Comscore Tracker

5 Manfaat Roti Panggang untuk Kesehatan yang Jarang Diketahui

Kamu sudah tahu?

Roti panggang kerap dijadikan sebagai sarapan lantaran pengolahannya yang praktis dan tidak memakan banyak waktu. Maka tak heran jika banyak orang menyukai jenis roti yang satu ini. Pengolahan roti panggang bisa dipadukan dengan bahan lainnya. Misalnya ditambah dengan selai, margarin, susu, keju, atau ditambah dengan telur dan sayuran agar menjadi roti panggang sandwich.

Tak hanya rasanya saja yang enak, ternyata roti panggang memiliki beberapa manfaat bagi kesehatan tubuhmu. Apa saja itu? Yuk, simak ulasan berikut.

1. Meningkatkan energi di dalam tubuh

5 Manfaat Roti Panggang untuk Kesehatan yang Jarang Diketahuiunsplash.com/@gardiept

Kandungan karbohidrat yang ada di dalam roti panggang bisa meningkatkan energi pada tubuh. Dengan mengonsumsi roti tawar yang dipanggang saat sarapan akan membuat perut terasa kenyang. Sehingga kamu tidak merasa lapar sampai siang. Untuk mendapatkan manfaat tersebut tentu kamu perlu mengonsumsi roti panggang lebih dari satu. Hal itu untuk mencegah rasa lapar yang tiba-tiba.

2. Bisa sebagai obat bagi penderita diare

5 Manfaat Roti Panggang untuk Kesehatan yang Jarang Diketahuialodokter.com

Manfaat lain dari mengonsumsi roti panggang yaitu bisa sebagai obat bagi penderita diare. Sebab roti panggang dianggap bisa memadatkan tinja dan lebih mudah dicerna oleh lambung. Dengan begitu diare yang kamu rasakan perlahan akan sembuh.

3. Menghilangkan rasa mual

5 Manfaat Roti Panggang untuk Kesehatan yang Jarang DiketahuiUnsplash.com/Anh Nguyen

Salah satu cara efektif untuk menghilangkan mual yaitu dengan mengonsumsi roti panggang. Sehingga makanan ini sangat cocok dikonsumsi saat sarapan oleh ibu hamil agar tak mual di pagi hari. Makanlah dengan porsi yang kecil namun sering agar mual yang dirasakan cepat hilang.

4. Membantu penyembuhan penderita diabetes

5 Manfaat Roti Panggang untuk Kesehatan yang Jarang Diketahuiunsplash.com/Jonathan Pielmayer

Menurut penelitian, roti panggang merupakan salah satu makanan dengan indeks glikemik yang rendah. Mengonsumsi makanan dengan indeks glikemik rendah bisa mencegah naiknya kadar gula darah dengan cepat. Sehingga roti panggang sangat cocok dikonsumsi bagi penderita diabetes.

5. Mengurangi berat badan

5 Manfaat Roti Panggang untuk Kesehatan yang Jarang Diketahuiunsplash.com/i yunmai

Banyak orang yang menginginkan berat badan ideal. Sehingga mereka akan berusaha untuk melakukan berbagai macam diet. Nah, buat kamu yang ingin menurunkan berat badan, kamu bisa mencoba mengonsumsi roti panggang secara rutin. Sebab roti bakar ternyata bisa mengurangi lemak yang ada di dalam tubuh.

Itulah 5 manfaat roti panggang untuk kesehatan tubuh. Wah, bisa dijadikan sarapan secara rutin nih untuk menjaga kesehatan tubuh.

Baca Juga: 6 Manfaat Kesehatan Mengonsumsi Saffron, Si Rempah Termahal di Dunia

Izah Cahya Photo Community Writer Izah Cahya

Do the best

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Arifina Aswati

Just For You