Comscore Tracker

6 Penyakit yang Mengintai Jika Kamu Kurang Terpapar Sinar Matahari

Mulai sekarang jangan takut terpapar matahari, ya!

Sebagian besar orang di zaman sekarang ini sangat malas terkena sinar matahari. Padahal, jika kamu terpapar sinar matahari, terlebih pagi hari, sangat bermanfaat untuk kesehatan.

Hal tersebut karena matahari adalah sumber vitamin D terbanyak, selain dari makanan. Vitamin D merupakan suatu nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh, diantaranya untuk kesehatan tulang dan gigi. Inilah dampak buruknya terhadap kesehatan jika kamu jarang terpapar sinar matahari.

1. Bad mood

6 Penyakit yang Mengintai Jika Kamu Kurang Terpapar Sinar Mataharivelvet.hu

Menurut sebuah penelitian yang dikemukakan oleh American Journal of Geriatric Psychiatry sinar matahari memengaruhi keseimbangan hormon dalam tubuh. Salah satunya hormon serotonin. Hormon serotonin adalah hormon yang memicu tumbuhnya rasa gembira dan bahagia dalam tubuh. Oleh sebab itu, jika kurang terpapar sinar matahari akan meningkatkan bad mood kamu.

2. Berkurangnya sistem kekebalan tubuh

6 Penyakit yang Mengintai Jika Kamu Kurang Terpapar Sinar Mataharipixabay.com/Mojpe

Dampak lain dari kurangnya terpapar sinar matahari yakni sel darah putih dalam tubuh akan berkurang. Jika darah putih dalam tubuh kamu hanya sedikit akan menyebabkan, tubuh mudah terkena infeksi. Alhasil tubuh pun mudah terkena penyakit.

3. Timbulnya peradangan pada otot dan sendi

6 Penyakit yang Mengintai Jika Kamu Kurang Terpapar Sinar Mataharilopscoop.com

Seperti yang kita ketahui, matahari adalah sumber vitamin D. Seseorang yang kekurangan vitamin D dalam tubuhnya rentan terkena peradangan, seperti peradangan pada sendi, badan dan tulang pegal-pegal, otot pada sakit, badan lemas dan lain sebagainya.

Baca Juga: 5 Efek Negatif Sinar Matahari bagi Tubuh, Bisa Merusak Imun

4. Meningkatkan risiko mandul pada wanita

6 Penyakit yang Mengintai Jika Kamu Kurang Terpapar Sinar Mataharipixabay.com/Free-Photos

Dampak lainnya jika kekurangan sinar matahari yakni menyebabkan kemandulan. Mengapa hal ini bisa terjadi? Karena, wanita jika kekurangan paparan sinar matahari, hormon melatonin dalam tubuhnya akan meningat. Hormon tersebut dapat menekan kesuburan, sehingga menyebabkan seseorang sulit untuk hamil.

5. Meningkatkan risiko terkena penyakit jantung

6 Penyakit yang Mengintai Jika Kamu Kurang Terpapar Sinar Mataharipixabay.com/geralt

Tak hanya untuk kesehatan tulang, vitamin D pada sinar matahari pun berperan penting dalam menjaga kesehatan jantung. Pasalnya, sinar matahari berperan penting juga dalam menjaga tekanan darah dalam tubuh.

Penelitian yang dikemukakan oleh para ahli di Harvard School of Public Health, jika kekurangan vitamin D dari sinar matahari, ternyata dua kali lipat lebih rentan terkena kanker payudara, kanker prostat dan penyakit jantung.

6. Pada anak-anak memperlambat dan mengganggu pembentukan saraf baru

6 Penyakit yang Mengintai Jika Kamu Kurang Terpapar Sinar Mataharipixabay.com/Skitterphoto

Matahari tak hanya berperan penting sebagai vitamin D bagi dewasa. Anak-anak pun jika jarang terpapar sinar matahari berisiko terkena multiple sclerosis. Multiple sclerosis adalah suatu penyakit yang menyerang sistem saraf pusat. Namun pada anak-anak penyerangannya tidak secara tiba-tiba, melainkan akan tejangkit pada saat dewasa kelak.

Itulah dampak buruk bagi kesehatan jika kamu jarang bahkan tidak pernah terpapar sinar matahari. Sebisa mungkin, biasakan setiap hari untuk terpapar sinar matahari, misalnya dengan cara berjemur di pagi hari sekitar 15 menit saja.

Baca Juga: Tak Hanya Sinar Matahari, Ini 7 Penyebab Warna Kulit Tidak Merata

Ineu Nursetiawati Photo Verified Writer Ineu Nursetiawati

☺️

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Agustin Fatimah

Just For You