Comscore Tracker

5 Risiko Buruk Kalau Kamu Malas Sikat Gigi Sebelum Tidur

Berani ambil risiko terburuk?

Hayo, siapa nih di antara kamu yang sering malas atau bahkan hampir gak pernah sikat gigi sebelum tidur? Barangkali kamu sudah tahu bahwa menyikat gigi yang baik adalah dilakukan dua hari sekali, yaitu sesudah sarapan dan sebelum pergi tidur malam. Tapi, kenapa masih saja enggan gosok gigi sebelum tidur, ya?

Hmm, sepertinya kamu perlu paham dulu nih tentang 5 risiko buruk yang mengintai kamu jika kamu malas sikat gigi sebelum tidur. Sebelum terlambat, yuk mulai rajin gosok gigi malam menjelang waktu tidurmu!

1. Bau mulut tak sedap di pagi hari

5 Risiko Buruk Kalau Kamu Malas Sikat Gigi Sebelum Tidurtriangledentistry.com

Risiko paling ringan dari tak menyempatkan gosok gigi di malam hari adalah munculnya bau tak sedap ketika kamu bangun di pagi hari. Bakteri di mulut yang bersifat anaerob atau tidak bisa bertahan hidup saat tidak ada oksigen akan mencerna protein dan sisa-sisa makanan yang terselip di antara gigi dan gusi. Protein yang dicerna inilah kemudian menghasilkan gas yang memicu munculnya bau tak sedap pada rongga mulut.

2. Pembusukan gigi yang menyebabkan gigi berlubang

5 Risiko Buruk Kalau Kamu Malas Sikat Gigi Sebelum Tiduremergencydentistsusa.com

Tahukah kamu kalau produksi air liur berkurang drastis ketika kamu sedang tidur? Padahal air liur ini mengandung anti bakteri yang berfungsi sebagai pembunuh kuman di dalam rongga mulut. Ketika produksi air liur menurun, otomatis mulut kekurangan anti bakteri untuk melawan kuman-kuman yang masih bersemayam di dalam rongga mulut. Apabila kamu gak menyempatkan membersihkan gigimu dari sisa makanan yang masuk, kuman bakal makin cepat berkembang biak. Akibatnya, gigi kamu akan lebih rentan rusak, membusuk, dan berlubang.

3. Penumpukan karang gigi

5 Risiko Buruk Kalau Kamu Malas Sikat Gigi Sebelum Tidurdentistryondusk.com

Saat kamu gak rutin menyikat gigi sebelum tidur, secara perlahan sisa makanan yang bercampur dengan bakteri Streptococcus mutans di dalam mulut akan membentuk plak pada gigi. Plak gigi ini umumnya berwarna putih kekuningan yang sering muncul di antara gigi dan sepanjang batas gigi dan gusi.

Nah, jika plak gigi tersebut dibiarkan terus-menerus, lama kelamaan akan mengeras dan berubah menjadi karang gigi yang membandel. Lebih lanjut, karang gigi yang telah terbentuk bisa merusak enamel gigi dan menyebabkan kerusakan gigi.

Baca Juga: Selamat Hari Dokter Gigi! Kenali 19 Fakta Unik Soal Kesehatan Mulut

4. Periodontitis atau penyakit gusi

5 Risiko Buruk Kalau Kamu Malas Sikat Gigi Sebelum Tidurflormadrigal.com

Kerusakan lain saat kamu malas sikat gigi sebelum tidur adalah risiko terkena infeksi gusi yang disebut dengan periodontitis. Infeksi ini adalah kelanjutan dari menumpuknya karang gigi sebagai media berkembangnya bakteri. Periodontitis ditandai dengan munculnya rasa nyeri saat mengunyah, gusi terasa lunak saat disentuh, atau keluarnya nanah pada batas antara gigi dan gusi. Jika periodontitis telah menyerang, efek buruk lainnya yang bisa terjadi adalah tanggalnya gigi, degradasi tulang, dan rusaknya jaringan yang menahan gigi di tempatnya.

5. Infeksi katup jantung

5 Risiko Buruk Kalau Kamu Malas Sikat Gigi Sebelum Tidurmedicalnewstoday.com

Beberapa hasil penelitian memperlihatkan bahwa bakteri Streptococcus mutans yang merusak gigi mampu bergerak mengikuti aliran darah. Jika dibiarkan terus-menerus, bukan gak mungkin bakteri tersebut akan hinggap di organ jantung yang bisa menyebabkan terjadinya infeksi katup jantung. Selain jantung, organ tubuh lain yang rentan terkena serangan bakteri tersebut adalah paru-paru dan ginjal. Ih, seram!

Dari risiko paling ringan hingga terparah sudah siap mengincarmu jika kamu masih malas menyikat gigi sebelum tidur. So, berani ambil risiko-risiko di atas, atau mulai rajin gosok gigi sebelum tidur, nih?

Baca Juga: Gak Hanya untuk Gigi, Ini Nih 6 Manfaat Odol untuk Kulit Cantikmu

Intan Deviana Photo Verified Writer Intan Deviana

Suka jalan-jalan, suka foto-foto, suka nulis :)

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Siantita Novaya

Just For You