Comscore Tracker

5 Penyebab Kamu Memiliki Penyakit Mag, Bukan Hanya Telat Makan

Jangan dianggap sepele, lho!

Umumnya, orang mengenal penyakit mag ini ditandai dengan perut terasa perih, begah, mual, muntah dan lain sebagainya. Dengan tanda-tanda tersebut, bahkan sebagian orang menganggapnya dalam kategori penyakit yang biasa saja, dengan beranggapan "ah ntar juga sembuh sendiri". Namun jangan terlalu disepelekan, lho. Ketika asam lambung sudah benar-benar kronis bisa menyebabkan kematian.

Perlu kamu ketahui, mag itu bukan penyakit yang hanya disebabkan oleh telatnya makan saja. Berbagai faktor lainnya pun bisa menjadi penyebab kamu memiliki penyakit mag, seperti:

1. Pola makan yang tidak teratur

5 Penyebab Kamu Memiliki Penyakit Mag, Bukan Hanya Telat Makanisnsfaculty.com

Semua orang beranggapan bahwa mag diakibatkan oleh telat makan. Namun tak hanya itu saja ternyata, pola makan yang tidak teratur seperti makan dalam porsi banyak, lalu tunggu sampai benar-benar lapar lagi, baru makan pun bisa menyebabkan kadar asam lambung naik, sehingga memicu tumbuhnya penyakit mag.

Selain itu, kebiasaan berbaring bahkan langsung tidur setelah makan pun dapat meningkatkan kadar asam lambung naik ke kerongkongan.

2. Makan makanan yang kurang tepat

5 Penyebab Kamu Memiliki Penyakit Mag, Bukan Hanya Telat Makannypost.com

Makanan yang kurap tepat dan tubuh tidak menerimanya, dapat menyebabkan penyakit mag juga. Misalnya keseringan makan makanan pedas, asam, gorengan dan makanan berlemak pun dapat menjadi penyebab timbulnya penyakit mag dalam tubuh kamu.

Pasalnya, semua jenis makanan tersebut dapat memicu meningkatnya produksi asam lambung dalam tubuh. Sebisa mungkin, kamu memakannya dalam hitungan yang wajar dan dalam waktu yang tepat, ya.

Baca Juga: 5 Manfaat Daun Bandotan Bagi Kesehatan, Bisa untuk Redakan Mag

3. Minuman mengandung alkohol

5 Penyebab Kamu Memiliki Penyakit Mag, Bukan Hanya Telat Makanpixabay.com/Free-Photos

Mengonsumsi minuman beralkohol pun menjadi penyebab penyakit mag. Pasalnya, alkohol dapat menyebabkan lapisan lambung iritasi dan mengikis. Tak hanya itu, alkohol juga dapat meningkatkan asam lambung sehingga tubuh kerap kali merasa dehidrasi.

4. Mengonsumsi kafein secara berlebihan

5 Penyebab Kamu Memiliki Penyakit Mag, Bukan Hanya Telat Makanpixabay.com/Engin_Akyurt

Mungkin telah menjadi rahasia umum jika kafein memengaruhi asam lambung, terlebih ketika perut dalam keadaan kosong lalu mengonsumsi kopi, maka kadar asam lambung akan naik. Tak jarang, jika terus-terusan mengonsumsi kopi dan tidak memerhatikan kesehatan, akan menimbulkan penyakit mag.

Mengapa demikian? Karena kopi merupakan minuman yang berkarbonasi sama halnya dengan soda, sehingga dapat merangsang naiknya asam lambung menuju kerongkongan dan menyebabkan nyeri pada perut bagian atas.

5. Infeksi bakteri pada lambung

5 Penyebab Kamu Memiliki Penyakit Mag, Bukan Hanya Telat Makanpixabay.com/qimono

Jenis bakteri helicobacter pylori merupakan bakteri yang biasa didapat dari makanan yang tidak steril. Bakteri jenis ini dapat menjadi pemicu timbulnya penyakit mag, karena dapat mengakibatkan peradangan (gastritis) pada lambung.

Oleh sebab itu, konsumsilah makanan yang higenis serta bernutrisi, guna mengendalikan aktivitas bakteri dan terlindungi dari peradangan dalam tubuh.

Itulah penyebab timbulnya penyakit mag dalam tubuh. Sebisa mungkin kamu harus selalu memerhatikan asupan makanan dan menjaga pola hidup, ya. Guna terhindar dari berbagai penyakit.

Baca Juga: Yuk Ikuti 5 Langkah Redakan Perut Nyeri Akibat Kram, Mudah Kok!

Ineu Nursetiawati Photo Verified Writer Ineu Nursetiawati

☺️

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Tania Stephanie

Just For You