Comscore Tracker

8 Manfaat Mengonsumsi Susu Kedelai yang Wajib Kamu Ketahui

Susu nabati non kolesterol

Susu kedelai merupakan air yang dihasilkan dari saripati kacang kedelai, yang diproses dengan cara direbus, dan diambil air rebusannya. Susu kedelai menjadi alternatif bagi yang alergi susu hewani seperti susu sapi atau kambing.

Sama halnya susu sapi dan kambing, susu kedelai pun memiliki nilai gizi dan nutrisi tinggi yang baik untuk kesehatan. Inilah beberapa manfaat susu kedelai untuk kesehatan.

1. Mencegah osteoporosis

8 Manfaat Mengonsumsi Susu Kedelai yang Wajib Kamu Ketahuideherba.com/Cindy Wijaya

Osteoporosis merupakan gejala rasa sakit pada tulang, umumnya diderita oleh lansia. Meringankan gejala osteoporosis ternyata bisa didapatkan dari susu kedelai, karena susu kedelai mengandung fitoestrogen untuk menyerap kalsium yang dibutuhkan oleh tulang.

Selain itu, susu kedelai pun diperkaya oleh vitamin D yang bermanfaat untuk masalah tulang seperti osteoporosis.

2. Menurunkan kadar kolesterol tinggi

8 Manfaat Mengonsumsi Susu Kedelai yang Wajib Kamu Ketahuipixabay/TesaPhotography

Susu kedelai bisa menjadi alternatif pengganti susu sapi bagi penderita kolesterol tinggi, karena susu kedelai merupakan susu non kolesterol dan lemak tak jenuh.

Selain itu, susu kedelai juga tinggi asam lemak (omega-3) yang bermanfaat untuk mengurangi lemak darah (kolesterol), sehingga dapat mengurangi risiko serangan jantung maupun jantung koroner.

3. Mencegah penyakit kanker

8 Manfaat Mengonsumsi Susu Kedelai yang Wajib Kamu Ketahuipixabay/tee1036

Susu kedelai pun ternyata mengandung antioksidan yaitu zat genistein untuk menangkal radikal bebas yang menyebabkan tumbuhnya sel kanker yang dapat merusak tubuh. Mengonsumsi susu kedelai 10 mg/hari ternyata berkhasiat menurunkan risiko kanker payudara sebesar 25%.

4. Mengurangi risiko berbagai penyakit pasca menopause

8 Manfaat Mengonsumsi Susu Kedelai yang Wajib Kamu Ketahuipixabay/congerdesign

Umumnya wanita yang telah menopause kekebalan tubuh akan berkurang.

Isoflavon pada susu kedelai ternyata berkhasiat mempertahankan kekebalan tubuh wanita yang telah menopause. Isoflavon yang terdapat pada susu kedelai mengandung antioksidan untuk menangkal radikal bebas dan mengandung estrogenik.

Baca Juga: 5 Manfaat Baik yang Dapat Diperoleh Dari Kacang Kedelai

5. Melancarkan pencernaan

8 Manfaat Mengonsumsi Susu Kedelai yang Wajib Kamu Ketahuipixabay/derneuemann

Pencernaan bermasalah pasti membuat rasa tidak nyaman serta aktivitas merasa terganggu. Isoflavon yang terdapat pada susu kedelai pun ternyata bermanfaat untuk mengatasi masalah pencernaan karena bekerja untuk meningkatkan absorpsi pada usus.

6. Menguatkan pembuluh darah

8 Manfaat Mengonsumsi Susu Kedelai yang Wajib Kamu Ketahuipixabay/PhotoLizM

Pembuluh darah merupakan bagian dari sirkulasi darah yang bertugas membawa darah ke seluruh tubuh. Kandungan phyto-antioksidan, asam lemak omega-3, dan omega-6 yang terdapat pada susu kedelai ternyata efektif melindungi pembuluh darah dalam tubuh dari luka maupun pendarahan.

7. Mencegah anemia

8 Manfaat Mengonsumsi Susu Kedelai yang Wajib Kamu Ketahuidraxe.com

Anemia atau kekurangan sel darah merah juga ternyata bisa diatasi dengan susu kedelai, karena susu kedelai mengandung vitamin B12 yang membantu proses produksi sel darah merah.

8. Meningkatkan kekebalan tubuh

8 Manfaat Mengonsumsi Susu Kedelai yang Wajib Kamu Ketahuipixabay.com//RondellMelling

Susu kedelai memiliki khasiat menjaga kekebalan atau imun tubuh karena susu kedelai mengandung zinc dan antioksidan. Punya tubuh yang sehat dan kuat terhadap segala macam jenis penyakit tentunya diharapkan oleh semua orang.

Itulah manfaat dari mengonsumsi susu kedelai. Yuk konsumsi susu kedelai secara teratur agar kamu bisa mendapatkan manfaat sehatnya.

Baca Juga: 10 Makanan Ini Gak Baik Dicampur Susu, Bisa Picu Penyakit

Ineu Nursetiawati Photo Verified Writer Ineu Nursetiawati

Menulis adalah bekerja untuk keabadian بِسْمِ اللهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيْمِ

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Berita Terkini Lainnya