Comscore Tracker

6 Manfaat Bawang Bombay, dari Imunitas hingga Nutrisi Kulit dan Rambut

Bumbu masakan ini khasiatnya luar biasa

Bawang bombay merupakan salah satu bumbu dapur memiliki aroma yang sangat kuat. Orang selalu menggunakannya untukmenambah citarasa. Bawang bombay termasuk makanan yang rendah kalori, mengandung antioksidan tinggi, vitamin, mineral, kalsium, kalium, folat, magnesium, fosfor, sulfur dan zat besi.

Dari kandungan-kandungan tersebut bawang bombay memiliki khasiat untuk mencegah berbagai penyakit. Apa saja? Simak ulasan manfaat bawang bombay untuk kesehatan ini.

1. Mengurangi resiko penyakit jantung

6 Manfaat Bawang Bombay, dari Imunitas hingga Nutrisi Kulit dan Rambuthellosehat.com

Kandungan kalium dalam bawang bombay bermanfaat untuk menurunkan tekanan darah, yang notabene darah sangat berhubungan erat dengan jantung.

2. Mencegah penyakit kanker

6 Manfaat Bawang Bombay, dari Imunitas hingga Nutrisi Kulit dan Rambuttokopedia.com

Jika kandungan vitamin C dan antioksidan yang cukup tinggi pada bawang bombay memiliki khasiat menangkal radikal bebas dalam tubuh, yang mana penyakit kanker disebabkan oleh serangan radikal bebas yang merusak sel-sel dalam tubuh.

Baca Juga: 9 Tips Mudah Bikin Bawang Goreng Super Renyah di Rumah

3. Melancarkan sistem pencernaan

6 Manfaat Bawang Bombay, dari Imunitas hingga Nutrisi Kulit dan Rambutinspirasipagi.id

Pencernaan yang bermasalah seperti diare, perut kembung akan mengganggu aktivitas dan terasa gak nyaman. Bawang bombay ternyata bermanfaat untuk menjaga sistem pencernaan, lho. Bawang bombay mengandung serat khusus berbeda dengan sayuran atau buah-buahan lain. Hal ini adalah serat oligofructose. Serat tersebut berkhasiat untuk mengobati diare dan masalah pencernaan lainnya.

4. Menjaga imunitas tubuh

6 Manfaat Bawang Bombay, dari Imunitas hingga Nutrisi Kulit dan Rambutpixabay.com/xxolgaxx

Bawang bombay mengandung antioksidan. Antioksidan quercetin pada bawang bombay bermanfaat untuk menangkal radikal bebas yang menyerang imun tubuh. Kandungan vitamin C bawang bombay pun berkhasiat untuk menambah energi, sehingga tubuh terasa lebih kuat dan sehat.

5. Meredakan gejala asma

6 Manfaat Bawang Bombay, dari Imunitas hingga Nutrisi Kulit dan Rambutdoktersehat.com

Tak hanya untuk menjaga imunitas tubuh, loh. Quercetin pada bawang bombay juga bermanfaat untuk meredakan gejala asma. 

6. Menutrisi kulit dan rambut

6 Manfaat Bawang Bombay, dari Imunitas hingga Nutrisi Kulit dan Rambutpixabay.com/DzeeShah

Kulit dan rambut menjadi hal prioritas yang selalu diperhatikan, terutama wanita. Kandungan vitamin C ada bawang bombay bermanfaat juga untuk menutrisi kulit dan rambut.

Itulah manfaat dari bawang bombay untuk kesehatan. Mulai sekarang gak ada salahnya kamu tambahkan bawang bombay dalam setiap menu masakan. Meskipun aromanya menyengat, memiliki banyak manfaat.

Baca Juga: 10 Jenis Unik Bawang Putih di Dunia yang Jarang Kita Ketahui

Ineu Nursetiawati Photo Community Writer Ineu Nursetiawati

Cerita yang pernah terlintas dibenak

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Efendi Ari Wibowo

Just For You