Comscore Tracker

6 Manfaat Kacang Polong bagi Kesehatan Tubuh

Ternyata kaya khasiat, ya!

Kamu tahu kacang polong kan? Kacang yang berbentuk bulat kecil berwarna hijau ini sama seperti buncis dan lentil, masuk kedalam golongan legum. Kacang yang memiliki nama latin Pisum sativum L ini sama seperti kacang-kacangan lainnya kaya akan nutrisi seperti serat dan protein.

Menurut penelitian ternyata kacang polong berkhasiat untuk kesehatan, lho. Seperti:

1. Mengurangi risiko kanker

6 Manfaat Kacang Polong bagi Kesehatan Tubuhhellosehat.com

Kanker termasuk salah satu penyakit penyumbang kematian terbesar di dunia. Penyakit inipun terbagi menjadi berbagai macam seperti kanker payudara, kanker serviks, kanker darah dll. Kacang polong ternyata makanan yang mengandung antioksidan cukup tinggi yang berperan melawan radikal bebas yang membahayakan kesehatan tubuh.

2. Menjaga kesehatan jantung

6 Manfaat Kacang Polong bagi Kesehatan Tubuhpixabay/Pexels

Kesehatan jantung tentu harus dijaga, mengingat jantung merupakan alat vital yang ada dalam tubuh. Kacang polong memiliki khasiat dalam menjaga kesehatan jantung, karena kacang polong termasuk jenis makanan yang rendah kolesterol dan mengandung kalium untuk menjaga jantung tetap sehat.

3. Mengurangi gejala anemia

6 Manfaat Kacang Polong bagi Kesehatan Tubuhhonestdocs.id

Sama halnya dengan kacang-kacangan lainnya mengandung nutrisi yang baik untuk kesehatan tubuh, kacang polong mengandung vitamin B9 atau folat yang berkhasiat menstabilkan sel darah merah sehingga terhindar dari gejala anemia.

Baca Juga: 5 Manfaat Ajaib Kacang Mete, Favorit Siapa Nih?

4. Menstabilkan tekanan darah

6 Manfaat Kacang Polong bagi Kesehatan Tubuhpixabay/geraldoswald62

Darah erat kaitannya dengan jantung, jantung bertugas memompa aliran darah ke seluruh tubuh. Kacang polong menjadi salah satu makanan penyumbang kalium, nutrisi yang baik untuk mengurangi sumbatan di pembuluh darah dan menjaga darah tetap stabil sehingga terhindar dari penyakit hipertensi dan kardiovaskular.

5. Sebagai metabolisme tubuh

6 Manfaat Kacang Polong bagi Kesehatan Tubuhpixabay/TheVirtualDenise

Kacang yang berbentuk oval ini pun ternyata baik juga untuk metabolisme tubuh kamu, lho. Karena mengandung vitamin B1, niacin dan riboflavin. Dari kandungan tersebut, selain menambah energi dan menjaga kekebalan tubuh juga sebagai solusi diet sehat.

6. Melancarkan pencernaan

6 Manfaat Kacang Polong bagi Kesehatan Tubuhalodokter.com

Kandungan serat yang tinggi mencapai 8.8 gram dari 160 gram pada kacang polong, membuat pencernaan lancar jika memakan biji-bijian yang satu ini. Kamu bisa terhindar dari buang air besar (BAB) yang bermasalah seperti tinja yang encer, sembelit dll.

Wah ternyata kecil-kecil memiliki banyak khasiat, ya. Yuk mulai sekarang sedia kacang polong di rumah, camilan sehat dan kaya manfaat.

Baca Juga: 5 Manfaat Kacang Panjang Untuk Kesehatan yang Jarang Diketahui

Ineu Nursetiawati Photo Community Writer Ineu Nursetiawati

Cerita yang pernah terlintas dibenak

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Siantita Novaya

Just For You