Comscore Tracker

Baik untuk Kesehatan, 5 Jenis Dedaunan Ini Bisa Diolah Jadi Teh

Bukan cuma dari daun teh saja! 

Teh adalah salah satu minuman favorit banyak orang yang terkenal dengan variannya yang bermacam-macam. Selain sebagai minuman yang nikmat, teh juga memiliki manfaat kesehatan yang beragam.

Teh biasanya diolah dari bunga atau bisa juga dari daun. Untuk mengetahui daun apa saja yang bisa dijadikan sebagai teh, yuk, simak dedaunan yang bisa dijadikan teh seperti yang dijelaskan di bawah ini!

1. Camellia sinensis

Baik untuk Kesehatan, 5 Jenis Dedaunan Ini Bisa Diolah Jadi Tehpixabay.com/kyhddohani89

Camellia sinensis atau tanaman teh adalah jenis dedaunan yang paling banyak digunakan untuk dibuat teh. Biasanya Camellia sinensis dijadikan sebagai bahan utama pembuatan teh hitam, teh hijau, dan teh putih.

Teh putih diolah dari kuncup Camellia sinensis yang langsung dikeringkan tanpa harus melalui proses oksidasi. Sementara itu, teh hijau dan teh hitam berasal dari bagian daun yang sama. Bedanya, teh hitam diproses melalui fermentasi sedangkan teh hijau tidak.

Baik teh hijau, putih, maupun hitam sama-sama kaya akan antioksidan. Sebuah studi dalam jurnal Food Research International tahun 2013 membandingkan tingkat antioksidan teh hitam, hijau, dan putih. Studi tersebut menemukan bahwa teh hijau mendapat skor tertinggi, lalu diikuti oleh teh putih dan kemudian teh hitam.

Selain itu, ketiga teh ini juga memiliki tingkat kafein yang berbeda-beda. Teh hitam memiliki tingkat kafein paling tinggi dibandingkan teh hijau dan putih. Kafein jika dikonsumsi dengan porsi yang sesuai akan membantu mengontrol berat badan, meningkatkan daya ingat, hingga menekan risiko penyakit jantung. Namun, bagi yang ingin meminimalkan konsumsi kafein, lebih baik beralih ke teh putih dan teh hijau.

2. Peppermint

Baik untuk Kesehatan, 5 Jenis Dedaunan Ini Bisa Diolah Jadi Tehpexels.com/Mareefe

Peppermint adalah salah satu bahan yang biasanya digunakan dalam berbagai produk, termasuk pasta gigi, permen, dan teh. Beberapa orang yang tidak suka dengan aroma dan rasa yang kuat mungkin akan tidak cocok dengan teh ini.

Selama ratusan tahun, banyak orang telah menggunakan peppermint baik sebagai penyedap maupun sebagai bahan herbal. Melansir Healthline, berikut beberapa manfaat kesehatan dari peppermint:

Baca Juga: 5 Teh ini Punya Kandungan Gizi yang Tinggi, Menyehatkan!

3. Rosemary

Baik untuk Kesehatan, 5 Jenis Dedaunan Ini Bisa Diolah Jadi Tehfreepik.com/bondarenko_rimma

Rosemary biasanya sering dijumpai dalam makanan, seperti steak atau makakan yang dipanggang seperti ikan atau ayam panggang. Selain menjadi bumbu masak, rosemary juga merupakan jenis teh yang populer yang menawarkan berbagai manfaat kesehatan.

Melansir Medical News Today, rosemary memiliki beberapa manfaat kesehatan, di antaranya memperbaiki pencernaan, meningkatkan daya ingat dan konsentrasi, mencegah kanker, dan sebagai antioksidan.

Rosemary aman jika dikonsumsi dalam dosis rendah. Namun, dosis yang sangat besar dapat memicu efek samping yang serius, seperti muntah, edema paru, hingga keguguran. Oleh karena itu, ibu hamil tidak disarankan untuk mengonsumsi rosemary secara berlebihan.

4. Sage

Baik untuk Kesehatan, 5 Jenis Dedaunan Ini Bisa Diolah Jadi Tehcommons.wikimedia.org/cogdogblog

Dalam makanan, biasanya daun sage digunakan sebagai bumbu dan rempah. Selain itu, daun sage biasanya juga digunakan sebagai produk pengharum. 

Melansir WebMD, sage memiliki manfaat untuk meningkatkan fungsi kognitif, menjaga kesehatan mulut, meringankan gejala menopause, dan mengurangi peradangan di mulut dan tenggorokan. 

Untuk menghindari risiko kesehatan, jangan mengonsumsi teh sage terlalu banyak. Karena sage mengandung senyawa thujone, perempuan yang sedang hamil atau menyusui lebih baik menghindari teh ini.

5. Kelor

Baik untuk Kesehatan, 5 Jenis Dedaunan Ini Bisa Diolah Jadi Tehpixabay.com/Sabna Vibhandik

Bagian bunga, biji, akar, dan daun dari tanaman kelor atau moringa bisa dimakan dan memiliki manfaatnya masing-masing bagi kesehatan. Daun kelor biasanya direbus dan dimakan seperti bayam atau bisa juga dengan dikeringkan untuk dijadikan teh.

Sebuah penelitian yang diterbitkan di jurnal Antioxidants tahun 2017 mengungkapkan, daun kelor adalah strategi yang baik untuk berbagai kondisi yang berhubungan dengan penyakit jantung, diabetes, kanker, dan perlemakan hati. Hebat, kan?

Itulah jenis dedaunan yang bisa diolah menjadi teh. Kamu bisa mengonsumsi varian teh di atas dan disesuaikan dengan kondisi kesehatanmu. Ingat, hindari konsumsi secara berlebihan dan kombinasikan dengan pola makan sehat bergizi seimbang, olahraga rutin, dan tidur cukup agar manfaatnya maksimal!

Baca Juga: 7 Khasiat Minum Teh Setiap Hari, Cegah Kanker dan Diabetes

Sharma Khan Photo Verified Writer Sharma Khan

Cukup baca tulisanku tanpa harus tahu siapa aku

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Nurulia R. Fitri

Berita Terkini Lainnya