Comscore Tracker

5 Fakta Sehat Safron, Bisa Bantu Obati Depresi lho!

Ternyata rempah ini punya manfaat untuk kesehatan mental

Pernah dengar safron? Rempah termahal sedunia yang banyak digunakan dalam berbagai kuliner ini ternyata juga punya manfaat menyehatkan, lho, termasuk di antaranya adalah untuk mengatasi depresi.

Menurut data dari Badan Kesehatan Dunia (WHO), 300 juta penduduk di seluruh dunia berjuang melawan depresi. Nah, ingin tahu bagaimana kerja safron dalam mengatasi depresi sekaligus menjaga kesehatan mental kita? Simak penjelasannya berikut ini.

1. Memperbaiki mood

5 Fakta Sehat Safron, Bisa Bantu Obati Depresi lho!Unsplash/RaduFlorin

Safron juga dikenal sebagai "sunshine spice". Julukan tersebut bukan cuma karena warnanya yang kuning atau oranye terang, tetapi karena manfaatnya dalam memperbaiki suasana hati.

Menurut sebuah tinjauan metaanalisis berjudul "Saffron (Crocus sativus L.) and major depressive disorder: a meta-analysis of randomized clinical trials" dalam Journal of Integrative Medicine tahun 2013, konsumsi suplemen safron lebih efektif dalam mengobati depresi stadium ringan-sedang. Manfaat tersebut didapat dari stigma (kepala putik) tanaman. 

Safron mengandung mengandung senyawa safranal dan crorin yang memiliki efek antidepresan dengan cara menjaga keseimbangan dari hormon-hormon kebahagiaan dalam tubuh yakni dopamin, norepinefrin, dan serotonin.

2. Memiliki khasiat layaknya obat anti depresi

5 Fakta Sehat Safron, Bisa Bantu Obati Depresi lho!unsplash.com/MohammadAmiri

Sudah banyak penelitian yang meneliti khasiat safron untuk kesehatan, termasuk di antaranya membandingkan manfaat rempah tersebut dengan obat-obatan anti depresi.

Salah satunya, penelitian dalam jurnal Progress in Neuro-Psychopharmacology & Biological Psychiatry tahun 2007 membandingkan safron dengan obat fluoxetine (salah satu obat depresi). Ditemukan bahwa safron sama efektifnya dengan obat tersebut. Obat lainnya yang juga diteliti adalah imipramine. Lagi-lagi, safron ditemukan tak kalah khasiatnya dengan obat tersebut.

Baca Juga: Waspada! Setiap Orang Bisa Depresi, Ini 5 Gejala Klinisnya

3. Membantu memperbaiki gangguan ereksi

5 Fakta Sehat Safron, Bisa Bantu Obati Depresi lho!unsplash.com/BeccaTapert

Dampak depresi tak hanya dirasakan mental, tetapi juga fisik. Salah satunya adalah dapat menimbulkan gangguan ereksi, yang mana bisa timbul akibat efek samping dari pengobatan antidepresan. Pada praktiknya di lapangan, gangguan ereksi ini cukup menjadi fokus pengobatan depresi pada laki-laki.

Nah, menurut laporan dalam jurnal Psychopharmacology tahun 2012, safron memiliki manfaat untuk menekan terjadinya gangguan ereksi pada laki-laki akibat efek samping dari obat fluoxetine. Selain itu, konsumsi rempah tersebut juga dilaporkan dapat meningkatkan kepuasan seks pada kaum adam.

4. Memperbaiki mood lewat perut

5 Fakta Sehat Safron, Bisa Bantu Obati Depresi lho!pixabay.com/Ulrike Leone

Safron bisa memperbaiki mood melalui perut. Bagaimana maksudnya? Menurut laporan dalam jurnal Psychiatry Research tahun 2013, safron dapat membantu otot-otot pencernaan menjadi relaks.

Saluran pencernaan merupakan salah satu dasar yang penting bagi sistem imun kita. Bila sistem pencernaan tidak kuat dan sehat, maka sistem imun akan meningkatkan inflamasi atau peradangan di seluruh tubuh, salah satunya adalah otak. Gangguan pada otak ini tentu akan berdampak pada suasana hati.

Nah, ketika saluran pencernaan kita dalam kondisi sehat, maka neurotransmiter akan bekerja dengan seimbang, sehingga mood kita pun akan bagus.

5. Jadikan safron sebagai suplemen makanan

5 Fakta Sehat Safron, Bisa Bantu Obati Depresi lho!Unsplash.com/pablomerchanm

Melansir Psychology Today, safron bisa dijadikan sebagai bumbu untuk berbagai resep. Misalnya campuran risotto, paella, bumbu ayam panggang, dan masih banyak lagi. Selain lewat masakan, kamu juga bisa mendapatkan asupan safron lewat suplemen yang umumnya dikonsumsi dua kapsul per hari. 

Meski demikian, bila ingin mendapatkan manfaat safron lewat konsumsi suplemen, bicarakan dulu dokter khususnya bila sedang dalam pengobatan penyakit tertentu.

Itulah beberapa manfaat safron bagi kesehatan mental kita, sekaligus khasiatnya dalam membantu mengatasi depresi. Bila kamu memiliki depresi dan ingin mencoba manfaat safron ini, bicarakan dulu dengan dokter yang merawatmu sebelum mengonsumsinya, ya. 

Baca Juga: Ternyata Ada 9 Faktor Fisik Penyebab Depresi, Apa Saja?

Intan Ardyla Mahardika Photo Writer Intan Ardyla Mahardika

Write and Share Happiness. Health and Lifestyle Tips. Intanardyla1608@gmail.com

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Nurulia R. Fitri

Berita Terkini Lainnya