Comscore Tracker

Hati-Hati! 5 Penyakit Ini Mengintai Tubuh jika Duduk Terlalu Lama

Hati-hati! Kebiasaan ini bisa bikin umur kamu pendek, lho!

Di zaman serba canggih seperti sekarang, dunia seakan berada dalam genggaman. Memesan makanan, belajar, hingga belanja bisa dilakukan secara online. Hal ini membuat aktivitas cenderung pasif dan sedikit bergerak.

Padahal, kebiasaan kurang gerak bisa mengundang banyak penyakit mematikan. Yuk, simak beberapa penyakit yang berawal dari hobi kelamaan duduk berikut ini!

1. Sakit punggung

Hati-Hati! 5 Penyakit Ini Mengintai Tubuh jika Duduk Terlalu Lamapexels.com/Karolina Grabowska

Ketika duduk terlalu lama, itu secara langsung memberi tekanan berlebih pada otot punggung, leher, dan tulang belakang.

Otot punggung dan pinggul dipaksa kontraksi dalam waktu panjang untuk mempertahankan keseimbangan. Hal ini menyebabkan punggung nyeri dan pegal, terutama jika posisi duduk tidak benar.

Masalah sakit punggung sebetulnya bisa diatasi dengan memilih kursi yang nyaman dan mempertahankan postur duduk yang benar. Namun, akan lebih baik bila diselingi dengan aktivitas ringan untuk menghindari nyeri yang berkepanjangan.

2. Obesitas

Hati-Hati! 5 Penyakit Ini Mengintai Tubuh jika Duduk Terlalu Lamaunsplash.com/I Yunmai

Biasanya, duduk terlalu lama sering kali diikuti dengan kebiasaan ngemil. Padahal, kelamaan duduk bisa menurunkan penggunaan energi. Apalagi ditambah konsumsi camilan, itu bisa mengakibatkan gangguan keseimbangan asupan dan pengeluaran kalori.

Nah, nantinya tubuh akan menyimpan kelebihan energi sebagai lemak, sehingga berat badan bisa bertambah. Waspada, kenaikan berat badan berlebih dapat memicu obesitas dan gangguan metabolik tubuh, lho!

Baca Juga: 5 Efek Nyata Malas Bergerak bagi Kesehatan, dari Depresi hingga Kanker

3. Diabetes

Hati-Hati! 5 Penyakit Ini Mengintai Tubuh jika Duduk Terlalu Lamapexels.com/PhotoMIX Company

Minimnya aktivitas tubuh akibat duduk berlama-lama menyebabkan pemakaian energi berkurang. Padahal, asupan kalori yang masuk ke dalam tubuh tetap, malah meningkat. Ini dapat menyebabkan sensitivitas insulin berkurang, sehingga perubahan gula menjadi glikogen terganggu dan kadar gula darah naik.

4. Stroke dan penyakit kardiovaskular lainnya

Hati-Hati! 5 Penyakit Ini Mengintai Tubuh jika Duduk Terlalu Lamapexels.com/Anna Shvets

Bersandar di sofa kesayangan hingga berjam-jam bisa menyebabkan tubuh memproduksi lebih banyak lemak, salah satunya adalah kolesterol jahat atau low-density lipoprotein (LDL).

Bila kadar LDL yang beredar dalam pembuluh darah terlalu tinggi, maka bisa terjadi penyempitan pembuluh darah akibat penumpukan kolesterol (aterosklerosis). Jika hal ini terjadi di pembuluh otak, pembuluh darah bisa pecah dan mengakibatkan stroke. Bila terjadi di jantung, maka bisa menyebabkan penyakit jantung koroner.

Tak hanya stroke dan penyakit jantung koroner, kadar LDL yang tinggi juga dapat memicu penyakit kardiovaskular lainnya.

5. Osteoporosis

Hati-Hati! 5 Penyakit Ini Mengintai Tubuh jika Duduk Terlalu Lamapexels.com/Tirachard Kumtanom

Aktivitas yang berkurang drastis karena keasyikan duduk membuat otot dan tulang jadi jarang digerakkan, sehingga menyebabkan kekuatan otot melemah dan kepadatan tulang berkurang. Akibatnya, tulang jadi mudah rapuh. Hal ini terjadi terutama pada kelompok usia lanjut.

Selain itu, kebanyakan duduk bisa mengurangi intensitas tubuh terpapar cahaya matahari pagi, sehingga produksi vitamin D berkurang. Hal ini turut berkontribusi dalam penurunan kepadatan tulang. Oleh karena itu, bila kamu terpaksa duduk seharian, cobalah untuk menyisihkan waktu pada pagi hari untuk berjemur dan beraktivitas fisik ringan, ya!

Nah, itu tadi lima jenis penyakit yang bisa mengancam kalau kamu punya kebiasaan duduk terlalu lama. Mulai sekarang, jaga pola hidup sehat dengan konsumsi makan sehat bergizi seimbang dan memperbanyak aktivitas tubuh.

Kalau memang duduk terlalu lama tak bisa dihindari, misalnya seharian kerja di depan laptop di kantor, sempatkan untuk melakukan peregangan ringan. Ingat, mager alias malas gerak bisa bikin kesehatan tubuh terancam!

Baca Juga: Duduk Terlalu Lama Ternyata Meningkatkan Risiko Kematianmu Lebih Cepat

Indira swastika utama Photo Writer Indira swastika utama

An ISTJ-T. A medical student who love write :)

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Nurulia R. Fitri

Berita Terkini Lainnya