5 Fakta Tentang Meningioma, Tumor Otak Jinak Paling Umum

Tumor meningioma seringkali jinak dan tidak menyebar

Tumor otak adalah salah satu penyakit mematikan yang membuat siapapun tak ingin mengalaminya. Ketika seseorang didiagnosis menderita tumor otak, ia mungkin akan kehilangan harapan hidupnya sendiri. Sebagian besar tumor otak memang mengancam jiwa, namun tidak semua tumor ganas.

Salah satu tumor otak yang paling umum adalah meningioma. Tumor ini seringkali jinak,  sebagian orang yang mengalaminya bahkan tidak membutuhkan operasi. Dilansir dari laman hopkinsmedicine.org berikut adalah lima fakta tentang meningioma yang harus diketahui.

1. Dapat tumbuh di tempat yang berbeda

5 Fakta Tentang Meningioma, Tumor Otak Jinak Paling Umumbrighamhealthhub.org

Tumor meningioma terbentuk di meninges yakni selaput pelindung otak dan tulang belakang. Meningioma umumnya menyerang otak, namun juga bisa terjadi di tulang belakang. Jika meningioma tumbuh atau menyebabkan pembengkakan yang menekan otak atau struktur lain di tengkorak, itu dapat menyebabkan gelaja tumor otak. Pada otak, meningioma tidak hanya bisa tumbuh di satu tempat, tapi juga beberapa bagian otak tertentu.

2. Gejala meningioma tergantung pada ukuran dan lokasi

5 Fakta Tentang Meningioma, Tumor Otak Jinak Paling Umumthedoctorweighsin.com

Meningioma memiliki gejala seperti tumor otak pada umumnya yakni sakit kepala, masalah penglihatan hingga kejang. Meningioma yang lebih besar dapat menghambat aliran cairan serebrospinal, menghasilkan hidrosefalus (air di otak) yang dapat memengaruhi gaya berjalan dan daya ingat. Lokasi tumor lainnya dapat memengaruhi indera penciuman, penglihatan, pendengaran, atau bahkan fungsi kelenjar pituitari.

Baca Juga: Waspada, 7 Gejala Tumor Otak yang Sering Diabaikan Penderitanya

3. Diagnosis meningioma dapat terjadi ketika dokter memeriksa penyakit atau sesuatu yang lain

5 Fakta Tentang Meningioma, Tumor Otak Jinak Paling Umumwww.livescience.com

Meningioma memiliki perkembangan yang sangat lambat sehingga keberadaannya jarang diketahui. Apalagi gejalanya pun sangat umum bahkan bisa dikaitkan dengan penyakit lain.

Biasanya seseorang baru diketahui mengidap meningioma saat dokter melakukan pemeriksaan untuk penyakit atau keadaan lain seorang pasien. Kemudian, barulah dilakukan tes lebih lanjut untuk mengamati apakah tumor ini akan terus tumbuh atau tidak.

4. Sebagian besar meningioma tidak menyebar

5 Fakta Tentang Meningioma, Tumor Otak Jinak Paling Umumwww.painnewsnetwork.org

Tumor meningioma seringkali jinak, sebagian besar dari tumor ini tidak menyebar ke bagian lain tubuh. Itu sebabnya pertumbuhan tumor ini sangat lambat bahkan bisa sampai bertahun-tahun tanpa menyebabkan masalah apapun.

5. Perawatan meningioma

5 Fakta Tentang Meningioma, Tumor Otak Jinak Paling Umumwww.cancer.gov

Sebagian dokter merekomendasikan pengamatan untuk meningioma, artinya mereka tidak memerlukan upaya operasi, apalagi jika tumornya kecil dan tidak menyebabkan masalah. Namun, ada juga yang melakukan pembedahan jika memang sangat diperlukan untuk mengangkat tumor jinak tersebut.

Kebanyakan pasien yang melakukan pembedahan, biasanya tidak mengalami kekambuhan hingga jangka waktu yang sangat panjang, namun dianjurkan untuk sesekali memeriksakan ke dokter.

Nah, itulah dia lima fakta tentang meningioma, tumor jinak paling umum yang tidak menyebar karena pertumbuhannya yang sangat lambat. Meski tumor ini jinak, namun sangat dianjurkan melakukan perawatan medis jika telah didagnosis agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan.

Baca Juga: 5 Fakta tentang Filariasis, Penyakit yang Ubah Kaki Seukuran Gajah 

Vhiena Lee Photo Community Writer Vhiena Lee

Menulis adalah kebahagiaan

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Tania Stephanie

Just For You