Comscore Tracker

Meskipun Pahit, 5 Manfaat Air Rebusan Daun Sirsak untuk Kesehatan

Obat-obatan dari bahan alami nih

Sirsak merupakan buah-buahan yang sering kita jumpai. Buah yang berasal dari Karibia ini memiliki rasa yang manis dan asam. Selain buahnya, ternyata daun sirsak ini mempunyai banyak manfaat untuk kesehatan.

Daun sirsak ternyata dapat direbus dan airnya dapat dikonsumsi sehari-hari. Air rebusan daun sirsak ini bisa mengobati berbagai jenis penyakit lho. Ini dia manfaatnya.

1. Menghilangkan kutu

Meskipun Pahit, 5 Manfaat Air Rebusan Daun Sirsak untuk Kesehatanpexels.com/Burst

Air rebusan daun sirsak bermanfaat untuk membasmi kutu. Air rebusan tersebut mengandung zat beracun yang dapat mematikan kutu dengan cepat. Caranya, rebuslah beberapa lembar daun sirsak. Gunakan air rebusan itu untuk mencuci rambut.

2. Meningkatkan kesuburan

Meskipun Pahit, 5 Manfaat Air Rebusan Daun Sirsak untuk Kesehatanpexels.com/rawpixel.com

Banyak manfaat yang terkandung dalam daun sirsak. Salah satunya dapat meningkatkan kesuburan. Pada pria, daun sirsak terbukti dapat menambah jumlah sperma. Sedangkan pada wanita, daun sirsak mampu memperkuat rahim.

Baca Juga: 6 Manfaat Sirsak untuk Kesehatan, Bikin Menyesal Gak Tanam di Kebun

3. Mengobati penyakit paru-paru

Meskipun Pahit, 5 Manfaat Air Rebusan Daun Sirsak untuk Kesehatanpexels.com/pixabay

Daun sirsak yang bersifat antibakteri ini dipercaya dapat mengobati penyakit paru-paru. Meminum air rebusan daun sirsak secara rutin mampu menyembuhkan penyakit paru-paru basah maupun kering. Tubuh kembali sehat dan terhindar dari penyakit lainnya.

4. Mengobati kista ovarium

Meskipun Pahit, 5 Manfaat Air Rebusan Daun Sirsak untuk Kesehatanpexels.com/rawpixel.com

Kista ovarium merupakan penyakit tumor jinak yang terletak di ovarium. Penyakit ini biasanya diderita oleh para perempuan. Jika tidak segera diobati, kista dapat berkembang menjadi kanker. Kista juga dapat berdampak sulit mendapatkan keturunan.

5. Mengobati asam urat

Meskipun Pahit, 5 Manfaat Air Rebusan Daun Sirsak untuk Kesehatanpexels.com/Burst

Daun sirsak memiliki kandungan seperti, acetogenin, annicatalin, asam gentisic, annomuricin, caclaourin, dan asam linoleat. Kandungan tersebut dipercaya dapat menyembuhkan kanker dan asam urat. Untuk merasakan manfaat daun sirsak untuk asam urat, hanya perlu meminum air rebusan daun sirsak secara rutin.

Itulan 5 manfaat air rebusan daun sirsak. Sering diabaikan, namun ternyata daun sirsak banyak memiliki manfaat bagi kesehatan.

Baca Juga: 5 Resep Olahan Buah Salak yang Enak, Nia Ramadhani Pasti Suka

CumiBakar Photo Community Writer CumiBakar

Penikmat Sastra, Penonton Ulung, Hobi Makan..

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Just For You