegelisahan. Selain itu, diketahui asupan kalsium memiliki efek signifikan dalam meredakan gejala PMS seperti kram perut, sakit kepala, depresi, ketidakstabilan emosi, nyeri, dan sakit perut.

5. Gangguan otot

Hati-hati! 6 Bahaya Ini Mengintai Jika Tubuh Kekurangan Kalsiumfreepik.com/jcomp

Salah satu tanda apabila tubuh kekurangan kalsium adalah gangguan pada otot. Melansir MediciNet, kadar kalsium rendah dalam darah secara langsung meningkatkan rangsangan kedua ujung saraf dan otot yang dipersarafi.

Hal tersebut dapat menjadi faktor risiko kram spontan yang dialami oleh banyak orang dewasa dan lansia. Umumnya otot menjadi mudah nyeri, kram, dan kejang. Selain itu, timbul rasa nyeri di paha dan lengan saat berjalan atau bergerak. Tangan, lengan, kaki, dan tungkai, serta di sekitar mulut pun menjadi mati rasa dan terasa kesemutan.

6. Masalah pada gigi

Hati-hati! 6 Bahaya Ini Mengintai Jika Tubuh Kekurangan Kalsiumfreepik.com/freepik

Selain tulang, gigi juga menjadi salah satu tempat penyimpanan kalsium dalam tubuh. Ketika kadar kalsium menurun, tubuh akan menariknya dari sumber seperti tulang dan gigi. Apabila kondisi ini dibiarkan terus-menerus, tentunya dapat menimbulkan masalah gigi.

Melansir Medical News Today, beberapa gangguan pada gigi adalah akibat kurangnya asupan kalsium. Masalah yang bisa terjadi antara lain:

  • Gigi menjadi rusak dan rapuh 
  • Iritasi pada gusi
  • Akar gigi melemah, sehingga mudah lepas
  • Pada bayi, kekurangan kalsium dapat mengganggu perkembangan gigi

Itulah tadi beberapa penyakit atau masalah kesehatan yang mengintai bila tubuh kekurangan kalsium. Kalsium sendiri mudah diperoleh lewat konsumsi sayuran berdaun hijau, ikan, serta susu dan produk olahannya. Maka dari itu, cukupi kebutuhan asupannya setiap hari, ya!

Baca Juga: 8 Gejala Tubuh Kamu Sedang Kekurangan Kalsium

Indira swastika utama Photo Verified Writer Indira swastika utama

An ISTJ-T. A medical student who love write :)

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Nurulia R. Fitri

Berita Terkini Lainnya