Comscore Tracker

Kurang-kurangi, ya! Ini 6 Bahaya Kesehatan Mi Instan Dicampur Nasi

Sayangi kesehatanmu, ya...

Mi instan merupakan makanan yang mudah dan praktis dalam pembuatannya. Makanan instan ini pun sudah terkenal di kalangan masyarakat. Selain harganya yang murah, makanan ini juga mampu mengobati rasa lapar, terlebih jika kamu tinggal sendirian. 

Namun, tak jarang mi instan ini sering dimakan bersamaan dengan nasi. Maksudnya agar perut lebih terasa kenyang. Meski begitu, siapa sangka hal itu justru akan menimbulkan bahaya kesehatan. Berikut di antaranya.

1. Gizi tak terpenuhi

Kurang-kurangi, ya! Ini 6 Bahaya Kesehatan Mi Instan Dicampur Nasiblog.regopantes.com

Nasi terkenal dengan kandungan karbohidrat yang banyak. Begitu pula dengan mi instan. Mungkin jika mengonsumsi keduanya, laparmu bisa hilang. Namun, kandungan gizimu sebenarnya tak terpenuhi. Keadaan seperti ini bisa membuatmu mudah terserang penyakit.

2. Meninggikan hormon insulin

Kurang-kurangi, ya! Ini 6 Bahaya Kesehatan Mi Instan Dicampur Nasipexels.com/pixabay

Bahaya memakan nasi bersama mi instan ini terletak pada kadar karbohidrat yang menjadi sangat banyak. Keduanya mengandung sekitar 750 kalori jika dimakan bersamaan.

Karbohidrat yang menghasilkan zat gula ini akan berubah menjadi hormon insulin. Jika hormon insulin menjadi tinggi, kamu akan mudah terjangkit berbagai macam penyakit.

3. Merusak pankreas

Kurang-kurangi, ya! Ini 6 Bahaya Kesehatan Mi Instan Dicampur Nasipexels.com/pixabay

Terlalu banyak mengonsumsi karbohidrat akan menghasilkan zat gula yang banyak pula. Zat gula ini pun akan berubah menjadi hormon insulin. Organ yang bekerja keras mengolah hormon tersebut terletak di pankreas. Semakin banyak zat gula yang diolah, semakin berat pula kerja pankreas. Ujung-ujungnya pankreas bisa rusak.

Baca Juga: 4 Fakta Unik Mi Instan Ini Jarang Dipedulikan Orang

4. Risiko diabetes melitus

Kurang-kurangi, ya! Ini 6 Bahaya Kesehatan Mi Instan Dicampur Nasipexels.com/rawpixel.com

Pankreas yang rusak akan susah memfilter antara gula dan darah. Kamu pun berisiko terkena diabetes melitus.

5. Melebarkan volume perut

Kurang-kurangi, ya! Ini 6 Bahaya Kesehatan Mi Instan Dicampur Nasipexels.com/rawpixel.com

Mi instan dan nasi yang memiliki banyak karbohidrat hanya akan menambah lebar volume perut. Kebiasaan sering mengonsumsi makanan ini justru akan mengarah pada obesitas. Bertambahnya lingkar perut ini merupakan salah satu tahap awal menuju obesitas.

6. Kandungan mi instan tidak baik

Kurang-kurangi, ya! Ini 6 Bahaya Kesehatan Mi Instan Dicampur Nasipexels.com/rawpixel.com

Kandungan dalam mi instan sangatlah buruk karena tidak ada vitamin, protein, maupun serat. Di dalamnya hanya terdapat karbohidrat dan lemak. Oleh sebab itu, memakan mi instan sangatlah dilarang karena tidak baik untuk kesehatan.

Itulah enam bahaya yang terjadi jika mengonsumsi nasi dicampur dengan mi instan. Hentikan kebiasaan buruk ini untuk menjaga kesehatanmu, ya.

Baca Juga: 6 Mi Instan Ternikmat Asal Luar Negeri yang Harus Dicoba

isro ima Photo Verified Writer isro ima

Penikmat Sastra, Penonton Ulung, Hobi Makan.. Follow @isroima

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Yudha

Berita Terkini Lainnya