Comscore Tracker

6 Alasan Kamu Harus Konsumsi Buah Aprikot, Kaya Manfaat & Nutrisi!

Buah manis lembut yang bikin ketagihan

Buah yang terasa manis dan asam ini terkenal memiliki banyak sekali nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh kita lho.. 

Sayangnya buah aprikot sangat jarang di konsumsi oleh banyak orang, karena tumbuhan ini banyak tumbuh di asia tengah bukan asia tenggara. Namun setidaknya sekali kali kita bisa mencoba dan merasakan manfaatnya.

Agar kamu termotivasi untuk mengonsumsi, berikut ini ada beberapa manfaat buah aprikot sehingga bisa menjadi rekomendasi buah yang jadi bisa kita beli. Apa saja? Yuk, langsung kita cek saja.

1. Aprikot terkenal mengandung antioksidan yang tinggi

6 Alasan Kamu Harus Konsumsi Buah Aprikot, Kaya Manfaat & Nutrisi!timeincuk.net

Buah aprikot memiliki kandungan antioksidan yang sangat tinggi, mulai dari beta karoten dan Vitamin A, C, dan E terkandung di dalamnya.

Mereka adalah kelompok antioksidan polifenol yang sudah teruji untuk melawan berbagai penyakit seperti diabetes dan jantung.

Studi menunjukkan bahwa sering mengonsumsi aprikot akan membantu melindungi tubuh kita dari oxidative stress, yang bisa menimbulkan banyak penyakit kronis.

2. Berpotensi menyehatkan mata

6 Alasan Kamu Harus Konsumsi Buah Aprikot, Kaya Manfaat & Nutrisi!incimages.com

Vitamin A dan E adalah dua vitamin yang sangat berpengaruh pada kesehatan mata, dan keduanya terkandung cukup banyak di dalam aprikot lho. 

Vitamin A sendiri berfungsi untuk mencegah kebutaan secara alamiah yang disebabkan oleh kurangnya pigmen cahaya di dalam lama.

Sedangkan Vitamine E, berfungsi sebagai antioksidan yang larut dalam lemak dan masuk kemata kita secara langsung untuk melindungi kerusakan maka akibat radikal bebas.  Jadi, sering-sering konsumsi nih untuk kesehatan mata kita. 

Baca Juga: 5 Manfaat Buah Alpukat yang Ternyata Kaya Akan Nutrisi

3. Ternyata juga bisa menyehatkan kulit nih

6 Alasan Kamu Harus Konsumsi Buah Aprikot, Kaya Manfaat & Nutrisi!rodpub.com

Aprikot juga cocok, nih bagi kamu yang ingin melakukan perawatan kulit. Hal ini dikarenakan antioksidan yang tinggi dalam aprikot dapat melindungi kita dari serangan terik matahari, polusi dan berbagai asap yang merusak kulit.

Selain itu kandungan aprikot juga bisa memperlambat kerutan pada kulit lho, jadi bisa kelihatan makin muda.

4. Mengkonsumsi aprikot juga menyehatkan usus lho

6 Alasan Kamu Harus Konsumsi Buah Aprikot, Kaya Manfaat & Nutrisi!Aba-architects.com

Selain vitamin dan antioksidan, aprikot juga bisa menjadi sumber serat yang baik. Serat sendiri bagus untuk keseatan usus dan pencernaan kita nih. 

Selain itu, serat dalam aprikot juga sesuai untuk mengatur gula darah dan kolestrol dalam tubuh kita. 

Serat yang larut pada aprikot akan menunda pergerakan makanan dari pencernaan dan memberikan asupan pada bakteri baik yang ada di dalam usus kita. Dengan banyaknya bakteri yang sehat maka akan menurunkan risiko obesitas pada tubuh kita. 

Bisa, nih kamu konsumsi kalau sedang program menurutkan berat badan. 

5. Sangat tinggi potasium

6 Alasan Kamu Harus Konsumsi Buah Aprikot, Kaya Manfaat & Nutrisi!shopfromolivesandgrapes.com

Aprikot kaya dengan kalium, mineral yang berfungsi sebagai elektrolit dalam tubuh. Elektrolit sendiri berfungsi untuk mengirimkan sinyal saraf dan mengatur kontraksi otot dan keseimbangan cairan dalam tubuh kita.

Studi menunjukan, konsumsi kalium yang cukup akan mengurangi tekanan darah dan bisa menurunkan risiko stroke hingga 24 persen lebih rendah.
 

6. Sangat mudah diolah dan dicampur di berbagai makanan

6 Alasan Kamu Harus Konsumsi Buah Aprikot, Kaya Manfaat & Nutrisi!immediate.co.uk

Aprikot sendiri bisa di konsumsi dan di olah dengan mudah. Kamu bisa mengonsumsi langsung aprikot yang segar, atau membeli aprikot kering untuk dimakan. 

Karena rasanya yang manis dan masam, aprikot juga terkenal menjadi banyak tambahan makanan. Ada beberapa cara untuk mencampurkan aprikot dengan makanan favoritmu yakni:

  • diaduk dengan campuran granola
  • dimakan segar sebagai camilan
  • diiris dan ditambahkan ke yogurt atau salad
  • Digunakan untuk selai dan saus
  • Direbus dengan campuran daging
  • Diolah sebagai makanan penutup seperti cake atau cookies

Itu tadi beberapa alasan kenapa kamu harus konsumsi buah aprikot. Menurut kamu bagaimana? Jangan lupa komen di bawah ya.

Baca Juga: 5 Resep Olahan dari Buah Sirsak, Rasanya Bikin Siapapun Terpikat

Indra Dwi Photo Community Writer Indra Dwi

Young and Blessed

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Arifina Aswati

Just For You