Comscore Tracker

6 Kacang dan Sayuran Ini Juga Kaya Omega-3, Cocok untuk Vegetarian

Omega-3 versi vegetarian

Omega-3 menjadi salah satu nutrisi yang sangat dibutuhkan untuk tubuh kita, dan salah satu sumber omega-3 yang paling tinggi adalah ikan laut. 

Sayangnya tidak semua orang suka dan bisa mengkonsumsi ikan laut. 

Jika kalian salah satunya, di bawah ini ada beberapa pengganti ikan laut yang bersumber dari kacang dan sayuran dengan kandungan omega-3 yang tinggi. Yuk langsung kita lihat apa saja. 

1. Chia seeds

6 Kacang dan Sayuran Ini Juga Kaya Omega-3, Cocok untuk Vegetariantheweekendedition.com.au

Satu ons (28 gram) chiaseed menyediakan 4.915 mg asam lemak ALA omega-3, kandungan itu bisa memenuhi 307-447% dari asupan harian yang direkomendasikan untuk tubuh kita.

Kamu bisa meningkatkan asupan chiaseed dengan mengolahnya menjadi puding chia atau bisa menaburkan biji chia ke atas salad, yogurt, atau smoothie.

Bagi kamu yang vegan, chiaseed juga bisa digunakan sebagai pengganti telur loh. Caranya kamu bisa campurkan satu sendok makan (7 gram) dengan 3 sendok makan air untuk menggantikan satu telur.

2. Brussels sprouts (kubis Brussels)

6 Kacang dan Sayuran Ini Juga Kaya Omega-3, Cocok untuk Vegetarianerrenskitchen.com

Seperti namanya, kubis ini banyak di temukan di ibukota Belgia, Brussel.

Mulai dari dipanggang, dikukus, direbus hingga digoreng, Brussel sprouts menjadi pelengkap yang sehat dan lezat untuk hidangan apa pun.

Hal itu dikarenakan setiap setengah cup (78 gram) Brussel sprouts yang diolah mengandung 135 mg ALA, atau 12% dari asupan harian yang direkomendasikan untuk tubuh kita.

Selain itu ia juga memiliki kandungan vitamin K, vitamin C, dan serat yang tinggi, sehingga Brussel sprouts adalah salah satu sumber asam lemak omega-3 yang sangat baik nih.

3. Kacang kenari

6 Kacang dan Sayuran Ini Juga Kaya Omega-3, Cocok untuk Vegetarianonedio.com

Penelitian menemukan bahwa kenari bisa membantu meningkatkan kesehatan otak karena kandungan omega-3 mereka yang sangat tinggi, bahkan kenari sering dikaitkan dengan peningkatan dalam pembelajaran dan memori pada otak.

Hanya dengan satu porsi kenari kita bisa memenuhi kebutuhan asam lemak omega-3 sepanjang hari, karena satu ons (28 gram) kenari memiliki kandungan 2.542mg Omega-3 .

Jika ingin menyajikan kamu bisa tambahkan kacang kenari ke dalam granola atau sereal buatan sendiri, taburkan di atas yogurt atau camilan untuk menambah asupan nutrisi.

Baca Juga: 6 Makanan Sehat yang Sebaiknya Dikonsumsi Penderita Maag Saat Berbuka

4. Biji rami

6 Kacang dan Sayuran Ini Juga Kaya Omega-3, Cocok untuk Vegetarianhealthcastle.com

Makanan yang sering menjadi campuran dalam biskuit ini memang memiliki segudang nutrisi, menyediakan serat, protein, magnesium dan mangan yang baik untuk tubuh kita.

Beberapa penelitian telah menunjukkan dari biji rami, dan sebagian besar karena memiliki kandungan asam lemak omega-3 yang sangat tinggi.

Satu ons (28 gram) biji rami mengandung 6.388 mg asam lemak ALA omega-3, jauh melebihi jumlah yang dibutuhkan tubuh setiap hari.

Biji rami mudah dimasukkan ke dalam makananmu dan sudah sering menjadi bahan utama orang vegan.

5. Daun selasih

6 Kacang dan Sayuran Ini Juga Kaya Omega-3, Cocok untuk Vegetariannuttedoutnutrition.com.au

Daun selasih memang menjadi tanaman herbal beraroma yang mudah ditemukan. Ia memiliki sumber asam lemak omega-3 yang cukup besar.

Namun, karena daun selasih digunakan terutama sebagai bumbu saja, menyebabkan kita tidak akan mendapatkan kandungan omega-3 yang banyak untuk memenuhi kebutuhan harian kita.

Untuk hasil terbaik, gunakan daun selasih yang masih utuh, dan tambahkan menjelang akhir memasak makanan agar nutrisi tidak rusak.

6. Rumput laut

6 Kacang dan Sayuran Ini Juga Kaya Omega-3, Cocok untuk Vegetarianhealthline.com

Adalah suplemen omega-3 paling ideal pada tanaman, karena rumput laut menjadi salah satu dari sedikit sumber tanaman yang memiliki kandungan Omega-3 EPA dan DHA. Kebanyakan adalah Omega-3 ALA

Jika kamu tidak suka mengkonsumsi minyak ikan, yang menyediakan kandungan omega-3 serta vitamin K, vitamin C, niasin, folat, dan kolin, maka rumput laut bisa jadi solusi terbaik. Ditambah lagi ia sangat praktis, karena dapat dikonsumsi mentah atau kering

Nah itu tadi beberapa sayur dan bijian yang ternyata juga kaya dengan Omega-3 loh. Jika kamu bosan dengan ikan, mungkin ini bisa jadi penggantinya

Baca Juga: 5 Makanan ini Memberi Nutrisi pada Gigi Agar Tetap Sehat & Kuat

Indra Dwi Prakoso Photo Community Writer Indra Dwi Prakoso

Young and Blessed

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Siantita Novaya

Just For You