Comscore Tracker

Gak Hanya Tersedak, Inilah 5 Dampak Buruk Jika Makan Tergesa-gesa

Jangan dijadikan kebiasaan ya

Kerap kali sebagian orang makan tergesa-gesa dijadikan kebiasaan. Dengan alasan buru-buru ngejar waktu lah, biar cepat kenyang lah dan berbagai alasan lainnya. Tak hanya bikin kamu jadi tersedak, lho, makan tergesa-gesa ternyata memicu berbagai masalah terhadap kesehatan.

Inilah lima dampak buruk yang bisa saja mengintai kesehatan kamu jika dibiasakan makan dengan cara tergesa-gesa. 

1. Meningkatkan kadar asam lambung dalam tubuh

Gak Hanya Tersedak, Inilah 5 Dampak Buruk Jika Makan Tergesa-gesapixabay.com/HansMartinPaul

Dilansir dari MedlinePlus yang mengutip dari Perpustakaan Kedokteran Nasional, Amerika Serikat, jika makan tergesa-gesa, otomatis makanan tidak dikunyah secara sempurna, akan membuat lambung bekerja lebih ekstra. Akhirnya, berdampak pada refluks asam lambung, peradangan asam lambung dan gastritis.

2. Obesitas

Gak Hanya Tersedak, Inilah 5 Dampak Buruk Jika Makan Tergesa-gesapixabay.com/jarmoluk

Ketika makan tergesa-tergesa, perut dan otak tidak bekerja sama dengan baik dalam mengontrol asupan makanan. Perut akan mengandalkan emosional, sedangkan otak tidak memberi respon terhadap asupan makanan seberapapun banyaknya makanan yang lagi di makan.

Alhasil, kalori yang masuk pun tidak terkontrol. Jika dibiasakan setiap waktu makan tergesa-gesa, lambat laun menyebakan kegemukan (obesitas).

Baca Juga: 8 Jenis Makanan yang Tidak Bisa Dimakan Mentah, Ada yang Beracun!

3. Sindrom metabolik

Gak Hanya Tersedak, Inilah 5 Dampak Buruk Jika Makan Tergesa-gesapixabay.com/rawpixel

Dalam sebuah penelitian yang dikemukakan oleh dr. Takayuki Yamaji, ahli jantung di Hiroshima University, Jepang, bahwa makan tergesa-gesa menyebabkan sindrom metabolik. Yamaji melakukan penelitian terhadap 1000 orang dalam kurun waktu 5 tahun, dengan 3 pola makan, yakni lambat, sedang dan cepat. Alhasil, orang-orang yang makan dengan cara tergesa-gesa (cepat) memiliki risiko terkena sindrom metabolik.

4. Meningkatkan kalori

Gak Hanya Tersedak, Inilah 5 Dampak Buruk Jika Makan Tergesa-gesapixabay.com/PublicDomainPictures

The Journal of the American Dietetic Association mengemukakan bahwa, ketika makan dengan cara tergesa-gesa tingkat kepuasannya lebih rendah, jadi mau makan sebanyak apapun akan terus melanjutkan makan, dan hal ini tentunya memicu kenaikkan kadar  kalori dalam tubuh. Dampak buruk lainnya menyebabkan obesitas.

5. Mengganggu sistem pencernaan

Gak Hanya Tersedak, Inilah 5 Dampak Buruk Jika Makan Tergesa-gesavz.kiev.ua

Kamu yang memiliki kebiasaan makan dengan cara tergesa-gesa, makanan belum dikunyah sampai halus pun sudah di telan. Hal ini menyebabkan usus bekerja lebih keras untuk mencerna makanan. Dampak lainnya, usus sulit untuk meregenerasi sel-sel penyerapan nutrisi.

Itulah dampak buruk dari kebiasaan makan tergesa-gesa. Sebisa mungkin jangan dijadikan kebiasaan, ya.

Baca Juga: Benarkah Makan Sambil Berdiri Buruk Bagi Kesehatan? Ini Faktanya

Ineu Nursetiawati Photo Verified Writer Ineu Nursetiawati

☺️

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Tania Stephanie

Just For You