Comscore Tracker

5 Tips Nutrisi yang Bisa Dikonsumsi Para Pekerja Shift Malam

Jangan kebanyakan ngopi!

Normalnya, waktu bekerja adalah pada pagi hingga sore hari. Namun, dalam beberapa kondisi yang terjadi pada beberapa pekerja megharuskan mereka untuk tetap terjaga di malam hari karena mendapat jatah kerja shift malam.

Nah, pada umumnya para pekerja shift malam, seperti call center 24 jam memerlukan nutrisi dari asupan makanan yang sehat, agar saat bekerja bisa tetap terjaga dan tidak membuat tubuh jadi lebih cepat lelah dan lemas. Lalu, nutrisi apa saja yang bisa dikonsumsi para pekerja shift malam? Berikut lima tips nutrisi khusus yang bisa dikonsumsi para pekerja shift malam.

1. Konsumsi makanan dengan karbohidrat kompleks sebelum mulai bekerja

5 Tips Nutrisi yang Bisa Dikonsumsi Para Pekerja Shift Malampixabay.com/EzBom

Biasanya, para pekerja shift malam membutuhkan asupan energi tambahan dari makanan yang dikonsumsinya agar tetap terjaga sepanjang malam untuk menyelesaikan pekerjaannya. Salah satu cara mendapatkan energi tersebut adalah dengan mengonsumsi makanan yang mengandung karbohidrat kompleks. 

Serat yang terkandung dalam makanan dengan karbohidrat kompleks dapat membuat pekerja shift malam kenyang lebih lama hingga waktu makan berikutnya. Selain itu, serotin dalam karbohidrat kompleks juga dapat membantu tubuh agar tetap rileks.

Ada beberapa makanan yang bisa dikonsumsi para pekerja shift malam, yaitu kentang, nasi merah, dan pasta gandum. Dengan ini, pekerja shift malam tak perlu terlalu banyak mengonsumsi makanan di malam hari yang justru akan menyebabkan kantuk.

2. Bawalah bekal makanan yang mengandung lemak sehat dan protein

5 Tips Nutrisi yang Bisa Dikonsumsi Para Pekerja Shift Malampixabay.com/JillWellington

Audra Starkey, seorang ahli gizi dan narasumber dari Australian Nursing and Midwifery Journal (ANMJ) menyarankan para pekerja shift malam untuk membawa bekal makanan yang mengandung lemak sehat dan protein.

Kedua nutrisi tadi bisa membantu para pekerja shift malam dalam mencegah rasa ingin makan makanan yang tidak sehat, yang umumnya menjadi kebiasaan pekerja shift malam karena lemak sehat dan protein tadi akan membuat kalian kenyang lebih lama.

Kalian bisa mengonsumsi beberapa makanan, seperti kacang-kacangan, telur, tahu, tempe, dan alpukat.

3. Konsumsi makanan yang bisa membuat tubuh kalian tetap terhidrasi

5 Tips Nutrisi yang Bisa Dikonsumsi Para Pekerja Shift Malampixabay.com/Pexels

Untuk kalian para pekerja shift malam sangat disarankan untuk mengonsumsi makanan yang bisa menghidrasi tubuh. Fungsinya adalah untuk mencega kelelahan ketika tubuh dipaksa untuk tetap terjaga di malah hari.

Saat terjaga dan tidak mendapat asupan makanan yang mampu menghidrasi, tubuh akan cenderung lebih cepat lelah dan lemas. Cara yang tepat untuk mencegah hal ini terjadi adalah dengan mengonsumsi makanan, seperti krim sup rendah lemak atau sup ayam, serta melon atau semangka yang bisa membantu tubuh kalian cukup terhidrasi di malam hari.

Baca Juga: 5 Jenis Kebab yang Paling Mudah untuk Dimasak, Sehat dan Bergizi

4. Jangan konsumsi kafein terlalu banyak

5 Tips Nutrisi yang Bisa Dikonsumsi Para Pekerja Shift Malampixabay.com/AnnieSpratt

Pada umumnya, mengonsumi kafein di malam hari memang dijadikan alternatif bagi para pekerja shift malam. Namun, mengonsumsi kafein dari kopi atau minuman berenergi tidaklah boleh berlebihan.

Kalian malam tidak disarankan mengonsumsi lebih dari 400 mg kafein atau setara dengan empat cangkir kecil kopi dalam sehari. Hal ini lantaran kafein dapat bertahan di dalam tubuh selama 8 jam. Tentu, hal tersebut dapat mengganggu jam tidur kalian nantinya. Sebaiknya jangan konsumsi kafein mendekati waktu tidur kalian, yaitu 4 jam sebelum tidur.

5. Disarankan untuk mengonsumsi makanan dengan kandungan indeks glikemik yang rendah

5 Tips Nutrisi yang Bisa Dikonsumsi Para Pekerja Shift Malampixabay.com/RitaE

Menurut Australian Nursing and Midwifery Journal (ANMJ), saat sedang bekerja di shift malam, sebaiknya para pekerja mengonsumsi makanan yang mengandung indeks glikemik rendah. Hal ini dikarenakan pankreas manusia yang bekerja untuk mengolah gula dalam darah tidak akan berfungsi dengan baik saat malam hari.

Makanan dengan indeks glikemik yang rendah, seperti yoghurt dan makanan berbahan dasar kacang-kacangan serta biji-bijian bisa kalian konsumsi saat sedang bekerja di shift malam. Beberapa makanan tadi bisa kalian konsumsi karena mengandung indeks glikemik yang rendah sehingga bisa dicerna lebih lambat oleh tubuh. Jadi, tidak akan membuat gula darah kalian melonjak naik.

Itulah lima tips nutrisi khusus yang tentunya bisa membuat tubuh kalian tetap sehat meskipun harus terjaga dan bekerja saat malam hari. Selain menjaga makanan yang dikonsumsi, para pekerja shift malam juga memerlukan olahraga dan tidur yang cukup agar bisa tetap fokus saat bekerja.

Baca Juga: 5 Menu Lezat dan Bergizi Buat Kamu yang Ingin Dapatkan Tubuh Ideal

Ines Sela Melia Suseno Photo Verified Writer Ines Sela Melia Suseno

Dengan menulis saya 'bersuara'. Dengan menulis saya merasa bebas.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Novaya

Berita Terkini Lainnya