Comscore Tracker

5 Khasiat Apel: Bisa jadi Alternatif Makanan saat Diet

Cocok untuk kamu yang sedang diet nih!

Buah apel menjadi salah satu buah yang sering kita jumpai dan kita konsumsi. Banyak orang yang mengonsumsi buah apel tidak hanya karena rasanya yang manis dan segar, tetapi juga karena khasiat yang terkandung di dalamnya. Yuk, simak khasiat buah apel yang telah dirangkum dari Jus dan Kesehatan di bawah ini!

1. Cocok untuk pelaku diet

5 Khasiat Apel: Bisa jadi Alternatif Makanan saat Dietilustrasi pelaku diet (unsplash.com/Farhad Ibrahimzade)

Daging buah apel kaya akan pektin. Pektin merupakan salah satu serat yang tidak larut dalam air.

Bagi kamu yang sedang diet, buah apel menjadi alternatif makanan berenergi di antara makanan lain. Hal tersebut karena pektin dapat membentuk gel dalam usus, sehingga seseorang dapat merasa kenyang lebih lama. Tidak hanya itu, pektin juga mampu mengontrol penyakit kencing manis karena memperlambat masuknya glukosa dari pencernaan karbohidrat ke aliran darah.

2. Mengurangi risiko penyakit stroke

5 Khasiat Apel: Bisa jadi Alternatif Makanan saat Dietilustrasi pengobatan (unsplash.com/Towfiqu barbhuiya)

Selain kaya akan pektin, daging buah apel juga kaya akan kalium. Kalium banyak terkandung dalam buah apel merah. Kalium merupakan jenis mineral yang memiliki fungsi untuk mengaktifkan konstraksi otot, menjaga keteraturan denyut jantung, menjaga keseimbangan cairan dalam sel tubuh, serta membantu mengatur tekanan darah.

Sebuah penelitian mengafirmasikan bahwa satu buah apel dapat menurunkan risiko terkena stroke sampai 40 persen. Afirmasi tersebut tentunya tidak terlepas dari kandungan kalium yang terdapat dalam buah apel yang memiliki banyak fungsi untuk menjaga tubuh tetap sehat.

3. Mengurangi risiko penyakit jantung

5 Khasiat Apel: Bisa jadi Alternatif Makanan saat Dietilustrasi jantung (unsplash.com/Robina Weermeijer)

Selain dapat menjadi alternatif makanan bagi pelaku diet karena membuat seseorang merasa kenyang lebih lama, kandungan pektin dalam buah apel juga dapat menurunkan tingkat kolesterol darah. Pernyataan tersebut didukung oleh penelitian yang menyatakan bahwa kadar pektin dalam buah apel mampu menurunkan kandungan kolesterol LDL sampai 10 persen dan kandungan kolesterol HDL sampai 20 persen.

Kandungan kolesterol LDL dan HDL merupakan penyebab timbulnya penyakit jantung. Oleh karena itu, mengonsumsi buah apel dengan sesuai dapat meminimalisir risiko terkena penyakit jantung.

Baca Juga: 10 Cara Memilih Buah Apel yang Enak dan Segar, Kamu Sudah Tahu?

4. Mengatasi sembelit

5 Khasiat Apel: Bisa jadi Alternatif Makanan saat Dietilustrasi orang sakit (unsplash.com/Bermix Studio)

Apel merupakan salah satu buah yang kaya akan serat. Ketika kita mengonsumsi buah apel tanpa mengupas kulitnya, terdapat sekiranya 4,4 gram serat yang kita makan. Serat berfungsi salah satunya untuk melunakkan feses.

Oleh karena itu, mengonsumsi buah apel dapat mengatasi sembelit, karena serat dapat membantu melancarkan sistem pencernaan tubuh. Jadi, bagi kamu yang mengalami gangguan sistem pencernaan seperti sulit BAB, bisa nih untuk mengonsumsi buah apel.

5. Membersihkan gigi

5 Khasiat Apel: Bisa jadi Alternatif Makanan saat Dietilustrasi gigi sehat (unsplash.com/Lesly Juarez)

Buah apel tentu memiliki rasa yang renyah dan segar ketika digigit. Ternyata, rasa renyah dan segar tersebut dapat membantu gigi melepaskan bahan-bahan yang lengket.

Mengunyah buah apel juga mampu memicu keluarnya air liur, sehingga membuat gigi maupun mulut kita menjadi bersih. Hal yang perlu diperhatikan ialah efek tersebut akan terjadi ketika kita mengonsumsi buah apel yang segar, bukan buah apel yang sudah diolah ataupun buah apel yang dalam keadaan terlalu matang/busuk.

Itulah 5 khasiat maupun manfaat yang bisa kamu dapatkan ketika mengonsumsi buah apel. Yuk, rutin mengonsumsi makanan yang bergizi untuk memenuhi kebutuhan tubuh kita, dan buah-buahan menjadi salah satunya.

Baca Juga: 7 Manfaat Apel Fuji untuk Kesehatan, yuk Rutin Konsumsi!

Riani Shr Photo Verified Writer Riani Shr

Menulis adalah salah satu upaya menyembuhkan yang ampuh.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Novaya

Berita Terkini Lainnya