Comscore Tracker

6 Hal Berikut Ini Bisa Menyebabkan Kulitmu Berminyak

Bikin kulit berkomedo sampai jerawatan!

Setiap orang memiliki jenis kulit yang berbeda-beda. Ada yang kering, sensitif, normal hingga berminyak. Tiap jenis kulit memiliki masalahnya tersendiri, termasuk kulit berminyak.

Kulit berminyak sering kali menimbulkan jerawat dan membuat kulit tampak kusam. Agar tahu bagaimana cara mengatasi kulit berminyak secara tepat, ketahui beberapa penyebab kulit berminyak berikut ini, yang mungkin tidak kamu sadari!

1. Genetik

6 Hal Berikut Ini Bisa Menyebabkan Kulitmu Berminyakfreepik.com/rawpixel.com

Ternyata, kulit berminyak cenderung menurun dalam keluarga. Jika salah satu orang tua memiliki tipe kulit berminyak, kalian memiliki kemungkinan besar memiliki kulit berminyak. Hal ini dikaitkan dengan adanya ekspresi gen yang mengatur aktivitas kelenjar minyak.

Studi yang diterbitkan dalam jurnal Clinical and Experimental Dermatology menyebutkan, ekspresi berlebih dari gen Smad 7 berkorelasi dengan hiperplasia kelenjar minyak, menyebabkan aktivitas kelenjar terlalu aktif. Ekspresi berlebih gen c-myc terbukti berhubungan dengan peningkatan sintesis lemak sebum, tetapi ekspresinya akan menurun drastis seiring bertambahnya usia. 

2. Usia

6 Hal Berikut Ini Bisa Menyebabkan Kulitmu Berminyakfreepik.com/cookie_studio

Perbedaan produksi sebum pada berbagai kelompok usia telah dihubungkan dengan perubahan produksi hormon androgen.

Kelenjar minyak mulai berkembang sejak bayi baru lahir, tetapi ukurannya menurun drastis beberapa minggu setelah lahir. Ukuran kelenjar minyak kembali naik saat pubertas dan mencapai ukuran maksimum pada dewasa muda.

Berdasarkan laporan dari Journal of Investigative Dermatology, tingkat produksi sebum tertinggi adalah pada usia 15-35 tahun, lalu menurun setelahnya. Meskipun demikian, ketika mencapai usia lansia, kelenjar minyak menjadi lebih besar akibat menurunnya tingkat pergantian sel. Hal Ini menyebabkan pori-pori tampak lebih besar pada wajah lansia.

Baca Juga: 5 Perubahan pada Kulit akibat Kurang Tidur, Bikin Keriput?

3. Malas pakai pelembap dan tabir surya

6 Hal Berikut Ini Bisa Menyebabkan Kulitmu Berminyakpexel

Melansir Healthline, melewatkan pemakaian pelembap juga menyebabkan kulit berminyak. Kok, bisa?

Tanpa pelembap, semua jenis kulit akan mengering. Pada kulit tipe berminyak, kondisi kulit kering justru meningkatkan produksi sebum dan menimbulkan minyak berlebih. Jadi, alih-alih melewatkan pelembap, pastikan untuk memilih jenis pelembap yang sesuai dengan tipe kulit. Pelembap berbahan dasar air yang ringan bekerja dengan baik untuk kulit berminyak, karena mampu mengurangi minyak berlebih. 

Selain itu, malas mengaplikasikan tabir surya juga bisa mengeringkan kulit. Hal ini justru meningkatkan produksi sebum. Oleh karena itu, sebelum beraktivitas di luar rumah, baik cuaca cerah maupun mendung, pastikan untuk memakai tabir surya, ya!

4. Salah pilih produk skincare dan terlalu sering cuci muka

6 Hal Berikut Ini Bisa Menyebabkan Kulitmu Berminyakfreepik.com/jcomp

Masih bersumber dari Healthline, kulit berminyak juga bisa diakibatkan oleh tidak sesuainya produk perawatan kulit yang digunakan dengan tipe kulit. Terkadang, beberapa orang mengira kulit kombinasi sebagai kulit berminyak, sehingga menggunakan krim yang terlalu berat.

Selain itu, kurang cermat dalam pemilihan produk skincare juga dapat berpengaruh pada produksi minyak di kulit. Cari produk yang tepat untuk kulit berminyak dan bersifat non-komedogenik untuk mencegah terbentuknya komedo dan membantu menjaga pori-pori tetap bersih.

Tidak hanya itu, kebiasaan terlalu sering mencuci muka atau melakukan pengelupasan (eksfoliasi) juga bisa membuat kulit menjadi berminyak. Memang tujuan mencuci dan eksfoliasi adalah untuk menghilangkan minyak. Akan tetapi, jika dilakukan terlalu sering, kulit akan kehilangan terlalu banyak minyak yang memicu kelenjar minyak menghasilkan lebih banyak minyak. Kamu hanya perlu mencuci kulit dua kali sehari untuk mencegah minyak berlebih. 

5. Kebiasaan makan makanan berminyak dan berlemak 

6 Hal Berikut Ini Bisa Menyebabkan Kulitmu Berminyakpexels.com/Dzenina Lukac

Ternyata, kebiasaan makan makanan berminyak dan berlemak dapat menyebabkan kulit berminyak!

Berdasarkan penelitian yang dipublikasikan dalam Journal of Dermatological Science, makanan merupakan sumber penting untuk sintesis sebum. Glukosa dan asam lemak, yang kerap ditemui pada makanan berlemak dan berminyak, diolah langsung menjadi sebum di kelenjar minyak.

Namun, beberapa lemak yang diperoleh dari makanan (terutama asam lemak) juga dapat berpindah dari peredaran darah ke sel kelenjar minyak di kulit. Nah, jika kalian memiliki masalah dengan kulit berminyak, ada baiknya untuk mencegah makanan berminyak dan berlemak agar produksi sebum kulit tidak berlebih. 

6. Kondisi lingkungan

6 Hal Berikut Ini Bisa Menyebabkan Kulitmu Berminyakfreepik.com/lookstudio

Mengutip sebuah laporan dalam jurnal Skin Pharmacology and Physiology, kondisi lingkungan turut memiliki peran dalam memicu kulit berminyak. Peningkatan suhu lingkungan sebesar 1 derajat Celcius saja telah mampu meningkatkan laju ekskresi sebum hingga 10 persen, karena perubahan viskositas sebum.

Selain itu, kebiasaan menghangatkan atau mendinginkan kulit dapat meningkatkan aliran minyak ke permukaan kulit, karena sebum yang terbentuk menjadi kurang kental.

Ketika berada di lingkungan yang memiliki kelembapan tinggi dan bersuhu panas, seseorang dapat merasakan kulitnya lebih berminyak. Hal ini dikarenakan percampuran (emulsifikasi) keringat dengan minyak, sehingga kulit seakan-akan menghasilkan lebih banyak minyak.

Itulah beberapa penyebab kulit berminyak. Apa pun tipe kulitmu, pastikan untuk selalu menjaga kebersihan dan kesehatannya, ya. Bila kondisi kulit berminyak yang kamu alami cukup mengganggu dan memicu masalah kulit lainnya, jangan segan untuk berkonsultasi dengan dermatolog, ya. 

Baca Juga: Multifungsi, 7 Manfaat Lidah Buaya untuk Perawatan Kulit dan Rambut 

Indira swastika utama Photo Verified Writer Indira swastika utama

An ISTJ-T. A medical student who love write :)

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Nurulia R. Fitri

Berita Terkini Lainnya