Comscore Tracker

Sebelum Memutuskan Operasi Lasik, Ketahui Dulu 6 Hal Penting Ini

Demi mata kembali sehat

Mulai naik daun di awal tahun 2000, lasik yang merupakan singkatan dari Laser-Assisted In-Situ Keratomileusis, menjadi salah satu upaya penyembuhan gangguan penglihatan melalui teknologi modern, seperti mata minus, mata plus, maupun mata silinder.

Dengan biaya operasi yang terbilang gak murah, lasik digadang-gadang bisa mengatasi ketergantungan pasien pada penggunakan kacamata atau lensa kontak.

Nah, apabila kamu tertarik untuk menjalani prosedur operasi lasik, sebaiknya ketahui dulu 6 hal penting berikut. Nantinya kamu akan lebih siap jika benar-benar memutuskan untuk operasi lasik.

1. Gak semua orang bisa menjalani operasi lasik

Sebelum Memutuskan Operasi Lasik, Ketahui Dulu 6 Hal Penting IniPexels/Silvia Trigo

Kabarnya, sekitar 30 persen pasien dinyatakan ditolak saat mengajukan diri melakukan prosedur lasik. Penyebabnya beragam, seperti dry eye syndrome, gangguan pada kornea mata, ibu hamil dan menyusui, serta anak berusia di bawah 18 tahun.

2. Lasik tidak menjamin pasien bisa sembuh sempurna

Sebelum Memutuskan Operasi Lasik, Ketahui Dulu 6 Hal Penting Inimoneycrashers.com

Penyebab pasien gak sembuh sempurna pasca operasi lasik sebetulnya timbul karena beberapa hal yang terjadi setelah prosedur operasi selesai. Misalnya, kebiasaan mengucek mata, adanya debu yang masuk ke dalam mata, dan prosedur perawatan pasca operasi yang kurang tepat.

Menurut dr Ida Bagus Gede Wirastana, SpM dari Jakarta Timur Eye Center, RS Harapan Bunda, hampir 96 persen pasien merasa puas dengan hasil operasi lasik. Hanya 1 dibanding 100.000 pasien saja yang mengaku mengeluh pasca operasi.

3. Banyak prosedur yang harus dilakukan sebelum proses operasi

Sebelum Memutuskan Operasi Lasik, Ketahui Dulu 6 Hal Penting Inieverythingeyesboca.com

Beberapa hal yang harus kamu lakukan sebelum menjalani operasi lasik adalah menghentikan penggunaan lensa kontak selama 2-4 minggu sebelum evaluasi pertama. Hal ini dilakukan untuk mencegah perubahan bentuk kornea akibat bersentuhan dengan lensa kontak.

Selain itu, kamu juga gak diperkenankan memakai make up, lotion, cream, ataupun parfum sehari sebelum hari dilakukannya operasi lasik.

Baca Juga: Ini 5 Rekomendasi Masker Mata untuk Segarkan Mata Panda dan Lelah!

4. Membutuhkan waktu yang lama untuk proses penyembuhan

Sebelum Memutuskan Operasi Lasik, Ketahui Dulu 6 Hal Penting IniPexels/Magda Ehlers

Meski proses operasi lasik umumnya dilakukan gak lebih dari 30 menit, namun prosedur perawatan dan penyembuhan pasca operasi terbilang tidak sebentar. Setidaknya kamu butuh 3-6 bulan hingga mata kamu benar-benar dalam kondisi baik.

Beberapa perawatan pasca operasi lasik yang perlu kamu lakukan, antara lain menggunakan kacamata untuk menghalau sinar berlebih, tidak menggunakan make up mata selama 2 minggu, tidak boleh berenang selama 2 bulan, dan tidak melakukan olahraga selama 3 hari.

5. Operasi lasik tetap memiliki efek samping

Sebelum Memutuskan Operasi Lasik, Ketahui Dulu 6 Hal Penting Inibesthealthmag.ca

Efek samping yang biasanya langsung pasien rasakan setelah operasi adalah rasa gatal, panas, dan kondisi kurang nyaman pada daerah sekitar mata. Selain itu, penglihatan kamu juga akan sedikit buram dan lebih sensitif terhadap cahaya matahari.

Agar efek-efek samping tersebut gak berlarut-larut kamu rasakan, sebaiknya lakukan dengan baik arahan dari dokter untuk prosedur perawatan mata kamu pasca operasi, ya.

6. Lasik tidak menyebabkan kebutaan

Sebelum Memutuskan Operasi Lasik, Ketahui Dulu 6 Hal Penting IniPixabay/StockSnap

Kabarnya, risiko kebutaan akibat operasi lasik sama seperti risiko kebutaan akibat penggunaan lensa kontak. Artinya, risiko kebutaan akibat operasi lasik sangatlah kecil, bahkan hampir gak ada seperti belum pernah ditemukannya pengguna lensa kontak yang menjadi buta karena sering menggunakannya.

Dengan mengetahui 6 hal tentang operasi lasik di atas, apakah kamu makin bersemangat untuk segera operasi lasik, atau justru malah mundur teratur?

Baca Juga: Tanpa Disadari, 5 Kebiasaan Ini Bisa Ganggu Kesehatan Mata Kamu Lho!

Intan Deviana Photo Verified Writer Intan Deviana

Suka jalan-jalan, suka foto-foto, suka nulis :)

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Just For You