Comscore Tracker

6 Manfaat Tomat untuk Kesehatan, Gak Cuma Buat Sayur Sop

Siapa nih yang gak suka rasa asamnya?

Tomat merupakan salah satu buah-buahan yang berasal dari Amerika Tengah yang memiliki siklus hidup singkat. Di Indonesia sendiri tomat biasanya dijadikan pelengkap masakan, dijadikan jus bahkan dimakan secara langsung.

Dibalik bentuknya yang kecil dan rasanya yang asam, tomat memiliki sejuta manfaat bagi kesehatan, diantaranya:

1. Mencegah penyakit kanker

6 Manfaat Tomat untuk Kesehatan, Gak Cuma Buat Sayur Sopunsplash/nmelchorh

Kanker merupakan salah satu jenis penyakit yang paling mematikan di dunia. Jenis penyakit kanker pun bermacam-macam, kanker payudara, kanker kelenjar getah bening, kanker serviks dll.

Tomat merupakan buah yang memiliki kandungan zat likopen, dimana zat ini berfungsi untuk mengontrol pertumbuhan sel kanker dalam tubuh, selain itu tomat juga mengandung antioksidan yang bermanfaat untuk menghentikan reaksi karsinogenik dalam tubuh.

2. Menurunkan tekanan darah tinggi

6 Manfaat Tomat untuk Kesehatan, Gak Cuma Buat Sayur Sopunsplash/hyttalosouza

Selain bermanfaat untuk mencegah pertumbuhan sel kanker, tomat juga bermanfaat untuk menurunkan tekanan darah tinggi. Di balik zat likopen dan asam klorogenik yang terkandung dalam tomat, ternyata bermanfaat baik untuk menurunkan tekanan darah tinggi sehingga terhindar dari hipertensi.

3. Menyehatkan jantung

6 Manfaat Tomat untuk Kesehatan, Gak Cuma Buat Sayur Sopunsplash/estherdr

Jantung merupakan alat vital dalam tubuh manusia, bertugas sebagai pompa aliran darah ke seluruh tubuh. Tentu kesehatan jantung pun harus diperhatikan oleh setiap orang, salah satunya dari asupan makanan yang sehat.

Di balik rasanya yang asam, tomat ternyata bermanfaat untuk kesehatan jantung. Tomat mengandung potasium yang berfungsi baik untuk menjaga kesehatan jantung.

Baca Juga: 5 Langkah Mudah Bikin Manisan Tomat Rasa Kurma

4. Mencegah peradangan tulang

6 Manfaat Tomat untuk Kesehatan, Gak Cuma Buat Sayur Sopdeherba.com/Cindy Wijaya

Peradangan tulang seperti osteoporosis, osteoarthritis dll tidak hanya menyerang lansia. Bahkan di usia muda pun sekarang ini telah banyak yang mengalami gejala yang satu ini.

Tentu hal ini jangan di abaikan, mengingat tulang sebagai penopang tubuh kita. Kesehatan tulang pun patut kita jaga, selain kamu memanfaatkan obat-obatan atau susu untuk penguat tulang, tomat juga memiliki khasiat dalam mencegah peradangan tulang. Karena, tomat mengandung vitamin K, beta-karoten dan likopen yang tentunya berkhasiat menjaga kesehatan tulang.

5. Memperbaiki sistem pencernaan

6 Manfaat Tomat untuk Kesehatan, Gak Cuma Buat Sayur Soppixabay/derneuemann

Perut terasa meradang, BAB tidak lancar tentu menjadi masalah dan mengganggu aktivitas sehari-hari. Ternyata tomat memiliki manfaat untuk memperbaiki sistem pencernaan juga, lho. Karena, tomat mengandung serat yang cukup tinggi, dari kandungan serat inilah tomat berkhasiat untuk memperbaiki sistem pencernaan.

6. Menambah kekebalan tubuh

6 Manfaat Tomat untuk Kesehatan, Gak Cuma Buat Sayur Sopunsplash/candidbcolette

Menjalani aktivitas sehari-hari tentu kita membutuhkan fisik yang kuat dan sehat. Jika terasa badan gak fit pasti menganggu konsentrasi. Ternyata tomat memiliki khasiat menambah sistem kekebalan tubuh kamu, tomat mengandung vitamin C yang pastinya bermanfaat untuk vitalitas dan menambah energi bagi tubuh.

Itulah beberapa manfaat tomat untuk kesehatan tubuh. Yuk, selalu hadirkan buah kecil ini disetiap menu masakan kamu.

Baca Juga: 5 Olahan Tomat yang Sehat dan Lezat, Yakin Gak Doyan?

Ineu Nursetiawati Photo Community Writer Ineu Nursetiawati

✍️

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Siantita Novaya

Just For You