Comscore Tracker

4 Beda Kulit Pria dan Wanita yang Jarang Dipahami, Apa Aja Ya?

Wajar jika wanita butuh perawatan lebih

Kulit menjadi salah satu dari lima alat indera manusia. Faktanya pria dan wanita memiliki kulit yang berbeda, terlebih ketika telah dewasa perbedaan itu tampak nyata. Wanita memiliki kulit yang lebih sensitif daripada pria. Jadi wajar saja jika membutuhkan perawatan yang lebih pada kulitnya.

Lalu apa saja perbedaan kulit pria dan wanita? Inilah beberapa perbedaan kulit pria dan wanita yang jarang dipahami orang.

1. Kolagen pada pria lebih tebal dari wanita

4 Beda Kulit Pria dan Wanita yang Jarang Dipahami, Apa Aja Ya?mediapria.com

Kolagen ialah bagian dari protein yang ada dalam tubuh guna menyusun dan menahan seluruh tubuh, sifatnya seperti lem. Kolagen memiliki daya tahan kuat terhadap tekanan, umumnya berada di pembuluh darah, otot, tulang, sistem pencernaan, dan tendon.

Kolagen berada pada lapisan kulit tengah, dan pada pria kolagen ternyata lebih tebal. Maka dari itu ketahanan kulit pria lebih kuat, wajah pria pun tidak rentan kerutan, lebih tebal, ketat serta kencang.

2. Pria memiliki kelenjar sebasea lebih aktif

4 Beda Kulit Pria dan Wanita yang Jarang Dipahami, Apa Aja Ya?cantiknsehat.com

Kelenjar sebasea (sebaceous glands) ialah kelenjar mikroskopis pada kulit dan menghasilkan minyak atau biasa disebut sebum. Kelenjar sebasea menjalar keseluruh bagian tubuh kecuali telepak tangan dan kaki. Kelenjar sebasea ini didistribusikan oleh rambut dan kulit wajah yang mana di dua tempat tersebut terkandung kelenjar sebasea sangat banyak.

Namun ada perbedaan kelenjar sebasea antara pria dan wanita, dimana pada pria bersifat lebih aktif. Maka dari itu wajah dan kulit rambut pria mengeluarkan minyak (sebum) lebih banyak.

Baca Juga: 5 Alasan Mengapa Bath Bomb Dapat Berisiko Bagi Kulit Sensitif, Catat!

3. Kulit wanita lebih tipis dari pria

4 Beda Kulit Pria dan Wanita yang Jarang Dipahami, Apa Aja Ya?istimewa

Dalam sebuah penelitian mengungkapkan bahwa kulit wanita lebih tipis 25% dibandingkan pria. Hal itu disebabkan hormon testosteron pada pria lebih banyak 20% dibanding wanita. Hormon testosteron inilah yang menghasilkan kulit pria lebih tebal dan kulit wanita lebih tipis.

4. Kulit pria lebih lembab dibandingkan wanita

4 Beda Kulit Pria dan Wanita yang Jarang Dipahami, Apa Aja Ya?journal.sociolla.com

Pria berkeringat dua kali lebih banyak dibanding wanita serta keringatnya pun mengandung lactid acid yang memengaruhi tingkat pH. Lactid acid dan keringat banyak tersebut berfungsi sebagai pelembab alami bagi pria, jadi sebenarnya pria telah memiliki pelembab alami pada permukaan kulit mereka jadi tidak memerlukan pelembab seperti wanita.

Baca Juga: 5 Manfaat Super Kacang Hijau untuk Kesehatan dan Kecantikan 

Ineu Nursetiawati Photo Community Writer Ineu Nursetiawati

☺️

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Efendi Ari Wibowo

Just For You