Comscore Tracker

Wanginya Disukai, Ini 8 Manfaat Sehat Minyak Esensial Ylang-ylang

Ylang-ylang alias kenanga punya banyak manfaat tak terduga!

Penggemar minyak esensial tentu tak asing lagi dengan aroma ylang-ylang alias kenanga (Cananga odorata). Wangi khasnya disinyalir berasal dari senyawa dominan linalool di dalamnya. Tanaman ini pun tumbuh subur di Indonesia.

Minyak ylang-ylang banyak dipakai dalam produk kecantikan, wewangian, pengharum ruangan, hingga dimanfaatkan untuk mempercepat pertumbuhan rambut. Tak hanya itu, sudah banyak penelitian yang mengungkap manfaat tanaman ini. Apa saja? Simak terus, ya!

1. Mencegah depresi

Wanginya Disukai, Ini 8 Manfaat Sehat Minyak Esensial Ylang-ylangunsplash.com/Drew L

Ada studi etnofarmakologi tahun 2018 yang menguak bukti ilmiah terkait efek anti kecemasan yang dihasilkan dari tanaman kenanga. Menghirup aromanya bisa mendatangkan energi positif dan suasana hati yang bereaksi langsung terhadap sistem penciuman dan saraf.

Studi tersebut menjelaskan area tubuh yang terpengaruh, yaitu hipokampus di otak dan sistem serotonin berimbas pada pelepasan emosi negatif. Emosi negatif mencakup rendah hati, kesedihan, kemarahan, kecemburuan, hingga stres kronis.

Diyakini, ylang-ylang bisa menjadi salah satu perawatan pendukung orang-orang dengan depresi dan gangguan saraf akibat syok atau kecelakaan.

Saran pemaikaian minyak esensial ylang-ylang adalah sebagai minyak pijat atau aromaterapi. Wanginya dapat memunculkan rasa damai, percaya diri, dan kesadaran akan self-love.

2. Sebagai afrodisiak

Wanginya Disukai, Ini 8 Manfaat Sehat Minyak Esensial Ylang-ylangpixabay.com/StockSnap

Afrodisiak mengarah pada zat kimia untuk merangsang daya seksual. Dewasa ini, masalah turun atau hilangnya libido akibat stres pekerjaan, beban hidup, atau dampak buruk polusi bisa memengaruhi keharmonisan dengan pasangan.

Nah, minyak esensial ylang-ylang dipercaya dapat membangkitkan gairah bagi pasangan. Mungkin inilah alasan kenapa bunga kenangan kerap menghiasi kamar pengantin baru.

Baca Juga: Essential Oil Punya Banyak Manfaat, Ini 7 Cara Kerjanya di Tubuh Kita

3. Menyehatkan jantung

Wanginya Disukai, Ini 8 Manfaat Sehat Minyak Esensial Ylang-ylangpixabay.com/Maya A. P

Para pakar peneliti dari Departemen Riset di Universitas Rajshahi, Bangladesh, menemukan fakta mengejutkan dari fitokemikal dari ylang-ylang yang punya khasiat antibakteri, sitotoksik, dan antijamur bila digunakans secara topikal maupun dikonsumsi.

Secara ilmiah, ylang-ylang dapat membantu meningkatkan daya tahan tubuh dan menurunkan peradangan akibat penyakit mematikan, salah satunya penyakit jantung. 

4. Menjaga kesehatan pencernaan

Wanginya Disukai, Ini 8 Manfaat Sehat Minyak Esensial Ylang-ylangpixabay.com/derneuemann

Masalah pada aliran darah atau perasaan cemas bisa memengaruhi kesehatan pencernaan. Nah, menghirup aroma ylang-ylang atau mengoleskan minyaknya sambil memijat lembut area perut bisa membantu meredakan permasalahan tersebut.

5. Menurunkan tekanan darah tinggi

Wanginya Disukai, Ini 8 Manfaat Sehat Minyak Esensial Ylang-ylangpixabay.com/Maya A. P

Minyak ylang-ylang bisa jadi pengobatan alternatif tanpa efek samping untuk membantu menurunkan tekanan darah. Ini diperkuat dengan penelitian yang diterbitkan dalam "Journal of Exercise Rehabilitation" mengenai efek ylang-ylang pada tekanan darah.

Penelitian mengungkapkan bahwa ylang-ylang menjadi agen efektif dalam pengobatan hipertensi. Minyaknya dapat digunakan sebagai suplemen makanan (hanya untuk pemakaian minyak terapeutik), dengan menambahkan 1-2 tetes ke dalam minuman.

6. Antiseptik

Wanginya Disukai, Ini 8 Manfaat Sehat Minyak Esensial Ylang-ylangunsplash.com/Christin Hume

Luka seperti lecet atau luka bakar yang tidak ditangani dengan tepat bisa berpotensi mengalami infeksi bakteri. Ada pula risiko tetanus bila luka diakibatkan oleh benda berkarat.

Penelitian menunjukkan bahwa minyak esensial ylang-ylang dapat menghambat pertumbuhan mikroba sekaligus membersihkan luka, sehingga membantu mencegah sepsis dan tetanus.

Dengan kata lain, minyak esensial ylang-ylang dapat memberli perlindungan terhadap infeksi bakteri, virus, dan jamur.

7. Memelihara kesehatan kulit

Wanginya Disukai, Ini 8 Manfaat Sehat Minyak Esensial Ylang-ylangpixabay.com/Тамила Ли

Penggunaan ylang-ylang dengan cara dioleskan populer untuk menjaga kesehatan kulit. Selain itu, penggunaan minyak esensialnya diyakini dapat mencegah tanda-tanda penuaan dini.

Tak berhenti sampai di situ, ylang-ylang menunjukkan peran dalam memerangi perkembangan kanker kulit melanoma. Studi menunjukkan, minyak ylang-ylang yang berkualitas tinggi dapat berperan sebagai terpenoid. Terpenoid merupakan senyawa yang dapat menghambat proliferasi dan metastasis sel kanker melalui berbagai mekanisme.

8. Meredakan peradangan

Wanginya Disukai, Ini 8 Manfaat Sehat Minyak Esensial Ylang-ylangpexels.com/Guilherme Almeida

Dermatitis seboroik menyebabkan produksi sebum tidak teratur dan menyebabkan infeksi sel-sel epidermis. Kondisi ini dapat terjadi di kulit kepala, pipi, dan alis. Gejalanya sangat mengganggu dan membuat kulit tampak bersisik dan pucat.

Nah, minyak ylang-ylang digadang-gadang dapat membantu menyembuhkan kondisi tersebut. Caranya adalah dengan mengatur produksi sebum, mengobati infeksi, sehingga meminimalkan iritasi kulit yang ditandai dengan kulit kemerahan.

Gimana, ingin segera mencoba khasiat minyak esensial ylang-ylang? Sebelum membelinya, sebaiknya konsultasikan dulu dengan dokter khususnya bila kamu punya kondisi medis tertentu dan ingin menggunakannya sebagai opsi alternatif pengobatan.

Satu lagi yang tak kalah penting, pilihlah produk yang berkualitas, jangan asal borong karena harganya murah.

Baca Juga: 8 Manfaat Menggunakan Essential Oil Melalui Diffuser Bagi Kesehatan

Indriyani Photo Verified Writer Indriyani

Riset, data, dan kepenulisan ilmiah adalah hal yang menyenangkan untuk ditelisik. Kecintaan terhadap dunia kepenulisan ditorehkannya melalui bait-bait alinea. Business inquiries: indriyaniann124@gmail.com

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Nurulia R. Fitri

Berita Terkini Lainnya