Comscore Tracker

10 Manfaat Sinar Matahari Pagi Bagi Tubuh, Menyehatkan!

Jangan malas terpapar sinar matahari, ya!

Semua hal tercipta pasti memiliki manfaat, termasuk sinar matahari. Meskipun paparannya bisa menyebabkan kulit terbakar, terkena sinar matahari bukan berarti hal buruk. Banyak manfaat yang menyehatkan dari sinar matahari untuk tubuh. Apa saja?

1. Membunuh mikro bakteria

10 Manfaat Sinar Matahari Pagi Bagi Tubuh, Menyehatkan!unsplash.com/Michael Schiffer

Mikro bakteria adalah bakteri yang berukuran sangat kecil, tidak bisa di lihat dengan mata telanjang dan memerlukan alat seperti mikroskop elektron dengan pembesar hingga 1000 kali untuk melihatnya. Dengan paparan sinar matahari pagi, memanfaatkannya 5-15 menit baik bagi kesehatan tubuh, membunuh mikro bakteria jahat yang ada dalam tubuh setiap orang.

2. Mengatasi depresi

10 Manfaat Sinar Matahari Pagi Bagi Tubuh, Menyehatkan!unsplash.com/Andrik Langfield

Memanfaatkan sinar matahari pagi ternyata baik untuk mengatasi depresi. Pekerja kantoran bisa memanfaatkan matahari pagi ketika weekend tiba dengan cara lari pagi, yoga, car free day dll.

3. Meningkatkan sirkulasi darah

10 Manfaat Sinar Matahari Pagi Bagi Tubuh, Menyehatkan!unsplash.com/Joel Filipe

Sinar matahari pagi berfungsi juga bagi darah dalam tubuh. Sirkulasi atau peredaran darah yang mulanya tidak lancar, dengan memanfaatkan sinar matahari pagi akan normal kembali. Namun tentunya memanfaatkan sinar matahari pagi harus rutin di lakukan, agar sirkulasi darah dalam tubuh pun beroperasi secara optimal.

4. Memperbaiki kulit

10 Manfaat Sinar Matahari Pagi Bagi Tubuh, Menyehatkan!unsplash.com/Rafaella Mendez Diniz

Sinar matahari adalah manfaat gratis dan alami. Inilah yang di manfaatkan kulit tubuh manusia khususnya, dari sinar matahari pagi dengan memanfaatkannya 15 menit sebelum jam 10.00 menghasilkan sinar UV (ultraviolet), yang di ubah oleh tubuh menjadi vitamin D, dan vitamin D nya ini sendiri pun bermanfaat bagi tubuh sebagai imunitas tubuh, metabolisme tubuh, merangsang kerja otot dan saraf menjadi lebih baik dll.

5. Menurunkan risiko penyakit kanker

10 Manfaat Sinar Matahari Pagi Bagi Tubuh, Menyehatkan!unsplash.com/Ken Treloar

Orang yang tinggal di dekat garis khatulistiwa mempunyai vitamin D yang lebih baik, ketimbang mereka yang bertempat di daerah kutub, karena mereka kurang mendapat sinar matahari.

Baca Juga: 12 Manfaat Menakjubkan Sinar Matahari Pagi Untuk Kesehatan

6. Mencegah diabetes

10 Manfaat Sinar Matahari Pagi Bagi Tubuh, Menyehatkan!unsplash.com/Kate

Menurut penelitian, diabetes bisa disebabkan karena rendahnya vitamin D. Seseorang untuk mendapatkan vitamin D salah satunya harus memanfaatkan sinar matahari hari, berjemur sekitar 15 menit.

7. Menguatkan sistem kekebalan tubuh

10 Manfaat Sinar Matahari Pagi Bagi Tubuh, Menyehatkan!unsplash.com/Emma Simpson

Seperti yang kita ketahui, vitamin D dihasilkan sedikit besar dari matahari. Oleh karena itu, matahari adalah sebagai senjata dalam meningkatkan kekebalan tubuh, karena kekebalan tubuh seseorang baik ketika mempunyai vitamin D dalam tubuhnya.

8. Sebagai detoksifikasi tubuh

10 Manfaat Sinar Matahari Pagi Bagi Tubuh, Menyehatkan!unsplash.com/Lucie Delavay

Dengan memanfaatkan sinar matahari pagi pun mampu mengurangi kadar racun yang ada dalam tubuh. Manfaatkan sinar matahari pagi antara 2-3 kali dalam seminggu antara pukul 07.00 sampai 10.00.

9. Memperbaiki sistem pencernaan

10 Manfaat Sinar Matahari Pagi Bagi Tubuh, Menyehatkan!unsplash.com/Imani Clovis

Salah satu manfaat yang di dapat dari sinar matahari pun ialah memperbaiki sistem pencernaan. Ketika seseorang mengalami masalah dengan sistem pencernaannya alangkah baiknya jika memanfaatkan sinar matahari pagi.

10. Memperbaiki kualitas tidur

10 Manfaat Sinar Matahari Pagi Bagi Tubuh, Menyehatkan!unsplash.com/Kalegin Michail

Dari paparan sinar matahari pagi, bermanfaat bagi kualitas tidur. Karena, dengan sinar matahari produksi melantonin dalam tubuh akan meningkat. Ketika seseorang memiliki melatonin yang baik, kualitas tidur pun akan nyenyak dan baik.

Itulah beberapa manfaat sinar matahari pagi bagi kesehatan tubuh. Namun yang harus di ingat, jangan terlalu lama juga berjemur di bawah terik matahari, ada dampak buruk yang dihasilkan juga seperti kanker kulit, dan katarak.

Baca Juga: 6 Efek Bahaya Sinar Matahari bagi Tubuhmu, Gak Cuma Bikin Kulit Gelap!

Ineu Nursetiawati Photo Community Writer Ineu Nursetiawati

✍️

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Merry Wulan

JADWAL SALAT & IMSAK

23
MEI
2019
18 Ramadan 1440 H
Imsak

04.26

Subuh

04.36

Zuhur

11.53

Asar

15.14

Magrib

17.47

Isya

19.00

#MILLENNIALSMEMILIH

Versi: 23 May 2019 06:00:04

Progress: 765.196 dari 813.350 TPS (94.07955%)

Just For You